UNTUK INDONESIA
Lima Penyakit 'Lansia' ini Bisa Jangkiti Anak Muda
Ada beberapa penyakit yang biasa diidentikkan lansia namun dapat menyerang anak muda bahkan anak-anak.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/Silvia Rita)

Jakarta - Ada beberapa penyakit yang timbul seiring perjalanan usia. Bahkan tidak jarang beberapa penyakit diidentikkan dengan orang lanjut usia (lansia). Namun, ternyata penyakit yang identik dengan lansia tersebut juga diidap orang berusia muda, bahkan anak-anak.

Berikut Tagar rangkum 5 penyakit lansia yang dapat menjangkit orang muda dan anak-anak.

AlzheimerIlustrasi. (Foto: Pixabay/Tumisu)

1. Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit yang membuat pengidapnya mengalami penurunan daya ingat atau pikun. Penyakit yang biasa diidentikan dengan lansia tersebut ternyata memiliki kemungkinan menyerang orang berusia muda bahkan anak-anak.

Menurut dr. Allert Benedicto dikutip dari Alodokter, alzheimer mungkin diidap orang berusia muda karena penyebabnya tidak mengenal usia, yakni faktor keturunan (genetik) dan adanya penumpukan protein di otak (amiloid). 

Diabetes MelitusObesitas menyebabkan sel-sel di tubuh menjadi tidak sensitif terhadap insulin, akhirnya menyebabkan diabetes. (Foto: Pixabay)

2. Diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit yang membuat tubuh tidak mampu memproduksi insulin untuk mengatur metabolisme dari karbohidrat yang masuk. Akibatnya, luka yang terjadi dalam tubuh cenderung tidak pulih, bahkan membusuk.

Penyakit ini dapat menyerang orang muda bahkan anak-anak karena penyebabnya tidak mengenal usia, yakni kemampuan tubuh memproduksi insulin. Maka, meski masih muda namun merasa mudah lapar, haus, dan berat badan menurun, bisa jadi Anda terkena diabetes melitus, khususnya tipe 1.

OtakIlustrasi - Otak. (Foto: Pixabay)

3. Strok

Strok merupakan penyakit yang menyebabkan sebagian otak rusak sehingga tubuh mengalami kelumpuhan. Strok acapkali diidentikkan dengan orang-orang berusia lanjut. Namun, ternyata strok juga dapat menjangkit orang muda.

Dikutip dari hellosehat, ada beberapa gejala strok yang menjangkit anak muda, yaitu nyeri kepala berat, kebingungan, perubahan pengelihatan, kesulitan bicara, hingga mengalami kesulitan menyeimbangkan tubuh.

HerpesBibir yang melepuh karena herpes simpleks. (Foto: Wikipedia)

4. Herpes

Herpes merupakan penyakit yang menyerang mulut dan alat kelamin melepuh. Penyakit ini ternyata bisa menyerang anak muda, baik laki-laki maupun perempuan.

Baca juga: Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia

Penularan melalui hubungan seksual dari orang yang terkena herpes dan menjangkiti orang tanpa mengenal usia. Maka dari itu, menggunakan alat kontrasepsi dan membatasi hubungan pra-nikah dapat mencegah penularan herpes.

Asam UratIlustrasi asam urat. (Foto: Pixabay/cnick)

5. Asam Urat

Asam Urat merupakan penyakit yang sering dikaitkan dengan orang tua atau lansia. Namun, penyakit yang membuat nyeri dan pembengkakan pada sendi tersebut dapat menyerang anak muda.

Sering mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan alkohol dapat memicu terjadinya asam urat. []



Berita terkait
Tujuh Penyakit Ini Bisa Diobati dengan Ganja
Daftar penyakit yang bisa diobati dengan ganja. Bagaimana tingkat kesembuhannya? Kenapa Indonesia tidak melegalkan ganja untuk obat?
Perilaku Rasis adalah Penyakit Mental
Rasisme merupakan suatu tindakan yang dapat merusak hubungan baik antarmanusia. Psikolog memasukkan rasis ke dalam penyakit mental.
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
0
Rusuh di Penajam Pasir Utara Berawal dari Penganiayaan
Kerusuhan yang terjadi karena dipicu kejadian penikaman pada Rabu, 9 Oktober 2019 lalu. Namun kemudian dikaitkan dengan konflik suku.