Masyarakat Papua Ingin Bentuk Koperasi Grosir pada 2021

Gubernur Papua, ingin koperasi yang bergerak di sektor grosir terbentuk pada tahun 2021 agar harga produk bisa menjadi murah.
Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerwa. (Foto:Tagar/Kemenkop UKM)

Jakarta – Gubernur Papua, ingin koperasi yang bergerak di sektor grosir terbentuk pada tahun 2021. Sehingga, nantinya produk-produk yang dijual di koperasi bisa menjadi murah, praktis, dan mudah dinikmati masyarakat.

Keinginan Gubernur Papua ini, diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Doren Wakerwa dalam acara Rakor Perencanaan Pusat dan Daerah Bidang Koperasi dan UMKM Provinsi Papua, di Jayapura baru-baru ini.

Mindset kita harus diubah. Orang Papua harus bangkit, mandiri, dan bertanggung jawab.

Hal ini, akan semakin mudah direalisasikan lantaran kini persyaratan untuk mendirikan koperasi lebih mudah. Yakni cukup dengan 9 orang saja, dari sebelumnya butuh 20 orang.

"Begitu juga dengan adanya bebas biaya bagi perizinan pelaku usaha mikro. Bahkan, dalam hal perpajakan, UMKM juga dipermudah, serta ada insentif pajak. Ada juga layanan pendampingan bagi UMKM," ungkap Doren.

Nah, nantinya kegiatan usaha UMKM itu, juga bisa dijadikan jaminan untuk permodalan. Rakor ini, dilakukan sebagai ajang sinkronisasi data antar Kabupaten/ Kota dan Provinsi di Papua, dengan pihak perbankan.

"Oleh karena itu, peran koperasi dan UMKM perlu lebih ditingkatkan pada sektor rill. Kita lakukan pemutakhiran data antar bank dengan provinsi. Kalau data beda itu akan mempersulit akses pusat untuk memberikan bantuan ke daerah," jelas Doren.

Selain itu, Doren juga akan terus mendorong Orang Asli Papua untuk meningkatkan taraf ekonominya. Terutama, kaum ibu-ibu yang ingin mengembangkan produk seperti sagu dan lainnya. "Mindset kita harus diubah. Orang Papua harus bangkit, mandiri, dan bertanggung jawab," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Doren memperkenalkan mie sagu dengan merek Sago Mee. Seperti diketahui, sagu merupakan salah satu hasil komoditi dari tanah Papua.

"Rasanya lebih nikmat dari pada mie pada umumnya. Dan juga ada mochi yang dibuat dari sagu. Mochi ini menjadi camilan yang sedang tren saat ini," ucapnya. []

Berita terkait
Kemenkop UKM Gelar Pelatihan untuk Genjot Ekspor UKM
Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan akses pasar berbasis ekspor.
Kemenkop UKM Latih Koperasi dan UMKM Serentak di 10 Kota
Kementerian Koperasi dan UKM, menyelenggarakan pelatihan serentak di 10 kota yang berpotensi sebagai simpul pertumbuhan kewirausahaan.
Teten Masduki: Cipta Kerja Konsolidasikan Data Tunggal KUMKM
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, UU Cipta Kerja membuka ruang bagi pemerintah untuk mengkonsolidasikan data tunggal koperasi dan UMKM.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City