UNTUK INDONESIA
Luwu Timur Diguncang Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 2.9
Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 2.9. Namun tidak berpotensi tsunami.
Ilustrasi - Gempa Bumi. (Foto: Antara/DOK. ANTARA)

Malili - Wilayah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 2.9. Episenter gempa  bumi terletak koordinat 2.69 LS dan 121.32 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 20 Km Timur Kecamatan Malili pada kedalaman 7 km.

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Soroako yang berdekatan dengan pusat episenter," kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, Kamis, 23 Juli 2020.

Kepada masyarakat di imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Darmawan menambahkan bahwa gempa bumi ini dirasakan II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang) di Soroako Luwu Timur. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Kepada masyarakat di imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Darmawan minta masyarakat untuk tetap waspada dan tidak terpengaruh dengan berita atau informasi yang kebenarannya bukan berasal dari BMKG secara resmi. []

Berita terkait
Gempa 4,2 Magnitudo Guncang Takengon, Aceh
Gempa tektonik berkekuatan 4,2 magnitudo menguncang wilayah Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh pada Rabu, 22 Juli 2020.
Gempa Bantul 5.2 Magnitudo Dirasakan hingga Pacitan
Gempa berkekuatan 5.2 magnitudo mengguncang 105 kilometer sebelah barat daya Bantul, pada Senin dini hari, 13 Juli 2020, dirasakan hingga Pacitan.
Rentetan Gempa Waspada Indikasi Gempa Lebih Besar
Meskipun rentetan gempa yang terjadi pada 7 Juli 2020 berbeda sumbernya tapi saling berdekatan lokasinya, patut diwaspadai timbul gempa lebih besar
0
Luwu Timur Diguncang Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 2.9
Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 2.9. Namun tidak berpotensi tsunami.