UNTUK INDONESIA
Mantan Kopassus Dipastikan Pimpin DPRD Jawa Barat
Taufik Hidayat dipastikan menjadi Ketua DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 setelah ditunjuk langusng oleh Prabowo.
Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat, Ricky Kurniawan. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati))

Bandung - Taufik Hidayat dipastikan menjadi Ketua DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 menggantikan Ineu Purwadewi Sundari, Ketua DPRD Jawa Barat periode 2014-2019 asal PDIP.

Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Ricky Kurniawan menyebut, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah menunjuk langsung Taufik Hidayat.

"Sudah fixed (pasti ditunjuk) kalau Ketua DPRD Jawa Barat itu Taufik Hidayat, Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat," ungkapnya, Kamis 22 Agustus 2019.

Menurut Ricky, tidak bisa dipungkiri kedekatan Taufik Hidayat dengan Prabowo Subianto menjadi alasan penunjukan tersebut.

Taufik Hidayat itu memang dekat, sama-sama bertempur dengan Prabowo Subianto

"Taufik Hidayat itu memang dekat, sama-sama bertempur dengan Prabowo Subianto. Sama-sama berdarah-darah, dan karena psikilogis tak bisa diukur tapi kalau melihat kedekatannya saya yakin mereka sangat dekat," jelas dia.

Pertimbangan objektif lainnya, alasan struktural partai. Sudah menjadi aturan dan etika politik di Partai Gerindra, menempati jabatan strategis di legislatif otomatis ketua partai.

"Gak eloklah kalau kader lain di luar Ketua DPD Partai Gerindra Jabar melangkahi ketuanya. Ini fatsun di semua partai politik. Seperti TB Hasanudin pasti ditunjuk karena kedekatan emosional dengan Ibu Megawati," jelas dia.

Selain itu kata Ricky, dari aspek pengalaman Taufik Hidayat dinilai mampu. Taufik Hidayat seorang mantan Kopassus, dikenal paling cepat belajar, pasti bisa.

"Kita tahu Kopassus itu cepat belajar, dan jangan-jangan justru beliau lebih banyak tahu dan cepat belajar dibandingkan kita. Saya rasa dengan segudang pengalaman Taufik Hidayat di TNI pasti bisa menguasai," kata dia.

Politikus Partai Gerindra Jawa Barat Bucky Wikagoe menambahkan, salah satu pertimbangan menunjuk Taufik Hidayat soal kepercayaan.

"Ketua DPD biasanya menjadi prioritas yang akan menjabat sebagai ketua DPRD. Terlepas dari hal itu, alasan kepercayaan dari DPP pun menjadi hal utama. Penggabungan penilaian subjektif dan objektif," katanya.

Di samping itu, melihat rekam jejak Taufik Hidayat mantan jenderal TNI. Sudah dipastikan berpengalaman, karena menjadi pimpinan harus memiliki kapasitas.

"Kriteria Gerindra pasti sama dengan parpol lainnya. Misalkan, mempertimbangkan posisi di partainya. Ke dua, pengalaman dan ke tiga pasti hasil keputusan bersama," ujarnya.[]

Berita terkait
Gerindra Jelaskan Isi Komunikasi Prabowo dengan Jokowi
Telah terjalin komunikasi antara Prabowo dengan Presiden terpilih Jokowi. Apa isi komunikasi tersebut?
Prabowo: Gerindra Serukan Pindah Ibu Kota Sejak 2014
Prabowo menyebut wacana dipindahkan ibu kota dari Jakarta ke wilayah lain telah diperjuangkan Gerindra sejak 2014.
Bertemu Gerindra, PPP Ingin Rebut Pimpinan Parlemen?
Diduga PPP ingin dapat jatah pimpinan parlemen dengan melobi Gerindra agar bisa disampaikan ke PDIP sebagai partai pemenang.
0
Lupa Rasa Hujan, Salat Istiska Digelar di Kulon Progo
Kekeringan serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Pulau Kalimantan, Sumatera, dan Jawa, diharapkan mereda dengan salat Istiska.