Mau Tampil Kekinian? Ini Dia Aksesoris Pria yang Menjadi Trend Masa Kini!

Fashion pria tidak hanya identik dengan pakaian seperti kaos dan kemeja, pria memiliki beberapa aksesoris yang turut menjadi pelengkap penampilan.
Fashion Pria. (Foto: Tagar/Freepik)

Fashion pria  terus berkembang seiring berjalannya waktu. Bila dibandingkan dengan wanita, fashion pria terlihat lebih praktis dan nyaman ketika dikenakan. Evolusi fashion pria dimulai dari perubahan pola pikir yang mengubah pakaian menjadi sesuatu yang bergengsi dan berharga daripada hanya sekedar berfungsi untuk menutupi tubuh. Fashion pria tidak hanya identik dengan pakaian seperti kaos dan kemeja, pria memiliki beberapa aksesoris yang turut menjadi pelengkap penampilan. Berikut daftar aksesoris pria kekinian yang dapat meningkatkan penampilan Anda.


Sepatu

Aksesoris pria yang pertama adalah sepatu. Sebagai alas pelindung kaki, sepatu menjadi kebutuhan primer. Namun saat ini sepatu tidak hanya digunakan untuk alas kaki, sepatu menjadi sarana untuk mengekspresikan gaya sesuai dengan trend fashion yang sedang berlangsung. Bahkan bagi sebagian orang, sepatu dijadikan sebagai bentuk investasi. Sepatu merupakan aksesoris yang tidak luput dari bagian fashion pria. Sepatu pria memiliki berbagai model, mulai dari model oxford, derby, dan blucher yang biasa digunakan untuk kegiatan formal. Hingga sepatu – sepatu kasual seperti sneakers.

Kata sneakers berasal dari kata 'sneak' yang berarti mengendap-endap. Tidak seperti model sepatu lainnya, karena terbuat dari sol karet maka saat memakai sepatu sneakers tidak akan terdengar langkah kaki ketika berjalan. Jadi karena sepatu ini tak menimbulkan suara, maka orang mengasosiasikan bahwa orang yang memakai sneakers bisa menyelinap, mengendap-endap atau mengikuti orang secara diam-diam. Sneakers sudah ada sejak akhir tahun 1800-an, trend sneakers berawal dari Amerika dan kemudian pada tahun 1900 an mulai mendunia dan memiliki banyak fans di dunia, khususnya kalangan pria.

Para pencinta sneakers disebut dengan sneakerhead, mereka memakai sepatu sneakers untuk fashion dan gaya busana mereka. Sneakerhead tidak hanya mengoleksi dan memakai, tetapi juga memperjualbelikan sepatu-sepatu edisi khusus kepada pecinta sneakers atau memodifikasinya agar mendapat nilai jual yang lebih tinggi. Saat ini banyak brand sneakers dunia yang sudah memiliki pasar di Indonesia, diantaranya adalah Adidas, Nike, Converse, dan Vans. Tidak hanya brand internasional, banyak brand Indonesia yang semakin berkembang mengeluarkan koleksi sneakers yang model dan kualitasnya tidak kalah dengan brand dunia.


Topi

Aksesoris pria yang kedua adalah topi, aksesoris ini memiliki fungsi awal sebagai pelindung kepala. Topi merupakan aksesoris yang sudah ada sejak ribuan tahun sebelum masehi. Pada zaman dahulu, topi terbuat dari jerami. Seiring perkembangan zaman, banyak model topi yang terus berkembang menjadi trend dengan material yang berbeda-beda. Model topi yang saat ini sedang digandrungi oleh kaum pria yaitu topi beanie, topi bucket (bucket hat), dan topi baseball. Topi beanie juga dikenal dengan nama kupluk. Topi ini biasanya terbuat dari wol, topi beanie berguna untuk menghangatkan kepala dan biasanya digunakan di daerah dingin. Jika di Indonesia, model topi beanie cukup identik dengan topi penculik sebagaimana yang sering ditampilkan pada layar kaca.

Model topi bucket dipopulerkan dan biasa digunakan oleh pencinta alam. Bucket hat didesain dengan crown bundar dan brim yang melingkar lebar miring ke bawah. Jenis topi pria ini dapat terbuat dari kain katun tebal seperti denim atau kanvas. Model terakhir yaitu topi baseball, topi ini menjadi model topi pria yang paling populer di dunia. Topi baseball adalah bagian dari seragam baseball tradisional yang dikenakan oleh para pemain, dengan pinggiran mengarah ke depan untuk melindungi mata dari sinar matahari. Topi ini lentur dan di bagian depannya terdapat lidah atau visor yang kaku untuk melindungi pemakainya dari sinar matahari. Di bagian belakang biasanya terdapat pengencang agar topi tak mudah lepas saat digunakan. Bahan-bahan yg digunakan untuk membuat macam topi pria baseball beragam, mulai dari katun, kanvas, denim, bahkan kulit.


Tas

Aksesoris pria yang ketiga adalah tas, aksesoris ini juga sangat dibutuhkan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang yang diperlukan selama bepergian. Tas turut menjadi item aksesoris pelengkap penampilan pria. Tas sudah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Pada abad ke-14, tas pinggang digunakan di Mesir untuk menyimpan barang mewah selama bepergian. Mereka menghiasi tas mereka dengan berbagai sulaman pada tasnya. Sulaman yang ada di tas mereka secara tidak langsung menunjukan identitas, status, serta gaya hidup pemakai tas itu.

Saat ini tas pria memiliki berbagai model seperti clutch, sling bag, dan waist bag. Model clutch biasanya berbahan kulit, tas ini berbentuk slim dan bisa dengan mudah digenggam dalam satu tangan. Model tas pria berikutnya adalah sling bag, dengan penggunaan vertikal sangat pas untuk beban ringan sampai berat. Sling bag juga nyaman dipakai dengan diselempangkan ke dada, sehingga tas pun jadi lebih compact. Model terakhir adalah waist bag, tas yang biasa disebut tas selempang ini menjadi tren tas kekinian karena ringkas. Tas waist bag banyak digemari karena membuat penggunanya bisa bergerak bebas tanpa terbebani. Membawa tas waist bag seolah membuat pemakainya tak merasa membawa barang apapun.

Itu lah tiga aksesoris pria dengan model kekinian yang menjadi trend fashion saat ini. Anda dapat menemukan aksesoris-aksesoris pria dengan kualitas terbaik dan promo menarik melalui aplikasi Blibli. []

Berita terkait
Exo Kai Jadi Duta Global Seoul Fashion Week 2021
Exo Kai yang dikenal akan fashionnya yang menarik dan aktif sebagai duta Seoul Fashion Week terbaru ia mengenakan kostum desainer BMUET(TE).
Perjalanan Kai Exo hingga Jadi Duta Brand Fashion Gucci
Nama Kai Exo baru-baru ini menuai sorotan setelah didaulat sebagai bintang K-Pop pertama yang merilis capsule collection dengan merek mode Gucci.
Ini Lima Sekolah Fashion Terbaik Dunia 2021
Fashion Institute of Technology (FIT) dinobatkan sebagai sekolah fashion terbaik dunia 2021. Kampus ini diakui secara internasional untuk fashion.
0
Manfaat Surat Al-Waqiah Jika Dibaca Secara Rutin
Manfaat surat Al Waqiah merupakan wujud amalan yang akan terus mengalir. Manfaat surat Al Waqiah bisa didapat untuk mencari ridha Allah SWT.