UNTUK INDONESIA
Lionel Messi Gagal Lagi, Brasil ke Final
Brasil melaju ke final Copa America 2019 setelah menyingkirkan Argentina di semifinal. Di laga itu, Brasil menang 2-0.
Pemain Brasil merayakan gol di pertandingan melawan Argentina di semifinal Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Rabu 3 Juli 2019 pagi WIB. Brasil melaju ke final setelah menang 2-0. (Foto: trome.pe)

Jakarta - Kapten Argentina Lionel Messi kembali gagal meraih trofi bersama tim nasional. Di ajang Copa America 2019, langkah Argentina menuju final dihentikan tuan rumah Brasil. Dalam duel di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Rabu 3 Juli 2019 pagi WIB, Brasil menang 2-0 atas Argentina.

Kemenangan yang sangat berarti karena membantu Brasil menghapus memori buruk saat bertanding di Mineirao. Pasalnya di stadion itu pula, Brasil dibantai habis-habisan 1-7 oleh Jerman di semifinal Piala Dunia 2014. Kekalahan besar yang menghantui tim Brasil. 

Kini, pelatih Tite setidaknya bisa mengantarkan Brasil memulihkan kepercayaan diri setelah mengalahkan Argentina, rival abadi di Amerika Selatan. Kemenangan itu juga memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka atas Argentina di lima pertemuan di Copa America (1995, 1999, 2004, 2007 and 2019).

Apalagi kemenangan itu mengantarkan Selecao melaju ke laga puncak menghadapi Chile atau Peru. Ini untuk pertama kali sejak 2007 Brasil baru bisa melangkah ke pertandingan final. 

Mereka juga berambisi meraih trofi untuk kesembilan kali. Menariknya, Brasil selalu menjadi juara setiap kali bertindak sebagai tuan rumah. Sebelumnya, mereka sudah empat kali menjadi tuan rumah dan sekali mengakhirinya dengan mengangkat trofi. 

Sebaliknya, harapan Argentina melaju ke final untuk merengkuh trofi kembali pupus. Pada dua edisi terakhir, 2015 dan 2016, Argentina selalu kandas di final setelah dikalahkan lawan sama, Chile, lewat adu penalti. 

Keinginan Messi membawa Argentina meraih titel juara pun kembali gagal. Dengan usianya yang sudah 32, kapten Barcelona ini kemungkinan besar menutup kariernya di timnas tanpa trofi sama sekali. 

Kontras dengan pencapaian Messi di Barca. Dirinya membawa Barca meraih gelar La Liga Spanyol 10 kali dan Liga Champions empat kali. Total trofi yang diraih sepanjang karier Messi mencapai 34. Ini belum termasuk penghargaan individu. 

Menunjukkan Dominasi

Di pertandingan itu, Brasil mampu menunjukkan dominasinya. Mereka memberi tekanan kepada pertahanan Argentina sejak menit pertama. 

Hanya, Canarinho baru bisa membobol gawang lawan di menit 19. Gol tersebut diciptakan pemain depan Manchester City Gabriel Jesus melalui melalui kolaborasi dengan striker Liverpool Roberto Firmino. 

Tertinggal 0-1, Argentina mulai memberi tekanan. Tercatat striker Sergio Aguero yang nyaris membobol gawang Brasil yang dikawal Alisson. Sundulan pemain City yang memanfaatkan umpan silang Messi masih membentur tiang gawang. 

Demikian pula peluang kedua Aguero dan Messi juga masih gagal. Sampai akhir babak pertama, skor 1-0 untuk Brasil. 

Di babak kedua, Argentina mengambil inisiatif menyerang. Hanya tekanan mereka selalu kandas di barisan pertahanan juara dunia lima kali ini yang mengandalkan duo bek tengah Paris Saint-Germain, Thiago Silva dan Marquinhos. 

Peluang terbaik Argentina diperoleh Messi saat melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang tendangan kaki kirinya masih membentur tiang gawang. Begitu pula dua tendangan bebas dia masih juga gagal. 

Saat Argentina fokus menyerang, Brasil justru mampu menambah gol di menit 71. Gol juga tercipta lewat kolaborasi dua pemain Liga Premier Inggris, Liverpool dan City, 

Kali ini, Firmino yang menaklukkan kiper Franco Armani untuk membobol gawang Argentina. Berawal dari aksi individu Gabriel yang melakukan penetrasi ke kotak penalti merusak pertahanan La Albiceleste

Dalam posisi dikawal pemain Argentina, dia kemudian melepaskan bola silang yang disambut Firmino. Tanpa kesulitan, Firmino yang sama sekali tidak mendapat pengawalan mencetak gol kedua Brasil. 

Gol itu yang langsung membuat mental pemain Argentina runtuh. Mereka sudah tak berdaya. Terbukti mereka tak bisa mengejar ketinggalannya. Brasil pun mengakhiri laga dengan skor 2-0.  

Susunan pemain:

Brasil (4-2-3-1): 
Alisson-Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro, Arthur, Casemiro, Gabriel Jesus, Philippe Coutinho, Everton, Roberto Firmino

Gol: Gabriel Jesus 13', Roberto Firmino 71'

Argentina (4-3-3): Franco Armani-Juan Foyth, German Pezzella, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Marcos Acuna, Lionel Messi, Lautaro Martinez, Sergio Aguero

Gol: - []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Man United Gagal Menang, Lallana Selamatkan Liverpool
Manchester United kembali gagal menang setelah ditahan Liverpool 1-1 di laga Liga Premier Inggris di Old Trafford, Minggu 21 Oktober 2019.