UNTUK INDONESIA

10 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Kering

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 10 perawatan rumahan untuk mengatasi rambut kering.
Ilustrasi rambut kering. (Foto: Freepik)

Jakarta - Rambut yang sehat, halus, dan lebat selalu menjadi idaman setiap orang. Namun, saat rambut terasa kering ketika disentuh, ini juga akan rapuh dan sulit untuk ditata. Jika tampilan rambut sudah tidak bagus, dapat memengaruhi suasana hati juga.

Namun, memiliki rambut kering bukan berarti bahwa kamu memiliki masalah kesehatan atau ada yang salah dengan rambutmu. Beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, penataan yang menggunakan panas, suhu lembap, merokok, dan banyak lagi dapat menyebabkan rambut rusak dan kering.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya. Bonusnya adalah ini merupakan cara rumahan yang mana tidak membutuhkan biaya mahal seperti perawatan di salon.

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 10 perawatan rumahan untuk mengatasi rambut kering:

Ilustrasi Rambut BerketombeIlustrasi Rambut Kering. (Foto: Pixabay/Malina_Bogdanovskaya)

1. Gunting Rambut

Jika rambutmu terlalu kering, mungkin perlu ditata ulang dalam bentuk potongan baru. Ini dikarenakan ujung rambut bercabang dapat membuat rambut sulit diatur dan membuatnya terasa kering atau kasar.

Kamu bisa pergi ke salon untuk mendapatkan potongan yang diinginkan. Jika ingin meminimalisir biaya, kamu juga bisa mengguntingnya sendiri dengan bantuan panduan dari video-video di internet.

2. Minum Vitamin

Vitamin A, vitamin C, biotin (kadang disebut vitamin H), dan zat besi mineral semuanya bermanfaat untuk rambut agar terlihat lebih sehat.

3. Omega-3 dan Antioksidan dalam Menu Makanan

Protein laut dapat menjaga rambut agar tidak menipis dan dapat membuatnya terlihat lebih berkilau. Untuk mendapatkan hasil serupa tanpa mengonsumsi suplemen, tingkatkan jumlah protein laut dalam makananmu. Ini termasuk salmon, tiram, mackerel, tuna, dan sarden.

Selain itu, kamu juga dapat makan lebih banyak antioksidan untuk melawan stres oksidatif yang bisa membuat rambut terlihat lebih tua.

Beberapa makanan yang kaya antioksidan antara lain kenari, kacang merah, blueberry, brokoli, dan tomat.

Lemak sehat seperti yang terkandung dalam minyak canola juga dapat membuat rambut menjadi lebih baik dan sehat.

4. Hindari Keramas Setiap Hari

Sampo menghilangkan kotoran dan keringat dari rambut, tetapi ini juga mengangkat sebum (minyak alami) pada rambut. Fungsi sebum ini adalah dapat membuat rambut lebih mudah dirawat dan (jika jumlahnya tepat) berkilau.

Terlalu banyak sebum justru dapat menyebabkan rambut menjadi berminyak. Disarankan untuk keramas setiaknya dua hari sekali.

Jika tidak bisa melewatkan satu hari tanpa keramas, lebih baik gunakan sampo yang khusus untuk rambut kering atau bisa coba produk bayi.

5. Bungkus Rambut Alih-alih Mengeringkan dengan Udara

Jika rambut rapuh dan sulit ditata setelah keramas, bisa jadi itu karena kehilangan terlalu banyak kelembapan selama proses pengeringan.

Cobalah membungkus rambutmu dengan kain atau handuk setelah keramas daripada membiarkannya mengering atau menggunakan hair dryer.

Ilustrasi RambutIlustrasi rambut kering. (Foto: Ilustrasi/Tagar/Pixabay)

6. Kurangi Penataan Rambut Menggunakan Panas

Penataan panas untuk mengeriting, meluruskan, atau menambah volume pada rambut bisa menjadi penyebab rambutmu mengering. Sebaiknya kurangi hal tersebut. Jika terpaksa, aplikasikan vitamin terlebih dahulu agar rambut lebih siap.

Selain itu, jika mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, beri jarak pengering setidaknya 6 inci dari batang rambut untuk hasil terbaik.

7. Mandi dengan Air yang Lebih Dingin

Air panas yang digunakan untuk mandi juga dapat membuat rambut panas. Mandi air dingin memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Setelah keramas, bilas rambut di bawah suhu air yang lebih dingin selama satu atau dua menit untuk merevitalisasi helai rambut dan menyegarkan kulit kepalamu.

8. Gunakan Minyak Esensial

Minyak argan telah menjadi obat rumahan yang populer untuk rambut kering. Cara menggunakannya cukup teteskan minyak argan di ujung rambutmu secukupnya untuk memberikan tampilan yang lebih halus.

Minyak esensial lainnya seperti minyak peppermint dan minyak lavender dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan mencegah kerusakan.

9. Pakai Topi

Sinar ultraviolet juga dapat merusak batang rambut. Jika memiliki rambut kering, batasi paparan sinar ini pada rambut. Kenakan topi saat beraktivitas sehari-hari dan hindari paparan sinar matahari dalam waktu lama.

Jika rambut sudah terpapar sinar UV, mengoleskan sedikit gel lidah buaya murni pada rambut dapat membantu memperbaiki kerusakan.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah pelembab alami yang mengisi celah di helai rambut jika telah rusak oleh panas atau matahari. Dikatakan bahwa menggunakan minyak kelapa untuk tiap helaian secara rutin dapat meningkatkan penampilan rambut secara keseluruhan.

Cara menggunakannya dengan gosokkan sedikit minyak kelapa di sela-sela telapak tangan sebelum mengaplikasikannya. Setelahnya, oleskan dan fokus pada ujung, mahkota kepala, dan akar rambutmu.

Lakukan sebanyak beberapa kali dan biarkan sekitar 20 menit. Jika telah selesai, bilas sampai bersih. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Gaya Rambut Klimis Pemain Sepak Bola di Masa Pandemi
Banyak pemain sepak bola di Liga Bundesliga Jerman yang turun ke lapangan di masa pandemi dengan gaya rambut klimis dan rapih
Mencuci Rambut atau Keramas Setiap Hari, Perlukah?
Kerap terjadi perdebatan tentang seberapa sering seseorang harus mencuci rambut. Setiap hari? atau sekali seminggu?
Pesona 6 Bintang K-Pop Pria dengan Rambut Gondrong
Berikut Tagar rangkumkan 6 idol K-Pop pria dengan rambut gondrong.
0
10 Perawatan Rumahan untuk Mengatasi Rambut Kering
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan 10 perawatan rumahan untuk mengatasi rambut kering.