Lima Obat Alami untuk Sembuhkan Wasir

Wasir atau ambience salah satu penyakit yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, Tagar bagikan beberapa obat alami mengatasinya.
Perut (Foto: Pixabay/derneuemann).

Jakarta - Ambeien atau wasir disebabkan oleh peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus. Pembengkakan ini terjadi karena adanya tekanan di bagian bawah rektum dan anus.

Nah, ada beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya tekanan tersebut, antara lain diare, obesitas, kehamilan, atau kurang asupan makanan berserat.

Biasanya wasir akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari atau minggu. Namun, tetap saja memerlukan pengobatan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan juga mencegah agar tidak kambuh.

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati wasir. Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber.

1. Mengompres dengan Es Batu

Mengompres menggunakan es batu salah satu cara yang efektif untuk meredakan nyeri dan pembengkakan wasir. 

Caranya, bungkus es terlebih dahulu dengan kain bersih, lalu kompres bagian anus yang terasa sakit selama 15 menit.

2. Berendam dengan Air hangat

Merendam area anus dengan air hangat bisa membantu meredakan berbagai keluhan akibat wasir, seperti gatal, iritasi, dan nyeri pada anus. 

Caranya, duduk di bak mandi berisi air hangat, kemudian berendam selama 20 menit. Setelah itu, keringkan daerah anus dengan lembut menggunakan handuk bersih. Agar terasa khasiatnya, lakukan cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

3. Lidah buaya

Lidah buaya salah satu tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya sebagai obat wasir alami.

Tanaman ini dapat mengurangi peradangan dan meringankan rasa perih atau gatal pada anus. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu pemulihan saat mengalami luka karena wasir.

Caranya, bisa menggunakan krim atau gel yang mengandung ekstrak lidah buaya atau langsung mengoleskan lidah buaya yang dihaluskan pada bagian yang mengalami pembengkakan akibat ambeien. Lakukan sebanyak 2-3 kali sehari, sampai dirasa membaik.

4. Witch Hazel

Witch hazel salah satu jenis tanaman herbal yang dianggap bisa mengatasi wasir. Tanaman ini dapat mengurangi rasa gatal, perih, dan nyeri.

Witch hazel mengandung tanin dan minyak alami yang bisa membantu mengurangi peradangan, iritasi, dan pembengkakan pada anus. 

Biasanya tersedia dalam bentuk salep atau krim yang mengandung ekstrak witch hazel.

5. Minyak Mineral dan Essential Oil

Ada banyak pilihan minyak mineral dan essential oil yang dapat digunakan sebagai obat alami wasir. Salah satu contohnya adalah minyak kelapa, minyak vitamin E, petroleum jelly, serta minyak esensial yang mengandung chamomile, ekstrak kacang almond, dan minyak ikan.

Beberapa macam minyak tersebut berfungsi untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ambeien. Selain itu, dapat berfungsi sebagai pelembap yang dapat mengurangi keluhan gatal dan perih akibat iritasi kulit pada anus. []

Berita terkait
Sensasi Mandi Kembang untuk Kesehatan
Mandi kembang yang identik dengan hal yang berbau mistis ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa saja?
10 Buah Bikin Perut Langsing
Memiliki perut buncit terkadang membuat rasa percaya diri ambyar seketika. Nah, untuk mengatasinya bisa konsumsi buah-buahan berikut ini.
Manfaat Melakukan Jeda Saat Latihan Fisik
Latihan fisik yang terlalu diporsir sangat mempengaruhi kekuatan otot. Untuk itu diperlukan jeda agar otor-otot tubuh bisa pulih.
0
Massa SPK Minta Anies dan Bank DKI Diperiksa Soal Formula E
Mereka menggelar aksi teaterikal dengan menyeret pelaku korupsi bertopeng tikus dan difasilitasi karpet merah didepan KPK.