UNTUK INDONESIA
Massa FPI-GNPF-PA 212 Bergerak ke Bareskrim
Massa aksi demonstrasi bela Islam dari FPI-GNPF Ulama-PA 212, mendatangi Bareskrim Polri, protes penuntutan Sukmawati-Gus Muwafiq penista agama.
Massa FPI-GNPF Ulama-PA 212 bergerak ke Bareskrim Polri Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019. (foto: Tagar/Fathan).

Jakarta - Gabungan massa aksi demonstrasi dari Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan Persaudaraan Alumni (PA) 212 terlihat mulai berdatangan ke Masjid Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat siang, 13 Desember 2019, untuk menuju ke Bareskrim Polri.

Sampai sekarang belum (ada pengalihan).

Baca juga: Ngabalin: Rocky Gerung Menjelaskan Ketololannya

Salah satu massa aksi melalui mobil komando menginformasikan, sejumlah massa akan bergerak menuju Bareskrim Polri melewati Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pukul 13.00 WIB.

Mereka akan menyuarakan aspirasinya agar Kepolisian mengadili Sukmawati Soekarnoputri dan Gus Muwafiq yang dianggap menista agama Islam.

Informasi rencana demo aksi bela Islam dan bela Rasulullah diketahui bermula dengan beredarnya poster digital berisi ajakan unjuk rasa di media sosial dan WhatsAppGroup (WAG).

Poster Demo 212Beredar poster PA 212 akan melakukan aksi turun ke jalan. (Foto: Istimewa)

Di dalam poster tersebut, headline demonstrasi itu tertulis Aksi Bela Islam, Aksi Bela Rasulullah. Terpampang juga foto Sukmawati Soekarnoputri dan Gus Muwafiq di tengah tulisan 'Adili & Penjarakan Penista Agama.'

Baca juga: Kebahagiaan Angkie Yudistia, Blusukan Bersama Jokowi

Menanggapi mulai datangnya peserta aksi dari FPI-GNPF Ulama-PA 212, Karopemnas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono mengatakan Kepolisian hingga kini belum memutuskan untuk mengalihkan arus lalu lintas terkait aksi unjuk rasa di Bareskrim.

"Situasional," ucap Argo saat dikonfirmasi oleh Tagar melalui pesan singkat WhatsApp, Jumat siang, 13 Desember 2019.

Senada dengan Argo, Kadiv Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus juga menyebutkan belum ada tanda-tanda penutupan atau pengalihan lalu lintas di sekitar Bareskrim.

"Sampai sekarang belum (ada pengalihan)," ujar Yusri. []

Berita terkait
Sukmawati-Gus Muwafiq Bakal Didemo 10 Ribu Massa 212
Novel Bamukmin mengatakan jika Polisi tidak merespons tuntutan kasus penistaan agama terhadap Sukmawati-Gus Muwafiq, maka ada aksi lanjutan.
FPI Gelar Demo Sukmawati-Gus Muwafiq Tanpa Izin
Novel Bamukmin memastikan tetap menggelar demo menyuarakan diadilinya Sukmawati dan Gus Muwafiq meski tak mengantongi izin polisi.
Pernusa: Dulu FPI Ditakuti, Sekarang Macan Ompong
Ketua Perjuangan Rakyat Nusantara (Pernusa) KP Norman Hadinegoro menilai ormas FPI dan PA 212 saat ini bak macan ompong, tanpa Rizieq Shihab.
0
Menengok Makam Tua di Kompleks Kuburan China Banjar
Salah satu makam di Kompleks Pekuburan China di Banjar, Kalsel menarik perhatian dinas terkait. Makam tersebut diperkirakan yang tertua di Kalsel.