UNTUK INDONESIA
Brasil vs Argentina, Susunan Pemain dan Prediksi
Brasil sedikit diunggulkan saat menghadapi lawan tangguh Argentina di semifinal Copa America 2019, Rabu, 3 Juli 2019 pagi WIB.
Bintang Argentina Lionel Messi (kiri) dan Sergio Aguero saat menjalani latihan menjelang melawan Argentina di semifinal Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Rabu 3 Juli 2019 pagi WIB.

Jakarta - Brasil bertemu lawan tangguh. Argentina yang menjadi lawan di semifinal Copa America 2019 jelas tak bisa diremehkan. Keduanya merupakan rival bebuyutan di Amerika Selatan. Pemenang di laga besar di Mineirao, Rabu 3 Juli 2019, diyakini bakal keluar sebagai juara di Copa America. 

Perjalanan Brasil tidak sepenuhnya mulus meski tak terkalahkan sejak penyisihan grup. Penampilan Selecao masih labil. Setelah membantai Peru 5-0 di laga terakhir grup, Brasil justru mengalami kesulitan saat menghadapi Paraguay di perempat final. Mereka harus menyingkirkan lawan lewat adu penalti. 

Pelatih Tite berharap tim mencapai performa terbaik di laga melawan Argentina. Apalagi dia bisa menurunkan skuat terbaik. Hanya Richarlison yang sempat cedera sehingga absen melawan Paraguay. Meski sudah pulih, namun pelatih Tite tetap memilih Gabriel Jesus sebagai starter di laga semifinal. Apalagi, pemain depan Manchester City ini menunjukkan performa terbaik. 

Di laga ini, Tite kembali menggelar formasi 4-2-3-1 dengan kiper Liverpool Alisson masih berdiri di bawah mistar. Duo Paris Saint-Germain, Thiago Silva dan Marquinhos kembali menempati posisi sebagai bek tengah. Sedangkan Dani Alves dan Alex Sandro akan menjadi full-backs. Sandro menggantikan Filipe Luis yang cedera. 

Posisi gelandang bertahan ditempati Casemiro yang kembali dimainkan menggantikan Allan. Dia bahu-membahu dengan Arthur yang memang tak tergantikan. 

Sedangkan Philippe Coutinho akan bebas berkreasi di belakang Roberto Firmino sebagai ujung tombak tunggal. Firminho juga ditopang Gabriel Jesus di kanan dan Everton di kiri. 

Performa Terbaik

Argentina sesungguhnya belum menunjukkan performa terbaik. Hanya penampilan La Albiceleste menunjukkan grafik yang makin menanjak. Ini terlihat saat mereka menaklukkan Qatar di laga terakhir penyisihan grup dan kemudian mengalahkan Venezuela di perempat final. Di dua pertandingan itu, Argentina sama-sama menang 2-0. 

Pelatih Lionel Scaloni akan memakai formasi 4-1-2-1-2 yang bisa langsung berubah menjadi 4-4-2 berlian seperti yang digunakan di pertandingan sebelumnya. Posisi bek kanan kembali menjadi milik Juan Foyth yang tampil impresif. Pemain Tottenham Hotspur ini menyingkirkan Renzo Saravia yang sebelumnya menjadi pilihan pertama.

Di posisi bek tengah, Scaloni tetap mengandalkan German Pezzella dan Nicolas Otamendi. Sedangkan Nicolas Tagliafico akan lebih sering naik ke depan. Pemain berusia 26 ini bisa menjadi kreator permainan Argentina saat melawan Brasil. 

Penampilan stabil gelandang bertahan Leandro Paredes menjadikan dia sebagai pilihan pertama. Dia akan menahan gelombang serangan Brasil dan akan berhadapan langsung dengan Coutinho. Paredes juga menjadi penghubung Messi yang bermain di belakang duet striker, Sergio Aguero dan Lautaro Martinez. 

Gelandang Giovani Lo Celso dan Rodrigo De Paul akan bermain di sayap. Mereka diharapkan bisa menopang serangan melalui umpan-umpan silang yang diselesaikan Aguero dan Martinez. Penetrasi ke kotak penalti juga diharapkan dari dua pemain tersebut. 

Argentina sesungguhnya sedikit di atas angin karena performa yang kian menanjak. Sebaliknya, Brasil malah mengalami penurunan saat memasuki babak knockout

Hanya, Brasil yang menjadi tuan rumah tetap diunggulkan. Namun Selecao tipis diunggulkan bursa. Pasalnya, bursa nge-voor Argentina setengah (1/2). Skor ketat bakal terjadi karena kedua tim memiliki kekuatan berimbang. 

Dari 109 pertemuan dua raksasa Amerika Selatan ini, Brasil masih unggul karena mampu 45 kali menang. Sedangkan Argentina menang 39 kali. Sisanya berakhir imbang. Pada empat pertemuan terakhir di ajang Copa America, Brasil selalu mengungguli Argentina.

Namun bukan perkara mudah bagi Brasil meladeni Argentina. Meski diunggulkan dan Argentina yang di-voor, tetapi mereka berpeluang menyingkirkan tuan rumah

Prakiraan Susunan Pemain
Brasil (4-2-3-1):
Alisson-Alves, Silva, Marquinhos, Alex Sandro; Arthur, Casemiro; Jesus, Coutinho, Everton; Firmino

Argentina (4-1-2-1-2): Armani-Foyth, Pezzella, Otamendi, Tagliafico; Paredes; De Paul, Lo Celso; Messi; Martinez, Aguero

Bursa

Brasil vs Argentina 0:1/2 (tips Argentina)

Baca juga: 

Berita terkait
0
Gaya Rambut Kaesang Pangarep Saat Pelantikan Jokowi
Poni lempar ala Kaesang Pangarep mencuri perhatian publik hingga membuat gagal fokus saat pelantikan Presiden.