UNTUK INDONESIA

Manfaat Lada, Bisa Obati Sakit Kepala Sampai Asam Urat

Selain untuk bumbu masak, lada juga dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal. Berikut Tagar rangkum, manfaat lada untuk kesehatan.
Ilustrasi Lada. (Foto:Tagar/Pixabay/congerdesign)

Jakarta - Lada merupakan rempah-rempah yang sangat populer di tanah air yang jadi rebutan para negara asing yang datang ke tanah air. Lada tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu masakan, tapi juga obat herbal. 

Lada, disebut juga merica atau sahang, yang nama Latinnya Piper nigrum. Tanaman ini kaya akan kandungan kimia, seperti minyak lada, minyak lemak, juga pati. Lada bersifat sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. 

Lada hitam atau black pepper.Potret lada hitam atau black pepper. (Foto : Unsplash/@calumlewis)

Tanaman ini, sudah mulai ditemukan dan dikenal sejak puluhan abad yang lalu. Pada umumnya orang-orang hanya mengenal lada putih dan lada hitam. Keduanya sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Tanaman ini, merupakan salah satu komoditas perdagangan dunia dan lebih dari 80 persen hasil lada Indonesia diekspor ke negara luar negeri.

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, lada juga banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal. Berikut Tagar rangkum, manfaat lada untuk kesehatan dari berbagai sumber

1. Demam dan masuk angin

Demam dan masuk angin, adalah penyakit yang umum diderita masyarakat di Tanah Air. Nah, lada bisa jadi solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia. Untuk merasakan manfaatnya sediakan 5 gram lada, jahe 15 gram, kayu manis 1 jari, biji pala 5 gram, cengkeh 5 butir, bangle 10 gram, dan jali 30 gram.

Cuci semua bahan tersebut sampai bersih kemudian rebus dengan 1 liter sampai mendidih dan menyisahkan sekitar 500 ml. Kemudian saring dan bagi dua sama banyak, setelah dingin minum air rebusan lada tersebut.

2. Sakit kepala

Lada dipercaya efektif mengobati sakit kepala. Caranya, sediakan lada 5 gram, cengkeh 5 butir, pala 5 biji, kayu manis 1 jari. Tumbuk semua bahan tersebut sampai halus. Setelah itu, seduk dengan air hangat dan minum sekaligus.

3. Asam urat

Untuk merasakan manfaat lada untuk penyakit asam urat, siapkan bahan-bahan berikut, lada 5 gram, jahe 10 gram, jahe merah 10 gram, kayu manis 1 jari, biji pala 5 gram, kapulaga 5 butir, cengkeh 5 butir, ubi jalar merah 200 gram, gula merah secukupnya, air 1 liter. 

Rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisakan air 500 ml. Bagi dua air rebusan tersebut sama banyak, lalu minum air tersebut dua kali sehari dan makan ubi jalarnya. 

4. Mengobati sakit lambung

Cara untuk meredakan sakit lambung salah satunya adalah dengan lada. Siapkan saja lada 5 gram, jahe 10 gram, kayu manis 1 jari, pala 5 biji, kapulaga 5 butir, cengkih, 5 butir, lidah buaya 60 gram (kulitnya dikupas), dan air 600 ml. Rebus semua bahan sampai mendidih dan menyisahkan air sekitar 300 ml. Setelah itu saring dan minum air rebusan tersebut.

5. Panas dalam

Lada efektif meredakan panas dalam. Untuk merasakan khasiatnya siapkan lada 5 gram dan 1 buah pir. Rebus bahan tersebut dalam 350 ml air sampai mendidih. Setelah itu saring dan tambahkan satu sendok madu, lalu minum sekaligus. []

Berita terkait
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Cegah Risiko Kanker dan Lima Manfaat Konsumsi Paprika
Papria punya banyak mafaat bagi kesehatan tubuh. Selain mencegah risiko kanker, berikut lima manfaat lain mengonsumi buah asal AS dan Meksiko ini.
Tujuh Manfaat Cabai, Salah Satunya Memperpanjang Umur
Cabai terbukti memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Setidaknya ada tujuh manfaat dari tumbuhan anggota genus Capsicum ini.
0
Manfaat Lada, Bisa Obati Sakit Kepala Sampai Asam Urat
Selain untuk bumbu masak, lada juga dimanfaatkan dalam dunia pengobatan herbal. Berikut Tagar rangkum, manfaat lada untuk kesehatan.