UNTUK INDONESIA
Mahfud MD antara Menteri Hukum, Jaksa Agung, atau Agama
Mantan Ketua MK Mahfud MD telah menerima pinangan Presiden Joko Widodo menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja jilid II periode 2019-2024.
Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD telah menerima pinangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu menteri di Kabinet Kerja jilid II periode 2019-2024.

"Saya nyatakan bersedia. Saya juga menyatakan siap membantu negara," kata Mahfud seusai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Meski belum mengetahui jabatan apa yang akan diberikan presiden padanya, Mahfud mengatakan perbincangannya dengan Jokowi melahirkan beberapa kemungkinan untuk jabatannya.

Tapi, yang jelas jabatannya nanti tak jauh dari bidang yang selama ini ia geluti, antara lain bidang hukum, bidang politik atau bisa juga di bidang agama.

"Seperti yang selama ini diisukan. Kan saya banyak disebut katanya Menkumham, Jaksa Agung, Menteri Agama, katanya apa lagi. Pokoknya di bidang itu," ujar anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tersebut.

Mahfud MD di Rumah MegawatiPertemuan itu berlangsung tertutup, diketahui Megawati didampingi Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Erico Sotarduga. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Orang Pertama Tiba di Istana

Mahfud MD datang ke Istana Kepresidenan mengenakan kemeja putih 09.34, Senin, 21 Oktober 2019. Mahfud merupakan orang pertama yang tiba di Istana seusai menerima panggilan dari Jokowi pada Minggu, 20 Oktober 2019.

"Saya dipanggil, tidak tahu acara apa," kata Mahfud saat memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 21 Oktober 2019.

Saat ditanyakan kembali apakah kehadirannya di Istana untuk dikenalkan sebagai menteri, Mahfud menjawab secara singkat.

"Saya enggak tahu, enggak tahu," ucapnya. []


Berita terkait
Masuk Kabinet Jokowi, Nadiem Makarim Mundur dari Gojek
Nadiem Makarim dipastikan mundur dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) perusahaan yang didirikannya pada 12 Oktober 2010.
Tiga Sosok Berkemeja Putih Dipanggil Jokowi ke Istana
Presiden Jokowi mengatakan akan mengenalkan susunan lengkap menteri dalam Kabinet Kerja jilid II periode 2019-2024, Senin, 21 Oktober 2019.
Tito Karnavian Sosok Keenam Penuhi Undangan Jokowi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memenuhi undangan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.
0
Pasal Alat Kontrasepsi RKUHP Dorong Penyebaran AIDS
Badan Legislasi (Baleg) DPR RI minta masukan dari masyarakat terkait 12 pasal dalam RKUHP yang jadi sorotan publik, ini pasal alat kontrasepsi