Listyo Diminta Berkomitmen Islam Tidak Identik dengan Radikalisme

Wakil Ketua Komisi III Pangeran Khairul Saleh berharap calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo berkomitmen Islam tidak identik dengan radikalisme.
Komjen Listyo Sigit Prabowo saat ikuti fit and proper test di Komisi III DPR RI, Rabu, 20 Januari 2021. (Foto: Tagar/YouTube)

Jakarta - Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Pangeran Khairul Saleh berharap calon Kepala Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkomitmen bahwa Islam tidak identik dengan radikalisme.

"14 bulan lalu dalam fit dan proper test Idham Aziz menyatakan bahwa Islam tidak identik dengan tindakan terorisme dan radikalisme," ujar Pangeran Khairul Saleh dari Fraksi PAN, Rabu, 20 Januari 2021 dalam fit and proper test calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo juga pernah menyatakan hal yang sama, bahwa Islam tidak indentik dengan radikalisme.

Komjen Listyo Sigit dikenal dekat dengan ulama dan tokoh agama semasa menjabat Kepala Polda Banten

"Ini sebenarnya harapan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo agar berkomitmen bahwa Islam tidak identik dengan radikalisme," kata anggota DPR RI dari Dapil Kalimantan Selatan I ini.

Anggota DPR RI lainnya, Desmond Junaidi Mahesa berharap agar Komjen Listyo Sigit Prabowo tetap mampu menjaga dan menjalin komunikasi yang baik dengan para ulama, tokoh agama dan stakeholder lainnya seperti saat menjabat Kepala Polda Banten.

Baca juga: 

"Komjen Listyo Sigit dikenal dekat dengan ulama dan tokoh agama semasa menjabat Kepala Polda Banten. Dan ini kita harapkan bisa terus dijaga setelah menjabat Kepala Polri," tuturnya.

Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo diketahui tengah menjalani fit and proper test oleh Komisi III DPR RI.

Komjen Listyo Sigit menjadi calon tunggal setelah namanya diusulkan oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Polisi Idham Aziz yang akan pensiun. []

Berita terkait
Antar Komjen Sigit ke DPR, Kapolri: Ini Tradisi dan Pembelajaran
Jenderal Idham Azis turut antar calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo jalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR
Jalani Fit and Proper Test, Ini Rencana Sigit Ketika Jadi Kapolri
Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test sebagai calon Kapolri di hadapan Komisi III DPR RI
Komisi III DPR Terima Makalah Cakapolri Komjen Listyo
Komisi III DPR menerima makalah calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk digunakan saat fit and propert test nanti.
0
Stigma Anak Yatim Piatu Covid Mendera Ribuan Anak di India
Ribuan anak di India kehilangan orang tuanya akibat pandemi Covid-19, mereka diterpa stigma “Anak Yatim Piatu Covid”