UNTUK INDONESIA
Mahfud MD: 22 Bintang Jasa bagi Tenaga Medis yang Meninggal
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan akan memberikan 22 bintang jasa kepada tenaga medis yang meninggal dunia karena COvid-19.
Mesnko Polhukam Mahfud MD usai menghadiri acara Aptisi di Surabaya, Rabu 29 Januari 2020. (Foto: Tagar/Haris D Susanto)

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pemerintah memberikan 22 bintang jasa kepada tenaga medis yang meninggal dunia karena menangani pasien terpapar virus Covid-19. Selain bintang jasa, diberikan juga santunan dari pemerintah.

Kita mencatat banyak dokter yang menjadi korban, dalam pengabdiannya itu. Mungkin karena lelah, stres juga.

"Pemberian bintang jasa tahap pertama masih dalam pendataan. Sebanyak sembilan tenaga medis akan mendapat Bintang Jasa Pratama dan 13 tenaga medis lainnya yang akan mendapat Bintang Jasa Nararia," ucap Mahfud dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu, 8 Agustus 2020.

Ia mengatakan, pada tanggal 13 Agustus 2020 yang akan datang akan menyerahkan 22 bintang jasa kepada tenaga medis yang gugur. Beberapa faktor, kata Mahfud, menjadi penyebab meninggalnya para tenaga medis di saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Kita mencatat banyak dokter yang menjadi korban, dalam pengabdiannya itu. Mungkin karena lelah, stres juga," ucap Mahfud.

Mahfud mengatakan bintang jasa diberikan sebagai bentuk penghormatan pemerintah secara simbolik kepada tenaga medis yang gugur. Selain itu, kata dia, keluarga tenaga medis juga akan mendapatkan santunan sebesar Rp 300 juta.

Pemberian tanda jasa pada Agustus ini, kata Mahfud, akan masuk dalam tahap pertama. Ia mengatakan, pemerintah akan kembali memberikan tanda jasa setelah data jumlah korban tenaga medis rampung di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Sebagai bentuk penghormatan simbolik kepada mereka yang gugur, tentu orang bekerja tentu tidak ingin gugur, karena itu nanti ada santunan, yang gugur juga bekerja (saat hidup) tidak ingin dapat bintang jasa," ujarnya. []

Berita terkait
Mahfud Dorong TNI Terlibat Tangani Terorisme
Mahfud MD menilai TNI perlu dilibatkan dalam penanganan terorisme pada situasi dan kondisi tertentu.
Mahfud Ungkap Alasan Andika Perkasa Jadi Wakil KPCPEN
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud Md ungkap alasan Kasad Andika Perkasa jadi Wakil Ketua KPCPEN.
Usul Warganet ke Mahfud dan Jokowi Soal Harun Masiku
Warganet beramai-ramai mengusulkan Mahfud MD agar meminta Presiden Jokowi perintahkan Polri untuk melakukan penangkapan terhadap Harun Masiku.
0
Mahfud MD: 22 Bintang Jasa bagi Tenaga Medis yang Meninggal
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan akan memberikan 22 bintang jasa kepada tenaga medis yang meninggal dunia karena COvid-19.