UNTUK INDONESIA

Martuani Sormin Disuntik Vaksin Covid-19, Begini Reaksinya

Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Martuani Sormin mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sudah terbukti aman untuk kesehatan.
Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin memeriksa tekanan darah sebelum dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19. (Foto: Tagar/Andi Nasution).

Medan - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) Inspektur Jenderal Martuani Sormin mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sudah terbukti aman untuk kesehatan.

Martuani jadi orang kedua di Sumut yang disuntik vaksin corona, setelah Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Vaksinasi digelar Kamis, 14 Januari 2021 di Posko Satgas Covid-19 Sumut yang juga rumah dinas Edy Rahmayadi.

Setelah Edy dan Martuani, vaksinasi diikuti oleh Forkopimda Sumut, seperti Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanuddin diwakili Kasdam I/BB, Kajati Sumut Ida Bagus Nyoman Wiswantanu, Danlantamal I Belawan Brigjen TNI Marinir I Made Wahyu Santoso, Kabinda Provinsi Sumut Brigjen TNI Ruruh A Setyawan, dan Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Medan Setyawan Hartono.

Baca juga: Edy Rahmayadi Pejamkan Mata saat Disuntik Vaksin Covid-19

Martuani setibanya di Posko Satgas Covid-19 Sumut, kemudian mendengarkan paparan edukasi tentang vaksinasi Covid-19. Dan selanjutnya pendaftaran vakinasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan melaksanakan vaksinasi.

Kami sudah buktikan bahwa vaksinasi aman bagi kesehatan untuk mencegah penyakit Covid-19

Martuani mengatakan, Forkopimda Sumut telah usai melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebagai pendahulu vaksinasi di Sumut. Pelaksanaan vaksin merupakan perintah negara melalui Presiden RI dalam rangka memutus mata rantai dan memperlambat penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Jadi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19, bagi yang telah sesuai dengan persyaratan vaksinasi," kata Martuani.

Baca juga: Edy Rahmayadi: Sebelum Rakyat Sumut, Saya Siap Pertama Divaksin

Pelaksanaan pendisiplinan di kalangan masyarakat seperti 4 M, lanjutnya, tidak ada perubahan sampai evaluasi pasca vaksinasi Covid-19.

Martuani juga menegaskan, vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat Sumut sama seperti yang digunakan oleh Forkopimda Sumut.

"Kami sudah buktikan bahwa vaksinasi aman bagi kesehatan untuk mencegah penyakit Covid-19," tuturnya. []

Berita terkait
Jenis Penyakit Komorbid Bisa dan Tidak Suntik Vaksin Covid
Pasien yang mengidap penyakit komorbid juga boleh menerima suntik vaksin Covid-19. Berikut daftar jenis penyakit yang diizinkan dan tak dapat izin.
Kota Depok Resmikan Vaksin Covid-19 Tahap Pertama
Wali Kota Depok Mohammad Idris, hari ini peresmian Vaksin Covid-19 tahap pertama di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI).
Edy Rahmayadi Pejamkan Mata saat Disuntik Vaksin Covid-19
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menjadi orang pertama di provinsi itu yang disuntik vaksin Covid-19.
0
Martuani Sormin Disuntik Vaksin Covid-19, Begini Reaksinya
Kapolda Sumut Inspektur Jenderal Martuani Sormin mengatakan bahwa vaksin Covid-19 sudah terbukti aman untuk kesehatan.