UNTUK INDONESIA
Macam Rupa Gelas Minuman Bir Terkenal di Jerman
Gelas untuk tempat bir di Jerman tidak sembarangan karena disesuaikan dengan jenis dan merek bir yang dipesan
Silakan pilih …. (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Di Jerman hampir setiap minuman bir mempunyai gelas masing-masing. Kalau Anda memesan bir, kemungkinan besar gelasnya disesuaikan dengan bir dan mereknya. Ingin tahu gelas mana untuk bir apa, dan mengapa?‎ Berikut ini laporan tentang gelas bir yang dirangkum Lori Herber di dw.com/id.

Silakan pilihSilakan pilih …. (Foto: dw.com/id)

Silakan pilih …. Bukan rahasia lagi kalau Jerman jagonya bir. Tapi bagaimana cara yang tepat menikmatinya? Setiap gelas disesuaikan dengan karakter bir tertentu. Seringnya disesuaikan dengan busa bir. Contohnya, pilsner. Seorang pembuat bir mengatakan ketebalan busa pils dan bentuknya yang seperti kerucut membantu menjaga aroma, sehingga tidak perlu gelas kecil‎ untuk mempertahankan kesegaran.

Kebanggaan KölnKebanggaan Köln (Foto: dw.com/id)

Kebanggaan Köln. Sekilas menyerupai bidal, namun bagi pembuat bir Kölsch, gelas 20 cl ini penting untuk memelihara kesegaran. Intinya, Kölsch hanya bisa dibuat di atau dekat Köln. Pelayan kedai bir biasanya membawa 'mahkota' bundar penuh gelas Kölsch, dan otomatis memberi gelas penuh yang baru begitu gelas di meja sudah kosong - kecuali pengunjung menaruh tatakan di atas gelas kosong.

utamakan kesegaranUtamakan Kesegaran (Foto: dw.com/id)

Utamakan Kesegaran. Seperti saingan mereka di sepanjang Rhein, ‎warga Düsseldorf punya sejenis bir bernama 'Altbier.' Gelas Altbier juga 20 cl namun lebih pendek dan lebih lebar dari gelas Kölsch. "Karena fermentasi Altbier dekat ke permukaan cairan, rasanya akan cepat hambar kalau pakai gelas besar," kata pembuatnya. "Dengan gelas yang tepat, Altbier memberi aroma dan membentuk busa yang padat."

minuman hiasMinuman Hias (Foto: dw.com/id)

Minuman Hias. "Gelas pilsner semakin mendekati moncongnya semakin mengecil, dengan harapan aroma hopnya tidak menusuk hidung," ujar seorang pembuat bir dari Essen. "Ini memperkaya rasa bir." Gelas pils umumnya menyerupai silinder, tapi ada juga yang seperti bentuk tulip (foto). Alasnya sekedar ornamen dan tidak mempengaruhi rasa.

satu literSatu Liter Keberanian (Foto: dw.com/id)

Satu Liter Keberanian. Bir Oktoberfest atau bir 'pirang' disajikan dalam cangkir bir Bayern, atau 1 liter Maß, takaran bir di Jerman. Awalnya terbuat dari tanah liat, cangkir kokoh ini sengaja dibuat untuk melewati tumbukan gelas-gelas lain setiap kali bersulang. Berat kosong setiap gelas mencapai lebih dari 1 kg, jadi bayangkan otot yang akan terbentuk dari mengangkat gelas ini. Prost!

ruang busaRuang bagi Busa (Foto: dw.com/id)

Ruang bagi Busa. Gelas Hefeweizen atau bir gandum umumnya tinggi dan montok. Akibat kandungan karbondioksida yang tinggi, sehingga busa bir naik ke moncong gelas, Hefeweizen harus dituang ke dalam gelas secara perlahan. Diameter gelas sengaja membesar menuju moncong untuk menampung busa dan aroma seperti bunga. Gelas ini sesuai untuk botol setengah liter yang biasanya berisi Hefeweizen.

merah atau hijauMerah atau Hijau? (Foto: dw.com/id)

Merah atau Hijau? Bahkan pasukan Napoleon bersulang untuk 'sampanye dari utara' ini. Fermentasi khusus dengan bakteri asam laktat memberi karakter Berliner Weisse yang berbuih dan rasanya yang unik, acapkali dilengkapi dengan seloki sirup frambos atau woodruff. Gelas berbentuk piala yang berat ini dibuat untuk mempertahankan lapisan busa yang berkilau.

bir di atasBir di Atas Alas (Foto: dw.com/id)

Bir di Atas Alas. Menurut pembuat bir hitam Schwarzbier, setiap detail gelas khas berbentuk piala ini merayakan pengalaman minum bir. "Bentuknya, ketebalan gelas, pemrosesan tepian gelas - semuanya menekankan profil rasa." Berkat moncong gelas yang lebar, aroma kastanye, coklat dan roti segar tercium hidung. Bentuk gelas juga memelihara karbonasi, dan mendorong untuk minum secara perlahan.

dari bonnDari Bonn dengan Cinta (Foto: dw.com/id)

Dari Bonn dengan Cinta. Ketika minum Bönnsch, Anda juga bisa menyentuh mahakarya kecil yang terinspirasi oleh desainer Luigi Colani, ujar sang pembuat bir. Bönnsch adalah sebuah versi Kölsch yang tidak tersaring, diberi nama sesuai lokasi pembuatannya, Bonn. Meski tak meningkatkan rasa bir, "gelas ini lebih populer dari birnya," jelas pemilik pabrik bir sembari tertawa, terutama di antara turis yang mencari suvenir unik (dw.com/id). []

Berita terkait
Jerman Larang Kedatangan Au Pair di Masa Pandemi
Keluarga muda di Jerman menghadapi masalah karena program au pair ditunda yang disebabkan oleh pandemi virus corona
0
Macam Rupa Gelas Minuman Bir Terkenal di Jerman
Gelas untuk tempat bir di Jerman tidak sembarangan karena disesuaikan dengan jenis dan merek bir yang dipesan