UNTUK INDONESIA
Malaysia Pusing Ulah Ovestay Turis China dan India
Kementerian Dalam Negeri dibuat pusing dengan semakin banyaknya turis dari China dan India yang tinggal terlalu lama (overstay).
Menteri Dalam Negeri Tan Sri Muhyiddin Mohd Yassin (kanan) mengunjungi Pusat Komando dan Kontrol (CCC) di Kompleks Imigrasi, Bea Cukai, Karantina dan Keamanan (ICQS) di Bukit Kayu Hitam, 3 Desember 2019. (Foto: malaymail.com|bernama)

Jakarta - Kementerian Dalam Negeri Malaysia dibuat pusing dengang meningkatnya jumlah turis asing yang tinggal terlalu lama (overstay) di Malaysia, selama beberapa tahun terakhir. Menurut seri laporan Auditor-General Report Series, turis yang overstay di Malaysia adalah dari China dan India.

Menurut laporan itu, lebih dari 95 persen turis China dan India tidak memiliki tanggal keluar dari Malaysia yang tercatat. Seperti dikutip dari msn.com, Kamis, 5 Desember 2019, sekitar 76.258 dari 79.799 turis China dengan visa turis tidak memiliki tanggal keluar yang tercatat. Namun Direktur Jenderal Imigrasi Malaysia Datuk Khairul Dzaimee Daud membantah data itu. Menurutnya jumlah turis China yang overstay hanya 18.341.

Datuk Khairul mengatakan para turis asing itu mungkin menggunakan sistem Registrasi & Informasi Perjalanan Elektronik (eNTRI), fasilitas bebas visa untuk pengunjung dari China dan India. Wisatawan yang menggunakan sistem eNTRI tampaknya dapat mempengaruhi pemantauan izin kunjungan sosial reguler ketika mereka keluar.

Namun Menteri Dalam Negeri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassin mengatakan turis yang menginap terlalu lama harus diperiksa oleh Kementerian Imigrasi Malaysia. "Kami akan menegakkan aturan imigrasi, karena kami ingin memastikan bahwa turis yang menginap terlalu harus diperiksa oleh Kementerian Imigrasi.

"Berapa hal bisa dijelaskan. Yang penting adalah ketika turis asing pulang ke negaranya atau tinggal lebih lama, Kementerian Imigrasi tetap bisa memantau," kata Tan Sri lagi.[]

Berita terkait
Ide Unik agar Turis Ramai dan Betah di Danau Toba
Pria warga Parapat, Kabupaten Simalungun, tidak puas dengan cara pemerintah dalam mendatangkan wisatawan ke Danau Toba.
Kapal Mogok, Lima Turis Prancis Terdampar di Pulau Buro
Lima wisatawan asal Prancis terdampar di Pulau Buro, Aceh karena perahu yang ditumpangi mengalami mati mesin. Proses evakuasi berhasil dilakukan.
Turis Malaysia Datang ke Humbahas, Tak Ada Halal Haram
Di sana mereka tidak mengenal apa itu haram halal. Para turis itu nyaman dengan apa yang mereka nikmati.
0
Polisi Tembak Empat Pelaku Begal di Medan
Polda Sumatera Utara menembak empat pelaku pencurian dengan kekerasan di Medan.