UNTUK INDONESIA
Mardani H Maming Ketum HIPMI Dilantik Depan Jokowi
Pelantikan Ketum HIPMI Mardani H Maming sedikit berbeda, Presiden Joko Widodo hadir dalam acara ini. Mardani mengatakan Jokowi kader HIPMI sejati.
Mardani H Maming, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Masa Bakti 2019-2022 di Hotel Raffles, Jakarta, 15 Januari 2020. (Foto: Tagar/ Reza Antares P)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pelantikan Mardani H Maming yang terpilih sebagai Ketua Umum (Ketum) Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Masa Bakti 2019-2022 pada Munas HIPMI XVI, September 2019. 

Pak Jokowi adalah kader HIPMI yang sejati.

Pada 15 Januari 2020, Maming terpilih berserta Sekretaris Jenderal (Sekjen), Bendahara Umum (Bendum), Wakil Ketua Umum (Waketum), Ketua Bidang dan seluruh jajaran pengurus baru BPP HIPMI lainnya resmi dilantik dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sejarah baru HIPMI, presiden bisa menghadiri langsung pelantikan kepengurusan BPP HIPMI. Pak Jokowi adalah kader HIPMI yang sejati," ucap Mardani dihadapan lebih dari 1000 pengusaha muda di Hotel Raffles, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.

Baca juga: Bahlil Lahadalia, Ketua HIPMI Bakal Jadi Menteri Jokowi?

Ia mengatakan salah satunya bukti Presiden Joko Widodo melaksanakan motto HIPMI, yaitu bertanding untuk bersanding. Jokowi merangkul para pesaingnya untuk membangun Indonesia.  

"Sekarang tinggal menunggu bang Sandiaga Uno," ucap Mardani yang disambut gelak tawa para anggota HIPMI.

Presiden JokowiPresiden Jokowi bersama jajaran pengurus BPP HIPMI. (Foto: Tagar/Reza Antares P)

Mardani Ungkap Program HIPMI 

Mardani mengatakan momen bonus demografi Indonesia diproyeksikan akan terjadi pada tahun 2030-2040 akan seperti pedang bermata dua. Menurut dia, jika tidak siap, dapat menimbulkan potensi bencana.

“Sebagai contoh, pada SEA Games cabang sepakbola tahun 2019 lalu, Vietnam yang penduduknya sekitar 90 juta mampu mengalahkan tim nasional Indonesia yang penduduknya tiga kali lipat dengan skor 3-0. Hal tersebut bisa jadi menandakan Sumber Daya Manusia (SDM) Vietnam lebih siap dibandingkan dengan kita,” ujar Mardani.

Mardani mengatakan HIPMI menggagas beberapa program untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia khususnya pada generasi muda. Praktek langsung menjadi perhatiannya sebagai Ketua Umum HIPMI. Ia tidak akan memberikan sekedar teori, lebih menekankan praktek langsung mengelola bisnis.

"Program HIPMI Coffee Entrepreneur dengan HIPMI Perguruan Tinggi menjadi salah satu cara bagaimana HIPMI turut berupaya meningkatkan kualitas SDM generasi muda," ucapnya. 

Program ini, lanjut Mardani, merupakan hasil kerjasama BPP HIPMI dengan produsen kopi yang langsung menjadi mentor di bidang itu.

"HIPMI akan memberikan kesempatan pada generasi muda untuk praktek langsung mengelola bisnis," ujar mantan Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Kalimantan Selatan itu.  

Mardani mengatakan HIPMI akan terus menggencarkan program HIPMI Goes Campus, HIPMI Goes to School, HIPMI Santripreneur serta membuka akses permodalan dan pembinaan bagi seluruh anggota HIPMI. 

"Sayangnya kita lagi ada kendala. Kita sudah menyiapkan modalnya, sudah menyiapkan tempat kopi, tapi perizinan yang belum dapat," ucap Mardani. 

Selain Presiden Jokowi, pelantikan anggota BPP HIPMI pusatturut dihadiri Menteri Kabinet Indonesia Maju, ASEAN Young Entrepreneur Council Head of Delegation, jajaran Mantan Ketua Umum BPP HIPMI, dan lebih dari 1000 perusahaan dari 3 provinsi Badan Pengurus Daerah serta perwakilan Badan Pengurus Cabang HIPMI seluruh Indonesia. []

Berita terkait
Erick Thohir Cari Pimpinan BUMN, Ini Kata Hipmi
Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming memberi tantangan terhadap Menteri BUMN Erick Thohir menempatkan generasi milenial di BUMN.
Kata HIPMI Saat Jokowi Beri Izin Investasi BKPM
Ketua Umum BPP HIPMI Mardani H. Maming menanggapi keputusan Jokowi kembalikan perizinan investasi ke BKPM yang dikepalai Bahlil Lahadalia.
Video: Pengurus HIPMI dan Kadin Temui Jokowi
Jokowi melakukan pertemuan dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin).
0
Ganjar Pranowo, Gubernur Paling Sigap Atasi Covid-19
Ganjar Pranowo dinobatkan sebagai gubernur paling sigap dalam mengatasi pandemi Covid-19. Ini profil Gubernur Jawa Tengah tersebut.