Magnitudo 4.2, Ini Penjelasan BMKG tentang Gempa Jambi

Masyarakat Merangin, Jambi dikagetkan guncangan gempa tektonik. BMKG menjelaskan gempa ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.2.
Tangkapan layar alat pendeteksi gempa BMKG. (Foto: Tagar/BMKG Padang Panjang)

Jakarta - Masyarakat Merangin, Jambi dikagetkan guncangan gempa tektonik berkekuatan 4.2 Skala Richter, Kamis, 1 Oktober 2020 sore. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatatkan gempa terjadi sekitar pukul 17.49.09 WIB.  

BMKG menjelaskan gempa ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.2. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.48 LS dan 102.11 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 36 Km Tenggara Merangin, Jambi pada kedalaman 135 Km.

Guncangan gempa ini dirasakan di Mukomuko-Bengkulu dengan kategori II MMI

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang, Irwan Slamet, menjelaskan sesuai lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi di Jambi ini merupakan jenis gempa menengah. 

"Ini akibat aktivitas intraplate lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia," jelasnya melalui keterangan tertulis.

Guncangan gempa ini dirasakan di Mukomuko-Bengkulu dengan kategori II MMI. Artinya, getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut," kata Slamet menegaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Di sisi lain, hingga pukul 18:33 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak ada aktivitas gempa susulan. Kendati begitu, Irwan meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Baca juga: Jarak Aman Terhindar dari Tsunami Setinggi 20 Meter

Masyarakat juga diimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Sebelum kembali ke rumah, warga diminta memeriksa bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa. Pastikan juga tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tutupnya. []

Berita terkait
Padang Tak Gelar Upacara Peringatan 11 Tahun Gempa di Sumbar
Kota Padang tidak menggelar upacara peristiwa gempa bumi 30 September 2009 di tengah pandemi Covid-19.
Penjelasan BMKG Aceh Besar Soal Gempa di Gayo Lues
BMKG Aceh Besar mencatat pada Senin tercatat Kabupaten Gayo Lues diguncang gempa sebanyak 22 kali.
Mamuju Tengah Sulbar Diguncang Gempa Magnitudo 5,2
BMKG merilis gempa magnitudo 5,2 di Mamuju Tengah, Sulawesi Barat tidak berpotensi tsunami.
0
Amerika Dorong Vaksinasi Covid-19 Dengan Hadiah Jutaan Dolar
Mulai dari hadiah uang tunai yang sangat besar hingga layanan tertentu secara cuma-cuma, merupaka upaya dorong warga untuk divaksinasi Covid-19