UNTUK INDONESIA
Mahasiswi Banyumas Hilang di Logending Ditemukan
Tim SAR gabungan menemukan mahasiswi Banyumas yang hilang tenggelam di Pantai Logending, Kebumen. Ditemukan meninggal dunia.
Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah mahasiswi asal Banyumas yang ditemukan meninggal dunia di Pantai Logending, Kebumen, Rabu, 16 September 2020. Korban sebelumnya hilang tenggelam kesapu ombak saat swafoto di pantai. (Foto: Basarnas Cilacap)

Kebumen - Kerja keras tim search and rescue (SAR) gabungan melacak keberadaan mahasiswi Banyumas yang hilang tenggelam di Pantai Logending, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah, membuahkan hasil. Hari kelima pencarian, korban ditemukan. 

Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya mengungkapkan mahasiswi bernama Ika Listiyani, 20 tahun, ditemukan Rabu, 16 September 2020, sekira pukul 07.20 WIB. Ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia. 

"Korban ditemukan di perairan Pantai Menganti, berjarak sekitar tiga mil arah tenggara dari lokasi kejadian," tutur dia. 

Nyoman menjelaskan Rabu pagi tim melanjutkan pencarian seperti yang sudah dilakukan selama empat hari terakhir. Tim SAR disebar dalam beberapa regu kecil, ada yang menyisir bibir pantai dan sebagian lain menyusuri perairan di sekitar lokasi kejadian.

Korban ditemukan di perairan Pantai Menganti, berjarak sekitar tiga mil arah tenggara dari lokasi kejadian.

Saat sedang mencari, tim SAR mendapat laporan dari nelayan soal penemuan jenazah. Bergegas, petugas dan relawan mendatangi lokasi, mendapati jenazah berjenis kelamin perempuan dalam posisi mengambang.   

"Setelah mendapat laporan dari salah satu nelayan setempat bahwa ada korban sedang mengambang, kami langsung melakukan evakuasi dengan menggunakan perahu jukung. Kemudian korban kami bawa ke Puskesmas Ayah, Kabupaten Kebumen," ucap nyoman.

Diketahui, Ika, warga Pekuncen, Banyumas hilang tenggelam di perairan Pantai Logending pada Sabtu, 12 September 2020 sekira pukul 09.30 WIB. Mahasiswi Universitas Harapan Bangsa Purwokerto pergi ke pantai bersama rekannya, Ashar, 26 tahun, pekerja medis di Puskesmas Gentasari, Kroya, Kabupaten Cilacap.

Saat tengah asyik swafoto, tiba-tiba datang ombak besar yang menghantam korban dan menyeretnya ke laut. Ia hilang tenggelam dan ditindaklanjuti oleh tim SAR gabungan dengan menggelar operasi pencarian. 

Baca juga:

Nyoman menambahkan dengan ditemukannya Ika Listiyani maka operasi SAR resmi ditutup. Sementara untuk operasi SAR terhadap nelayan yang juga hilang di kawasan perairan Logending masih berlanjut.   

"Di lain tempat kami juga masih melakukan pencarian terhadap nelayan yang tenggelam di pintu masuk Pelabuhan Logending, memasuki pencarian hari ketiga," ujar dia.

Dalam operasi SAR ini, selain Basarnas ada juga tim SAR dari Polairud Logending, Pos AL Logending, Polsek Ayah, Koramil Ayah, BPBD Kebumen dan BPBD Banyumas.  

Unsur SAR lain dari Tagana Banyumas, Rapi Banyumas, PMI Kebumen, TRC Purbalinga, TPKL Jetis, SAR Lawet Perkasa, SAR Elang Perkasa, Rapi Kebumen, Orari, SAR MTA, MDMC, Gertaks, Banser, IEA Cilacap, Pemuda Pancasila, Bumen Rescue, Pramuka Peduli, DKR Tambak, Bagana Sumpiuh, Ubaloka dan warga sekitar. []

Berita terkait
Swafoto di Logending, Mahasiswi Banyumas Tenggelam
Mahasiswi asal Banyumas hilang tenggelam diterjang gelombang laut saat asyik swafoto di Pantai Logending Kebumen.
Nelayan Hilang, Pantai Logending Telan Korban Lagi
Pantai Logending Kebumen kembali menelan korban. Setelah mahasiswi asal Banyumas, ombak pantai juga menggulung nelayan Cilacap.
Pencarian Nelayan di Jatikontal Purworejo Dihentikan
Basarnas menutup operasi SAR gabungan atas hilangnya nelayan di Pantai Jatikontal Purworejo. Hingga hari ketujuh, korban belum ditemukan.
0
Jaringan Kiai Tahlil Sleman Dukung Kustini - Danang
Sejumlah tokoh kiai NU Sleman mendeklarikan diri dalam Jaringan Kiai Tahlil mendukung paslon Kustini - Danang pada Pilkada 2020.