UNTUK INDONESIA
Maju Pilkada 2020, Wagub Sumbar Daftar ke Gerindra
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, memastikan langkah maju di pilkada 2020. Ia resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur ke Partai Gerindra.
NAsrul Abit

Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, resmi mendaftar sebagai bakal calon gubernur menyonsong pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 ke Partai Gerindra Sumbar, Jumat 15 November 2019.

Hari terakhir penerimaan calon di Gerindra bertepatan dengan hari jumat. Semoga ini ini menjadi langkah awal yang baik.

Nasrul yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Sumbar sengaja mendaftar di hari terakhir. Menurutnya, hal itu adalah upaya memberikan kesempatan pada kandidat untuk ikut mendaftar ke partai besutan Prabowo Subianto itu.

"Sengaja mendaftar di hari terakhir karena saya ingin memberikan kesempatan kepada yang lain. Hari terakhir penerimaan calon di Gerindra bertepatan dengan hari jumat. Semoga ini ini menjadi langkah awal yang baik pula," katanya.

Menurut Nasrul, Gerindra Sumbar bisa mengusung kandidat gubernur dan wakil gubernur tanpa berkoalisi dengan partai mana pun. Namun dirinya tetap membuka peluang berkoalisi karena membangun daerah harus bersama-sama dengan segala kekuatan.

"Tapi keputusan berkoalisi atau tidaknya nanti tetap di tangan DPP Gerindra. Semua pertimbangan akan dilakukan demi Sumbar lebih baik," katanya.

Sebagai wakil gubernur, Nasrul mengaku telah mengetahui banyak persoalan dan yang dibutuhkan daerah. Ia berkomitmen untuk menjadikan Sumbar sebagai provinsi unggul selaras dengan program nasional.

Nasrul bukanlah politisi baru di kancah perpolitikan Sumbar. Ia pernah menjabat wakil bupati dan 10 tahun menjadi Bupati Pesisir Selatan. Kemudian ia dipinang Gubernur Sumbar yang kala pilkada 2015 menjadi gubernur petahana.

Banyak kalangan memperediksi pemilihan Gubernur Sumbar 2020 bakal berlangsung panas. Sebab banyak kandidat potensial yang juga berminat maju dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Salah satunya Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, anggota DPR RI, Mulyadi dan sejumlah tokoh lainnya.

Namun sebagai petahana, Nasrul tetap meminta masyarakat tenang dan menjaga situasi kondisif. "Konstestasi pilkada bukan ajang untuk saling menjatuhkan, namun memberikan pilihan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Penjaringan Calon Kepala Daerah DPD Partai Gerindra Sumbar, Syafruddin Putra Dt Sunggono, mengatakan hingga kini sudah ada 5 orang yang mendaftar ke partai Gerindra. Dua orang mendaftar sebagai calon wakil gubernur, masing-masing Bupati Agam Indra Catri dan Mantan Bupati Tanah Datar Shadiq Pasadigoe.

Sementara tiga lainnya mencalonkan diri sebagai yang mencalonkan diri sebagai bakal calon gubernur. Masing-masing Mulyadi, Edriana, dan Nasrul Abit sendiri.

"Pendaftaran ditutup hari ini pukul 00:00 WIB. Selanjutnya semua akan kita kirim ke DPP," katanya. []



Berita terkait
Sempat Kisruh, 2 Daerah di Sumbar Bisa Gelar PIlkada
Dua daerah di Sumatera Barat akhirnya menyepakati anggaran pilkada 2020. Masing-masing KPU Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan.
Molor, Pendaftaran CPNS Sumbar Dua Hari Lagi
Pengumuman pendaftaran CPNS di Sumatera Barat molor dari jadwal yang ditetapkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN).
Sumbar Perbanyak Alat Peringatan Dini Tsunami
BPBD Sumatera Barat berencana menambah 21 unit alat peringatan dini tsunami untuk wilayah pesisir pantai.
0
Ibu Paksa Anak Mengemis di Makassar Tes Kejiwaan
Tersangka menjalani pemeriksaan di P2TP2A Makassar untuk mengetahui kondisi kejiwaan ibu ini.