UNTUK INDONESIA

Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Keratin untuk Rambut

Berikut Tagar rangkumkan beberapa jenis perawatan rambut dengan menggunakan keratin.
Ilustrasi rambut sehat. (Foto: Freepik)

Jakarta - Bagi para pecinta produk kecantikan khususnya untuk rambut, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama keratin. Keratin sendiri merupakan jenis protein yang diproduksi tubuh oleh sel bernama keratinosit.

Protein ini dapat ditemukan di rambut, kulit, dan kuku. Selain itu, keratin juga dapat ditemukan di organ dalam dan kelenjar. Ini merupakan protein pelindung, jadi tidak mudah tergores atau robek dibandingkan jenis sel lain yang diproduksi oleh tubuh.

Mengutip informasi dari laman Healthline, keratin bekerja dengan cara menghaluskan sel-sel yang tumpang tindih untuk membentuk helai rambut.

Lapisan sel yang disebut dengan kutikula menyerap keratin, kemudian menghasilkan rambut yang terlihat bervolume dan berkilau. Keratin juga diklaim dapat membuat rambut keriting jadi tidak terlalu kusut, mudah ditata, dan tampilan yang lebih lurus.

Namun sangat disayangkan, tidak selamanya tubuh dapat memproduksi keratin secara melimpah sehingga bisa berdampak buruk pada kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Lantaran itu, terdapat beberapa perawatan dengan menggunakan keratin sebagai bahan dasar.

Sebagian orang percaya bahwa suplemen, produk, dan perawatan lain dengan keratin dapat membantu memperkuat rambut dan membuatnya terlihat lebih sehat.

Orang-orang yang menggunakan keratin mengaku bahwa rambut mereka menjadi lebih halus dan mudah diatur. Efeknya bervariasi tergantung pada kondisi rambut sebelumnya (sehat atau tidak), berdasarkan ketebalannya, juga jenis perawatan keratin yang digunakan.

Berikut Tagar rangkumkan beberapa jenis perawatan rambut dengan menggunakan keratin:

Ilustrasi Rambut SehatIlustrasi Rambut Sehat. (Foto: Pixabay/DzeeShah)

1. Perawatan Keratin di Salon

Perawatan keratin ini dapat memakan waktu cukup lama dan melibatkan beberapa langkah. Pertama, krim yang mengandung formaldehida dioleskan ke rambut sebelum dikeringkan dan diluruskan di salon. Setelah perawatan diterapkan, Anda diinstruksikan untuk menjaga rambut tetap kering selama beberapa hari.

Saat mengunjungi salon untuk membersihkan bahan kimia, perawatan lain diterapkan untuk mengatur efek pelurusan. Perawatan ini diklaim bisa berlangsung selama sekitar 12 minggu.

2. Serum, Sampo, dan Kondisioner Keratin

Ini merupakan perawatan yang paling murah dan mudah untuk didapatkan, bahkan minimarket pun menjual produk-produk ini. Serum, sampo, dan kondisioner keratin tidak bisa dikatakan sama dengan perawatan yang dilakukan di salon.

Namun, produk-produk ini mengklaim dapat membuat rambut lebih tahan kerusakan serta memperbaiki bagian yang telah kering dan rusak karena panas dan pewarna.

3. Suplemen Keratin

Suplemen keratin tersedia dalam bentuk bubuk dan kapsul. Anda dapat menemukannya di hampir semua toko makanan kesehatan. Namun, suplemen ini juga dapat menimbulkan risiko. Jika digunakan secara berlebihan, dapat menyebabkan terlalu banyak protein menumpuk di dalam tubuh.

Meskipun dikatakan bahwa perawatan keratin dapat membuat rambut lebih indah, ini tetap memiliki risiko dan efek samping. Seperti contohnya adalah perawatan keratin di salon mengandung formaldehida dalam jumlah besar.

Dilaporkan bahwa beberapa karyawan di salon mengalami mimisan dan gangguan pernapasan akibat penanganan produk perawatan keratin dan menghirup asapnya berulang kali dari waktu ke waktu.

Tingkat formaldehida ini lima kali melebihi standar keamanan untuk paparan bahan kimia. Oleh karena itu, ibu hamil harus menghindari perawatan ini.

Selain itu, orang dengan sensitivitas terhadap formaldehida atau masalah pernapasan juga harus menghindari perawatan keratin. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Pesona 6 Bintang K-Pop Pria dengan Rambut Gondrong
Berikut Tagar rangkumkan 6 idol K-Pop pria dengan rambut gondrong.
8 Nutrisi Terbaik untuk Pertumbuhan Rambut
Mengutip informasi dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkumkan 8 nutrisi terbaik untuk pertumbuhan rambut yang lebih sehat.
Mengenal Penyebab Serta Cara Mengatasi Bau Badan dan Ketiak
Dalam dunia medis, bau badan disebut sebagai bromhidrosis dan kamu tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini.
0
Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Keratin untuk Rambut
Berikut Tagar rangkumkan beberapa jenis perawatan rambut dengan menggunakan keratin.