Lima Tentara India Tewas dalam Baku Tembak di Kashmir

Pihak berwenang India laporkan lima tentaranya telah tewas dalam baku tembak sengit dengan gerilyawan di wilayah Kashmir
Tentara India tampak mengecek isi tas dari seorang pria Kashmir yang berjalan melewati area pasar yang sibuk di Srinagar pada 11 Oktober 2021 (Foto: voaindonesia.com - AP/Mukhtar Khan)

Jakarta – Pihak berwenang India melaporkan bahwa lima tentaranya telah tewas dalam baku tembak sengit dengan gerilyawan yang berperang melawan pemerintahan negara tersebut di wilayah Kashmir pada Senin, 11 Oktober 2021. Kekerasan di wilayah sengketa itu meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Polisi dan tentara mengepung daerah berhutan di Surankote, Kashmir selatan, menyusul laporan intelijen bahwa terdapat kelompok militan di area tersebut,” kata Letkol Devender Anand, Juru Bicara Tentara India.

Sementara pasukan melancarkan operasi pencarian, gerilyawan melepas rentetan tembakan, melukai seorang perwira militer dan empat tentara lainnya, kata Anand. Mereka lalu dievakuasi ke fasilitas medis terdekat namun akhirnya nyawa kelimanya tak dapat tertolong, ia menambahkan.

Anand juga melaporkan bahwa pihaknya telah mengirim pasuka tentara dan polisi tambahan ke daerah tersebut dikarenakan pertempuran masih berlangsung.

letak khasmirLetak geografis Khasmir antara India dan Pakistan (Foto: warsintheworld.com)

Kelompok pemberontak sedniri hingga saat ini belum merilis pernyataan apapun.

India dan Pakistan mengklaim keseluruhan wilayah Kashmir yang terbagi. Sebagian besar Muslim Kashmir mendukung tujuan pemberontak untuk menyatukan wilayah itu, baik di bawah pemerintahan Pakistan atau sebagai negara merdeka. Puluhan ribu warga sipil, pemberontak dan pasukan pemerintah telah meregang nyawa dalam konflik yang meletus sejak 1989 itu (ka/lt)/Associated Press/voaindonesia.com. []

India Mengerahkan Tentara Perempuan ke Kashmir

Bikin Film Dokumenter Kashmir, Wartawan Prancis Ditangkap di India

India dan Pakistan Kembali Kontak Senjata di Kashmir

Presiden Pakistan Bergabung dalam Unjuk Rasa Soal Kashmir

Berita terkait
India Mengerahkan Tentara Perempuan ke Kashmir
Tentara perempuan dikirim pemerintah India ke Kashmir untuk pertama kalinya pada bulan Mei 2021
0
Lima Tentara India Tewas dalam Baku Tembak di Kashmir
Pihak berwenang India laporkan lima tentaranya telah tewas dalam baku tembak sengit dengan gerilyawan di wilayah Kashmir