Apple Rilis MacBook Air dan Pro Pertama dengan Chip M1

Hadir dengan chip terbaru garapan Apple, yakni M1, laptop ini menjadi perangkat MacBook pertama yang tidak menggunakan prosesor Intel.
MacBook Air 2020 dengan chip M1. (Foto: Tagar/The Verge)

Jakarta - Apple resmi merilis perangkat MacBook Air dan MacBook Pro dalam acara bertajuk 'One More Thing' yang digelar secara daring, Rabu, 11 November 2020. Hadir dengan chip terbaru garapan Apple, yakni M1,  laptop ini menjadi perangkat MacBook pertama yang tidak menggunakan prosesor Intel.

Apple dengan Intel memang telah menjalin kerja sama cukup lama dalam memasok chip untuk perangkat MacBook generasi sebelumnya. Kini seluruh perangkat laptop garapan raksasa teknologi asal AS ini akan dipersenjatai CPU berbasis ARM hasil garapan Apple.

Secara keseluruhan, chip M1 ini diklaim memiliki kecepatan CPU hingga 3,5 kali lipat, kecepatan GPU 6,5 kali lipat, machine learning (ML) 15 kali lipat, dan daya tahan baterai yang 2 kali lipat lebih hemat dari generasi sebelumnya.

"Sejauh ini, M1 adalah chip paling tangguh yang pernah kami buat. Dikombinasikan dengan MacOS Big Sur, chip ini mampu menawarkan performa, daya tahan baterai, dan akses software serta aplikasi yang lebih menakjubkan dari sebelumnya," kata CEO Apple Tim Cook, dalam acara peluncuran.

MacBook Air

MacBook Air terbaru ini masih memiliki desain yang hampir sama dengan generasi sebelumnya, punya dimensi 11,97 x 8,36 x 0,16-0,63 inci. Kemudian laptop ini menampilkan layar Retina berukuran 13,3 inci dengan resolusi 2560 x 1600 piksel.

Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan Magic Keyboard khas Apple dan memiliki varian memori 8 GB dan 16 GB serta penyimpanan hingga 256 GB/512GB dan 2 TB. MacBook Air ini memiliki Touch ID dan sudah mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0.

MacBook Air 2020MacBook Air 2020 dengan chip M1. (Foto: Tagar/Apple)

Pengisian daya pada laptop ini menggunakan dua port thunderbolt dengan USB 4. Tidak ketinggalan lubang jack audio yang disematkan pada sisi bodi laptop.

Pada MacBook Air baru ini disematkan webcam beresolusi 720 piksel, masih sama dengan seri sebelumnya. Namun chip M1 yang digunakan pada laptop ini diklaim mampu mengurangi tingkat kebisingan, jangkauan dinamis, white balance otomatis, dan deteksi wajah.

MacBook Pro 13 Inci

Selain meluncurkan MacBook Air baru, dalam kesempatan yang sama Apple juga merilis MacBook Pro baru yang menjalankan prosesor yang sama dengan MacBook Air. Laptop baru ini hadir dengan ukuran layar 13 inci.

MacBook Pro 13 inci hadir dengan baterai berkapasitas 58,2 Watt-hour yang diklaim mampu bertahan hingga 17 untuk digunakan browsing dan 20 jam untuk memutar video. Pada laptop ini, Apple telah meningkatkan kualitas webcam dan mikrofon yang dinilai lebih baik dari seri pendahulunya.

MacBook Pro 13 inci 2020MacBook Pro 13 inci 2020 dengan chip M1.

MacBook Pro terbaru ini tersedia dalam dua varian RAM, yakni 8 GB dan 16 GB yang dikawinkan dengan SSD 256 GB hingga 2 TB. Laptop ini sudah dilengkapi dengan dua port Thunderbolt atau USB 4 dan Touch ID.

Harga MacBook Air dan MacBook Pro 13 Inci 2020

Untuk urusan harga, MacBook Air 2020 dengan chip M1 ini dipasarkan dengan banderol 999 dolar AS atau sekitar Rp 14 juta. Kemudian untuk MacBook Pro 13 inci dibanderol dengan harga 1.299 dolar AS atau sekitar Rp 18,3 juta.[]

Berita terkait
Apple MacBook Pro Hadir dengan Keyboard Baru
Apple meluncurkan versi terbaru MacBook Pro dengan keyboard yang telah diperbarui.
Apple Juga Mau Bikin iPad dan Macbook Murah
Apple dikabarkan akan memproduksi iPad dan Macbook harga murah. Sebelumnya, Apple juga dikabarkan akan memproduksi iPhone dengan harga terjangkau.
Spesifikasi dan Harga Apple MacBook Pro 2020
Apple MacBook Pro 2020 akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia dengan segala keunggulan yang ditawarkan. Berikut spesifikasi dan harganya.
0
Ma'ruf Amin: Pancasila Hadir Menjadi Titik Temu Kata Sepakat
Wakil Presiden Maruf Amin mengatakan bahwa Pancasila merupakan titik temu kata sepakat dan menyatukan berbagai perbedaan antara suku bangsa.