UNTUK INDONESIA
Madrid Gagal Geser Barcelona Usai Dikalahkan Mallorca
Real Madrid gagal menggeser Barcelona setelah dikalahkan Mallorca 0-1 di La Liga Spanyol, Minggu 20 Oktober 2019 dini hari WIB.
Real Madrid gagal menggeser Barcelona setelah dikalahkan Mallorca 0-1 pertandingan di La Liga Spanyol di Stadion Son Moix, Minggu 20 Oktober 2019 dini hari WIB. Tampak striker Madrid Karim Benzema kecewa setelah gagal mencetak gol. (Foto: standard.co.uk)

Jakarta - Apes bagi Real Madrid. Mereka gagal menggeser Barcelona dan merebut kembali posisi puncak klasemen la Liga Spanyol setelah dikalahkan Mallorca 0-1 di Stadion Son Moix, Minggu 20 Oktober 2019 dini hari WIB. 

Madrid gagal memanfaatkan kesempatan untuk kembali ke puncak. Saat Barcelona meraih poin sempurna dengan mengalahkan Eibar 3-0, sebaliknya Madrid justru menelan kekalahan. 

Hasil di pekan ke-9 ini secara pelahan mulai menunjukkan persaingan yang kembali mengerucut pada dua tim, Barca dan Madrid. Musim lalu, Barca tak mendapat perlawanan berarti dari Los Blancos. Kini, perseteruan mereka bakal kembali ketat. 

Saya sesungguhnya tak ingin mengatakan kalau saya merasa cemas. Saya tidak suka dengan kata itu. Persoalannya, kami memang harus memenangkan pertandingan. Kami butuh konsistensi

Tim-tim lain seperti Atletico Madrid, Valencia dan Sevilla mulai tercecer. Namun tim kejutan Granada masih mencoba menjaga persaingan itu. Kemenangan 1-0 atas Osasuna menjadikan tim promosi itu bertahan di peringkat 3 dengan poin 17. 

Mereka tertinggal 2 poin dari Barca. Sedangkan Madrid yang turun ke posisi 2 memiliki poin 18. Kegagalan merebut kembali posisi puncak yang membuat pelatih Zinedine Zidane kecewa. Dirinya pun mengaku cemas dengan tim yang belum menunjukkan konsistensinya. 

"Saya sesungguhnya tak ingin mengatakan kalau saya merasa cemas. Saya tidak suka dengan kata itu. Persoalannya, kami memang harus memenangkan pertandingan. Kami butuh konsistensi," kata Zidane seperti dikutip Marca

Di laga itu, Zidane tidak bisa menurunkan tim terbaik karena beberapa pemain pilar Gareth Bale, Eden Hazard dan Luka Modric terpaksa absen karena mengalami cedera. Namun pelatih asal Prancis itu tegaskan absennya pemain tidak bisa dijadikan alasan atas kekalahan tersebut. 

"Cedera pemain tidak bisa dijadika alasan. Masih banyak pemain yang tidak cedera dan mereka juga pemain yang bagus. Saat mendapat kesempatan bermain, mereka seharusnya menunjukkan levelnya. Tak ada yang bisa dilakukan dengan pemain yang cedera," ujar Zidane. 

Memperlihatkan Dominasi

Madrid sesungguhnya kembali memperlihatkan dominasinya di pertandingan itu. Namun mereka dikejutkan oleh gol cepat Junior Lago saat laga baru berjalan tujuh menit. 

MallorcaMallorca merayakan gol Junior Lago (kiri) di pertandingan La Liga Spanyol melawan Real Madrid di Stadion Son Moix, Minggu 20 Oktober 2019 dini hari WIB. Mallorca menang 1-0 dan keluar dari zona degradasi. (Foto: standard.co.uk)

Gol itu berawal dari aksi Lago yang melewati bek Adrian Odriozola. Pemain depan asal Pantai Gading ini kemudian melepaskan tendangan ke sudut tiang gawang yang gagal dijangkau kiper Thibaut Courtois.

Madrid sempat kembali tertekan saat Mallorca berhasil mencetak gol kedua melalui Dani Rodriguez di menit 15. Beruntung, gol itu dianulir lantaran pemain itu dalam posisi offside.

Selanjutnya, Lago kembali mengancam pertahanan Los Merengues. Hanya, umpannya gagal disambut Ante Budimir maupun Rodriguez.

Setelah beberapa kali mendapat tekanan, Madrid mulai menemukan irama permainan. Mereka mengendalikan permainan dan mengancam pertahanan tuan rumah. 

Sayangnya, peluang yang tercipta tak bisa dimanfaatkan dengan baik. Menit 27, tercatat tendangan voli striker Karim Benzema masih gagal karena hanya membentur tiang gawang. 

Tak ada lagi ancaman dari Madrid di menit selanjutnya. Skor 1-0 untuk Mallorca tak berubah sampai akhir babak pertama. 

Di babak kedua, Madrid tak menurunkan tekanannya. Mereka butuh gol untuk menyamakan kedudukan. Namun upaya mereka tak membuahkan hasil. 

Bahkan Madrid harus kehilangan seorang pemain di menit 74. Odriozola menerima kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah usai melakukan pelanggaran terhadap pemain tuan rumah. 

Meski bermain dengan 10 orang, namun Madrid masih mendominasi. Sayangnya mereka tak mampu membongkar pertahanan Mallorca. Tuan rumah pun berhasil menjaga keunggulannya. 

Zidane mengaku tak terkejut dengan strategi bertahan Mallorca. Persoalannya, Madrid gagal mendapatkan solusi saat menghadapi pertahanan kokoh tim lawan. 

"Kami tak terkejut dengan tim yang bermain di kandang sendiri. Kami sudah perkirakan apa yang terjadi. Hanya, mereka memang mengejutkan kami karena berhasil mencetak gol dan kemudian bertahan total. Sayangnya kami tak mendapatkan solusinya," ujar Zidane. 

Kemenangan atas Madrid menjadikan Mallorca memperbaiki posisinya dan keluar dari zona degradasi. Kini, mereka naik ke peringkat 14 dengan poin 10. []

Berita terkait
Messi Kembali, Barcelona Bisa Bersaing dengan Madrid
Barcelona yang kembali diperkuat Lionel Messi kembali menyaingi Real Madrid setelah meraih kemenangan atas Sevilla di La Liga Spanyol.
Hazard Cetak Gol Pertama, Madrid Tetap di Puncak
Bintang Real Madrid Eden Hazard mencetak gol pertamanya saat mengalahkan Granada 4-2 di La Liga Spanyol, Sabtu 5 Oktober 2019 malam WIB.
Madrid Vs Granada, Perebutan Tahta Klasemen
Real Madrid mewaspadai tim promosi Granada yang tampil mengejutkan di La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Sabtu 5 Oktober 2019 malam.
0
Suami Pemabuk Tewas Ditikam Istri Siri di Ambon
Seorang istri siri di Ambon, Maluku, berinisial HR menikam suaminya Hairun Ibrahim, 35 tahun, hingga tewas.