Masih Berlanjut! Pakar Soroti Ucapan Ultah Megawati pada PKC

Ujang Komarudin mengatakan ucapan ultah dari Megawati pada PKC menunjukkan bahwa PDIP menjalin hubungan persahabatan dan hubungan baik dengan PKC.
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri. (Foto: Tagar/JPNN)

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri berikan ucapan selamat ulang tahun kepada partai Komunis China(PKC) ke-100 tahun. Ucapan selamat itu direkam dalam video berdurasi 2.01 menit dan viral di media sosial.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan ucapan ultah dari Megawati pada PKC untuk menunjukkan bahwa PDIP ingin menunjukkan pada dunia bahwa PDIP memiliki hubungan yang baik dengan partai komunis China

“Ini kan ada dilema karena tidak dilarang mengucapkan selamat ulang tahun karena sifatnya menjalin hubungan baik dengan organisasi, partai ataupun orang yang berkuasa di PKC. Persoalannya kan Indonesia ini ideologinya Pancasila permasalahannya ideologi Pancasila dan komunis itu enggak ketemu,” ujar Ujang Komarudin saat diwawancarai Tagar TV, Rabu, 6 Juli 2021.


Saya melihat Megawati itu mengikuti langkah-langkah Soekarno tersebut, yaitu dekat dengan kelompok Amerika, kelompok kapitalis, dan kelompok Komunis.


Ujang KomarudinUjang Komarudin saat diwawancarai Cory Olivia di kanal YouTube Tagar TV. (Foto: Tagar/Selfiana)

Meskipun ideologi China Komunis, akan tetapi konteks perdagangannya kapitalis, artinya China tetap menjadi pasar bebas, dan terkait dengan hubungan perdagangan di semua negara. 

“Oleh karena itu saya melihat mengucapkan itu ya hal biasa bagi siapapun tapi, konteksnya ketika kita ini berpancasila maka sesungguhnya Pancasila sangat bertentangan dengan Komunis,” ujarnya.  

“Saya melihat Megawati itu mengikuti langkah-langkah Soekarno tersebut, yaitu dekat dengan kelompok Amerika, dekat dengan kelompok kapitalis, dan dekat dengan kelompok Komunis dalam hal ini ya PKC tersebut,” ujarnya. 

Komunis, kata Ujang, sangat bertentangan dengan Indonesia karena memiliki sejarah yang tidak baik dalam konteks perjuangan bangsa dalam melawan Komunis.

“Saran saya bagaimana kita ini percaya diri terhadap bangsa ini, katanya kita negara yang kaya, yang besar, maka dari itu kemandirian ini menjadi penting. Jika kita ucapkan ultah pada mereka ya silahkan saja, tapi dalam ideologi, pembangunan, dan budaya kita harus mandiri,” ucapnya.

Ia juga mengatakan jika kita tidak mandiri dan tidak mau mengakui kekayaan dari bangsa ini dan selalu membutuhkan investasi mereka, membutuhkan uang mereka, maka selamanya kita tidak akan menjadi negara yang mandiri. 

(Selfiana)

Berita terkait
Megawati Minta Generasi Milenial Miliki Semangat Juang
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta generasi milenial Indonesia memiliki semangat berjuang agar Indonesia menjadi bangsa yang maju.
Megawati Tolak Jabatan Presiden Tiga Periode
PDIP telah menugaskan Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah untuk mendorong amandemen terbatas UUD 1945.
Megawati Didampingi Prabowo Saat Acara Pengukuhan Profesor
Megawati Soekarnoputri didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat pengukuhan gelar professor kehormatan di Universitas Pertahanan.
0
Masih Berlanjut! Pakar Soroti Ucapan Ultah Megawati pada PKC
Ujang Komarudin mengatakan ucapan ultah dari Megawati pada PKC menunjukkan bahwa PDIP menjalin hubungan persahabatan dan hubungan baik dengan PKC.