UNTUK INDONESIA
Lima Ulama Jabar di Kirim ke Inggris untuk Dakwah
Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengirimkan lima ulama muda asal Jawa Barat ke Inggris pada November 2019 dengan membawa misi kampanye Islam
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Foto: Tagar/Humas Pemprov Jabar)

Bandung - Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengirimkan lima ulama muda asal Jawa Barat ke Inggris pada November 2019 dengan membawa misi kampanye Islam yang damai ke berbagai penjuru dunia.

“Bulan November kami akan mengirimkan lima ulama muda ke Eropa untuk dakwah, hasil dari program English for Ulama. Sebelumnya, ada 30 ulama asal berbagai daerah di Jabar yang telah diberikan pelatihan Bahasa Inggris selama tahap pertama program ini.

Menurut Kang Emil, nantinya lima ulama asal Jabar ini akan berdakwah di berbagai komunitas atau lembaaga yang ada di Inggris dalam rangka menyampaikan Islam yang damai dan Islam yang  rahmatan lil 'alamin.

“Program English for Ulama ini didasari oleh pemikiran perlunya para ulama di Indonesia terlibat dalam kampanye Islam damai ke berbagai penjuru dunia. Karena, para ulama di Tanah Air jarang menjadi pembicara di forum internasional,” kata dia.

Kang Emil bercerita saat masih menjadi Wali Kota Bandung, dirinya selalu ditanya setiap seminar atau konferensi internasional yang dihadirinya tidak ada pendakwah dari Indonesia. Sehingga yang mewakili Islam selalu dari Timur Tengah. Padahal, Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim paling besar di dunia.

“Melalui program English for Ulama ini, berharap kemampuan berbahasa para ulama khususnya asal Jawa Barat meningkat. Sehingga tidak terjadi kasus kesalahpahaman atau miskomunikasi,” ujar dia.

Oleh karena itu, dirinya berharap dan meminta para ulama untuk mempelajari empat bahasa. Pertama, Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan,  Bahasa Sunda sebagai bahasa budaya dan Bahasa Arab untuk memahami Qur’an dan Hadist dan Bahasa Inggris sebagai bahasa pergaulan internasional.

“Harapannya, suatu saat ulama asal Tanah Pasundan ini bisa menjadi pembawa perdamaian di dunia,” harap dia.

Baca juga:

Berita terkait
Tiga Kader PPP Sukses Jadi Anggota DPRD Jawa Barat
Pepep Saepul Hidayat, Ruhiyat Nugraha, dan Neng Madinah Ruhiat. Tiga kader PPP sukses jadi anggota DPRD Jawa Barat. Ini rekam jejak mereka.
Mantan Kopassus Dipastikan Pimpin DPRD Jawa Barat
Taufik Hidayat dipastikan menjadi Ketua DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 setelah ditunjuk langusng oleh Prabowo.
Cerita Korwil Bara JP Tentang Mahasiswa Papua di Jawa
Korwil Bara JP Papua, Willem Frans Ansanay, bercerita mengenai kondisi para mahasiswa Papua yang belajar di kota-kota besar di Jawa.
0
Perwal Medan Lawan Covid, Warga Wajib Pakai Masker
Peraturan Wali Kota Karantina Kesehatan dalam rangka memutus Covid- 2019 di Kota Medan resmi diberlakukan.