Megawati dan Prabowo Resmikan Patung Bung Karno

Ketua Umum PDIP Megawati dan Menhan Prabowo Subianto dijadwalkan akan meresmikan patung Bung Karno di depan gedung Kementerian Pertahanan.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmikan patung Bung Karno. (Foto: Tagar/Bratanews)

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, dijadwalkan akan meresmikan patung Presiden RI pertama Sukarno atau Bung Karno, di depan gedung utama Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Minggu, 6 Juni 2021.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Prabowo sebelumnya berjanji akan membangun patung Bung Karno naik kuda di depan Kemenhan.

"Saat di Akademi Militer Magelang, Februari 2020 lalu, Pak Prabowo berjanji akan membangun patung Bung Karno naik kuda. Kita menyambut patung ini akhirnya terealisasi berdiri. Apalagi peresmian patung ini bersamaan dengan momentum bulan Bung Karno," kata Hasto dalam keterangannya, Minggu, 6 Juni 2021.

"Sehingga momen ini semakin hikmat dan bermakna karena hari ini merupakan hari lahir Bung Karno," ucapnya.

Hasto mengatakan bahwa Bung Karno tidak hanya milik bangsa Indonesia, tapi juga telah mengukir sejarah bagi dunia. Dibangunnya patung Bung Karno di gedung Kemenhan dinilai sebagai bentuk mengenang jasa proklamator itu.


Momen ini semakin hikmat dan bermakna karena hari ini merupakan hari lahir Bung Karno.


"Atas dasar hal tersebut, kami memberikan apresiasi kepada Pak Prabowo yang telah menempatkan kesejarahan Bung Karno dengan TNI. Hal tersebut juga mengenang jasa-jasa Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan besarnya perhatian Presiden Pertama RI di bidang pertahanan. Sehingga pada masa itu, angkatan bersenjata RI tercatat salah satu yang terkuat di Asia. Kemenhan mewujudkan apresiasinya dengan membangun patung Bung Karno," ucap Hasto.

Saat peresmian patung Bung Karno di Akmil Magelang beberapa tahun lalu, di hadapan Megawati, Prabowo menyampaikan niatnya membuat patung Bung Karno yang tengah menunggang kuda.

"Saya sampaikan, Kemenhan juga punya rencana membikin patung Bung Karno, tapi di atas kuda," ucap Prabowo kala itu.

Hasto mengatakan dirinya bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, akan turut menghadiri acara tersebut. "Ibu Megawati Soekarnoputri akan didampingi oleh Mas Prananda Prabowo, kepala situation room," ujar Hasto.

Ia juga juga mengatakan susunan acara yang diterima dari panitia, acara akan dimulai pada pukul 10.00 WIB ini diawali Prabowo menyambut kedatangan Megawati dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu 'Indonesia Raya', mengheningkan cipta, lalu dilanjutkan pembacaan teks Pancasila.

“Setelah itu, pidato Menteri Pertahanan, Pak Prabowo dan dilanjutkan sambutan Ibu Megawati Soekarnoputri mewakili keluarga Presiden Soekarno," jelas Hasto.

Kemudian dilakukan prosesi peresmian patung Bung Karno dengan penandatanganan prasasti oleh Megawati dan penekanan tombol peresmian patung Bung Karno.

“Dalam berbagai kesempatan, Ibu Megawati selalu berpesan saat kita melihat patung Bung Karno, diharapkan kita akan ingat pada ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia, serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk terus berjuang demi Indonesia Raya," ucapnya. []

Berita terkait
Megawati-Prabowo Kompak Resmikan Patung Bung Karno
Megawati dan Prabowo Subianto meresmikan patung Bung Karno di Akmil Magelang. Apa pesan keduanya?
Prabowo dan Megawati Penentu Gerindra di Kabinet Jokowi
Dahnil Anzar Simanjuntak tanggapi sinyal Prabowo merapat pada Megawati Sukarnoputri dan koalisi pasangan terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin.
Undang Prabowo ke Kongres PDIP, Ketua DPR Puji Megawati
Ketua DPR Bamsoet puji Megawati sebagai sosok yang patut diteladani lantaran mengundang Prabowo pada Kongres V PDI-Perjuangan.
0
Megawati dan Prabowo Resmikan Patung Bung Karno
Ketua Umum PDIP Megawati dan Menhan Prabowo Subianto dijadwalkan akan meresmikan patung Bung Karno di depan gedung Kementerian Pertahanan.