UNTUK INDONESIA

MacOS Big Sur Kini Sudah Tersedia untuk Perangkat MacBook

Big Sur membawa desain baru yang lebih segar dan juga ada beberapa peningkatan pada Safari, Pesan, Peta, dan Privasi.
MacOS Big Sur. (Foto: Tagar/GSM Arena)

Jakarta - Apple resmi merilis versi terbaru dari MacOS yang bernama Big Sur, pada Jumat, 13 November 2020. Sistem operasi ini merupakan OS pertama yang dioptimalkan untuk chip M1 Apple, yang diperuntukkan bagi perangkat MacBook Air, MacBook Pro 13, dan Mac mini baru.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat, 13 November 2020, meskipun Apple sudah tidak menggunakan prosesor dari Intel, namun Big Sur ini masih bekerja pada mesin berbasis Intel. OS baru ini membawa desain baru yang lebih segar dan juga ada beberapa peningkatan pada Safari, Pesan, Peta, dan Privasi.

Desain

Dari segi desain, Big Sur OS ini masih terlihat familier dengan ruang putih yang cukup dominan untuk navigasi yang lebih mudah. Ikon gelap yang hadir dalam OS ini juga sesuai dengan ekosistem lainnya. Sementara tombol aplikasi dan kontrol akan muncul saat diperlukan dan akan hilang ketika sudah tidak diperlukan, sehingga dapat mengurangi kompleksitas visual dan memungkinkan pengguna fokus pada konten.

Pusat Kontrol di Big Sur ini memungkinkan pengguna mengakses pengaturan yang terkait dengan mode DND, tampilan, keyboard, dan kecerahan dengan cepat. Kemudian Pusat Pemberitahuan yang diperbarui juga sudah menampilkan lebih banyak informasi dengan pemberitahuan interaktif dan widget baru.

Safari

Apple juga menghadirkan pembaruan besar untuk aplikasi Safari lewat OS Big Sur ini. Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California ini mengklaim bahwa versi terbaru peramban ini mampu memuat situs yang sering dikunjungi lebih cepat 50 persen daripada Google Chrome.

Di perangkat Mac dengan chip M1, Safari mampu 1,5 kali lebih cepat dalam menjalankan JavaScript dan 2 kali lebih responsif dari versi sebelumnya.

Safari di MacTampilan Safari di MacOS Big Sur. (Foto: Tagar/GSM Arena)

Safari versi terbaru ini juga akhir mendukung YouTube dan Netflix dalam resolusi 4K HDR. Kemudian peralihan tab juga diklaim lebih cepat dan lebih efisien dengan pratinjau halaman saat mengarahkan kursor ke tab dan menampilkan favicon secara default. Tidak hanya itu, halaman awal Safari juga dapat disesuaikan dan terjemahan di dalam peramban ini sudah mendukung tujuh bahasa.

Privasi

Pembaruan juga hadir untuk Laporan Privasi, dimana update di Big Sur ini mampu memberikan gambaran singkat tentang pelacak. Nantinya akan ada pemantauan kata sandi jika ada pelanggaran data dan memberi tahunya kepada pengguna jika kata sandi telah disusupi.

Pesan

Kemudian juga ada pembaruan pada aplikasi Pesan yang kini bisa menyematkan percakapan ke atas, serta mesin pencari yang diperbarui untuk membantu pengguna menemukan tautan, foto, dan istilah cocok dengan cepat. Selain itu, pengguna juga dapat menambahkan efek ke pesan, seperti balon dan confetti, serta membuat Memoji di Mac dan mendapatkan stiker Memoji yang dibuat secara otomatis.

Aplikasi Pesan di MacTampilan aplikasi Pesan di MacOS Big Sur. (Foto: Tagar/GSM Arena)

Balasan sebaris sekarang ini menjadi sesuatu yang bary di dalam pesan grup. Seperti halnya mengirim pesan ke seseorang, kini mengirim pesan ke grup hanya dengan mengetikan nama mereka.

Peta

Peta di perangkat Mac dengan OS Big Sur kini terlihat lebih baik dan dapat memberikan Panduan dari merek yang pengguna percayai. Kemudian pembaruan peta ini memungkinkan pengguna membuat panduan khusus untuk tempat favorit.

Peta interior yang dibuat mendetail dapat membantu pengguna dalam menavigasi ke bandara dan pusat perbelanjaan. Pembaruan Big Sur ini, untuk pertama kalinya membawa rute sepeda dan kendaraan listrik yang dapat dikirim ke iPhone pengguna untuk dibawa saat bepergian.

Rosetta 2 yang berjalan di Big Sur ini memungkinkan aplikasi di Mac M1 dapat berjalan dengan mulus. Pengembang aplikasi juga dapat melihat aplikasi yang menuntut grafis bagus, berjalan dengan mulus secara native di Intel Mac dengan grafis terintegrasi.Software Rosetta 2 yang berjalan di Big Sur ini memungkinkan aplikasi di Mac M1 dapat berjalan dengan mulus. Pengembang aplikasi juga dapat melihat aplikasi yang menuntut grafis bagus, berjalan dengan mulus secara native di Intel Mac dengan grafis terintegrasi.

Pengembang juga dapat membuat dan memilih aplikasi iPhone dan iPad garapan mereka agar dapat tersedia di Mac. Apple berharap sebagian besar pengembang dapat segera memperbarui aplikasi Mac mereka ke binari Universal 2, agar memiliki dukungan asli untuk Intel dan M1.[]

Berita terkait
Apple Rilis MacBook Air dan Pro Pertama dengan Chip M1
Hadir dengan chip terbaru garapan Apple, yakni M1, laptop ini menjadi perangkat MacBook pertama yang tidak menggunakan prosesor Intel.
Spesifikasi dan Harga MacBook Air 2020
Apple resmi meluncurkan MacBook Air 2020. Dalam versi terbaru, laptop ini hadir dengan pembaruan beberapa fiturnya.
Chipset Apple A16 akan Tiba pada 2022
Chipset Apple A16 akan mulai diproduksi pada proses 3nm dan diperkirakan diluncurkan pada 2022.
0
MacOS Big Sur Kini Sudah Tersedia untuk Perangkat MacBook
Big Sur membawa desain baru yang lebih segar dan juga ada beberapa peningkatan pada Safari, Pesan, Peta, dan Privasi.