UNTUK INDONESIA

Lokasi Wisata Hiu di Deli Serdang Minim Fasilitas Prokes

Lokasi wisata untuk warga Medan dan Deli Serdang padat dan ramai, namun belum sepenuhnya sediakan fasilitas protokol kesehatan.
Di penghujung libur Nataru Minggu, 3 Januari 2021, pengunjung menyaksikan ikan Hiu yang ada di wahana di Kabupaten Deli Serdang. (Foto: Tagar/Andi Nasution).

Medan - Salah satu lokasi wisata untuk mengisi hari libur warga Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang adalah di Central Park Zoo & Resort. Sayangnya lokasi yang padat ramai ini belum sepenuhnya sediakan fasilitas protokol kesehatan (prokes).

Yang membuat lokasi wisata yang berada di Jalan Jamin Ginting, Kabupaten Deli Serdang tersebut ramai, karena warga bisa secara langsung menyaksikan ikan Hiu dari dekat yang hanya dibatasi kaca.

Hal ini disebut-sebut menjadi yang pertama di Sumut. Selain bisa menyaksikan ikan hiu dari jarak dekat, di sana pengunjung pun bisa melihat langsung dan memberi makan berbagai aneka satwa, seperti Harimau Sumatra, singa, kuda, rusa, beruang, orang utan, buaya hingga aneka hewan jenis unggas.

Baca juga: Bandara Kualanamu Perketat Prokes Jelang Natal dan Tahun Baru

Pengelola wisata juga menyediakan wahana pemandian dengan air yang cukup bersih, baik untuk kategori dewasa maupun anak-anak. Museum satwa, serta menyediakan penginapan keluarga dengan tarif cukup terjangkau.

Kuda di Deli SerdangPengunjung melihat dari dekat satwa jenis Kuda yang ada di Central Park Zoo & Resort Deli Serdang. (Foto: Tagar/Andi Nasution)

Banyaknya warga yang menghabiskan hari libur di tempat ini, sempat membuat terabaikannya jaga jarak fisik (physical distancing) yang menjadi protokol kesehatan dalam upaya mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

Iya, sempat ada sabun cuci tangannya yang habis, terpaksa keliling di wahana itu hanya untuk nyari wastafel yang sabunnya tersedia

Tempat cuci tangan memang tersedia di beberapa titik di lokasi itu. Namun sabun yang seharusnya tersedia, tetapi di beberapa titik sudah habis.

Sari, warga Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang yang mengisi waktu libur bersama keluarganya di wahana tersebut mengaku cukup puas dengan hiburan yang tersedia di tempat itu.

Baca juga: Menko PMK: Patuhi Prokes, Vaksin Bukan Senjata Pamungkas

"Biayanya cukup terjangkau. Hanya dengan bayar tiket masuk, kami sudah bisa menikmati semua mulai dari wahana air, melihat, dan memberi makan aneka satwa, mengunjungi museum dan menyaksikan ikan Hiu yang mungkin baru ini ada di Sumut ya," ujarnya, Minggu, 3 Januari 2020.

Dia juga menyarankan kepada pengelola agar lebih memperhatikan ketersediaan fasilitas dalam penerapan protokol kesehatan.

"Iya, sempat ada sabun cuci tangannya yang habis, terpaksa keliling di wahana itu hanya untuk nyari wastafel yang sabunnya tersedia," tuturnya. []

Berita terkait
Habisi Nyawa Remaja Deli Serdang, Anggota Geng Motor Ditangkap
Polrestabes Medan ringkus pelaku penganiayaan atau pengeroyokan yang menyebabkan seorang remaja tewas.
Remaja Deli Serdang Gantung Diri, Tulis Maaf di Story WA
Remaja di Deli Serdang, Sumut, mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Sebelumnya dia menuliskan permohonan maaf di history WhatsApp.
Gubsu Saksikan Kapolda Serahkan Mafia Tanah di Deli Serdang
Dua mantan kades di Kabupaten Deli Serdang, Sumut, ditetapkan sebagai tersangka mafia tanah pembangunan sport center.
0
Lokasi Wisata Hiu di Deli Serdang Minim Fasilitas Prokes
Lokasi wisata untuk warga Medan dan Deli Serdang padat dan ramai, namun belum sepenuhnya sediakan fasilitas protokol kesehatan.