UNTUK INDONESIA

8 Cara Mengobati Amandel Secara Alami

berikut beberapa pengobatan alami yang bisa mengobati atau mengurangi gejala amandel.
Ilustrasi Radang Amandel. (Foto: Tagar/istockphoto)

Jakarta - Radang amandel atau tonsilitis adalah penyakit yang menyerang orang dewasa atau anak-anak. Tonsilitis umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan anak mengalami gejala radang, sakit tenggorokan, sakit saat menelan, demam, hingga sakit telinga.

Amandel yang merupakan garis depan pertahanan tubuh dari serangan penyakit yang masuk melalui rongga mulut. Amandel dapat membengkak atau meradang sehingga perlu tindakan tepat agar tidak semakin parah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah minum air yang cukup, menjaga kebersihan mulut, dan obat alami radang amandel.

Biasanya, gejala ini memerlukan antibiotik untuk mengatasinya. Namun, ada beberapa pengobatan rumahan yang bisa mengobati atau mengurangi gejala tonsilitis ini. Dilansir Tagar dari berbagai sumber, berikut cara mengobati amandel secara alami.

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara pertama untuk mengobati amandel secara alami yaitu berkumur dengan air hangat. Air hangat yang dicampur garam dapat membantu meringankan sakit tenggorokan dan nyeri yang disebabkan oleh tonsilitis. Campuran ini juga dapat mengurangi peradangan, dan bahkan dapat membantu mengobati infeksi.

Cara membuatnya mudah, aduk sekitar ½ sendok teh garam dalam segelas air hangat. Aduk sampai garam larut dalam air. Kemudian, berkumurlah selama beberapa detik, kemudian keluarkan. Setelahnya, Anda bisa bilas dengan air biasa. Cara ini juga bisa dilakukan anak yang berusia lebih tua.

2. Air Lemon dan Madu

Campuran air perasan lemon ternyata bisa menjadi cara alami untuk mengobati radang amandel. Lemon dan madu memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri, dan anti-inflamasi sehingga ampuh merawat infeksi dan peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Caranya mudah, cukup dengan meminum air perasan lemon dengan madu, kemudian aduk madu sampai larut.

3. Makan Bawang Putih

Sebagai salah satu obat alami yang digunakan selama ribuan tahun, bawang putih membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh karena kaya kandungan antioksidan serta antibakteri dan senyawa antiviral di dalamnya. Mereka yang rutin konsumsi bawang putih terbebas dari serangan virus akibat pilek, flu, dan radang amandel.

Untuk mengatasi radang amandel, kamu dapat mengonsumsinya langsung dengan cara memakan 1 siung bawang secara utuh, atau geprek 2 siung bawang lalu rebus selama 5 menit, kemudian saring air bawang putih dengan campuran 1 sendok teh madu, mencampurnya dengan teh herbal.

4. Konsumsi Jeruk Nipis

Jeruk nipis atau lemon merupakan bahan alami dan buah yang mudah dijumpai. Dikenal memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan anti inflamasi jeruk nipis bisa digunakan sebagai salah satu cara mengobati amandel secara alami.

Kandungan vitamin C yang tinggi akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Cara meraciknya cukup mudah yaitu, campurkan perasain air jeruk nipis dengan air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh madu dan sedikit garam. Untuk hasil yang maksimal, minumlah 2 kali sehari selama beberapa hari.

5. Jahe Merah

Cara alami selanjutnya adalah dengan Jahe. Jahe merah dapat membantu menyembuhkan radang amandel. Kandungan yang terdapat di dalamnya bersifat anti peradangan, anti bakteri, dan antivirus. Kamu dapat mengonsumsi 1 gelas rebusan jahe merah yang ditambah 2 sendok madu di waktu pagi dan sore hari. Hal ini dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab amandel meradang.

6. Makan Buah Tin

Buah berwarna ungu kemerahan ini ternyata memiliki manfaat luar biasa dalam mengobati amandel secara alami. Bauh Tin atau ara memiliki kandungan lendir mucilage yang tinggi sehingga mampu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat tonsillitis atau amandel itu.

Cara mengonsumsi yaitu denga merebus 3 buah tin yang masih segar atau yang sudah dikeringkan, lalu haluskan seperti bubur jika sudah matang, kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu. Untuk hasil yang maksimal, ramuan ini dapat dikonsumsi 2 atau 3 kali sehari.

7. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai rempah alami yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik alami. Kamu dapat menjadikan kunyit sebagai obat alami radang amandel karena dapat melawan infeksi. Cukup dengan campurankan segelas susu hangat dengan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam. Ramuan kunyit ini dapat diminum pada malam hari selama 2-3 hari berturut-turut untuk mengobati radang amandel.

8. Humidifiers

Humidifiers dapat membantu meringankan sakit tenggorokan jika udara kering, atau ketika Anda mengalami mulut kering akibat tonsilitis. Udara kering inilah yang dapat mengiritasi tenggorokan. Humidifiers membantu menambahkan kelembapan di udara, karena itu gunakan humidifier sesuai kebutuhan, terutama ketika saat tidur di malam hari, hingga radang amandel mereda. (Viona Bono Valvinka)

Berita terkait
Cara Alami Mengobati Radang Amandel
Operasi menjadi cara yang paling banyak ditempuh untuk mengatasi radang amandel. Nah, Tagar akan bagikan cara mengobatinya secara alami.
Waspada Sakit Tenggorokan, Tangan dan Kaki Bisa Diamputasi
Hal itu dialami pria Australia setelah tenggorokannya sakit sehabis berlibur di Filipina.
Cara Alami Mengobati Gejala Radang Tenggorokan Anak
Radang tenggorokan merupakan kondisi saat bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan. Kondisi ini sering menyerang anak.
0
8 Cara Mengobati Amandel Secara Alami
berikut beberapa pengobatan alami yang bisa mengobati atau mengurangi gejala amandel.