Indonesia
Liverpool Siapkan Dinasti Klopp di Anfield
Manajer Juergen Klopp bakal membangun sebuah dinasti di Anfield bila menerima kontrak jangka panjang dari Liverpool.
Manajer Juergen Klopp bakal membangun sebuah dinasti di Anfield bila menerima kontrak jangka panjang dari Liverpool. Klopp akan mengikuti jejak manajer legendaris, Bill Shankly dan Bob Paisley, yang pernah lama mengarsiteki The Reds. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Liverpool sudah kadung percaya kepada manajer Juergen Klopp. Meski baru memberi satu trofi selama empat tahun di Anfield, Liverpool segera mengikat Klopp dengan kontrak berdurasi yang lama. Klopp pun bakal membangun dinasti baru di Anfield. 

Liverpool berambisi mengembalikan kejayaan seperti era Bill Shankly (1959-1974) dan Bob Paisley (1974-1983). Di era itu, The Reds tidak hanya menguasai Liga Inggris tetapi juga berjaya di Eropa. 

Sukses itu yang menjadikan Liverpool dikukuhkan sebagai tim terbesar di Inggris abad 20. Pengukuhan klub yang sudah enam kali memenangi Liga Champions sebagai yang terbesar dilakukan sebelum pergantian milenium. 

Keberhasilan Klopp memberi trofi Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 menjadikan petinggi klub berniat memperpanjang kontraknya. Meski kontrak manajer berusia 51 itu masih tiga tahun lagi, namun Liverpool tak ingin kehilangan Klopp yang sudah pasti menjadi buruan klub-klub besar Eropa.

Saat pemain mengangkat Juergen ke udara setelah kemenangan di Liga Champions, mereka seperti mewakili keinginan fan Liverpool. Dia sosok yang dicintai oleh siapa pun yang sangat menghargai sepak bola

Selama empat tahun, Klopp tidak hanya membangun skuat tetapi filosofi bermain ofensif yang atraktif. Filosofi bermain yang tidak takut kebobolan karena mereka bakal lebih banyak membobol gawang lawan. 

Musim ini, Liverpool tidak hanya sukses di Liga Champions tetapi juga nyaris meraih trofi Liga Premier Inggris. Sayangnya Liverpool hanya menjadi runner up di bawah Manchester City. Mereka terpaut satu poin saja dari City. 

Mengikuti Pawai

Menariknya, pembahasan soal kontrak baru Klopp justru dilakukan para petinggi klub saat mengikuti pawai tim saat tiba dari Madrid. Menurut Daily Telegraph, para direktur Grup Fenway Sports bersama eksekutif dan petinggi klub tidak segan berpawai untuk merayakan suka cita bersama suporter. Di dalam bus mereka menggelar pertemuan penting yang membahas kontrak baru Klopp. Dan, semua yang berada di bus menyetujui keputusan itu. 

Tidak disebutkan durasi tambahan kontrak manajer asal Jerman ini. Yang jelas, gajinya dinaikkan yang semula 7 juta poundsterling atau Rp 125,9 miliar setiap tahun menjadi 10 juta poundsterling atau Rp 179 miliar setiap tahun. 

Dengan kontrak panjang yang disiapkan Liverpool, Klopp bakal membangun dinasti baru di Anfield. Setelah era Shankly dan Paisley, Liverpool tak pernah lagi memberikan kontrak panjang kepada manajer. Hanya Kenny Dalglish dan Rafael Benitez yang sempat menangani Liverpool selama enam musim. Mereka menjadi manajer terlama setelah era duo Shankly dan Paisley. 

Kini, Klopp mendapat kesempatan mengikuti jejak dua manajer legendaris Liverpool. Terutama bila dirinya mampu memenuhi target memberi trofi bagi klub. 

Pimpinan klub, Tom Werner mengungkapkan rencana memperpanjang kontrak Klopp karena dirinya sudah menjadi sosok harapan Liverpool. 

"Saat pemain mengangkat Juergen ke udara setelah kemenangan di Liga Champions, mereka seperti mewakili keinginan fan Liverpool. Dia sosok yang dicintai oleh siapa pun yang sangat menghargai sepak bola. Juergen sosok pelatih brilian," kata Werner. 

"Tetapi yang terutama adalah dia sosok yang rendah hati dan peduli. Dia menjadi sosok yang bahagia karena dia tahu betapa itu sangat berarti bagi suporter kami," pungkasnya. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Ephorus HKBP: Mengasihi Bukan Hanya kepada Seagama
Ephorus HKBP yang tiba di kompleks gereja disambut alim ulama, tokoh Betawi dan para pemuda Betawi yang merupakan warga daerah sekitar gereja.