Lima Manfaat Ampas Teh untuk Tampil Cantik

Manfaatkan khasiat ampas teh, jika ingin tampil cantik alami. Berikut ulasannya.
Ilustrasi Ampas Teh. (Foto: Pixabay/naive_eye)

Jakarta - Ampas teh biasanya selalu dibuang begitu saja, karena tidak banyak yang mengetahui fungsi dari bahan bekas pakai itu. Padahal, tanpa disadari ampas teh itu memiliki banyak manfaat, khususnya untuk kecantikan. 

Berikut Tagar rangkumkan manfaat ampas teh yang bisa digunakan untuk perawatan kecantikan. 

1. Mengatasi Jerawat

Teh hijau memiliki zat katekin yang berfungsi melawan bakteri penyebab jerawat dan anti bakteri. Bukan hanya itu saja, kandungannya tersebut juga mampu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan mengurangi kemerahan, serta peradangan yang disebabkan oleh jerawat. 

Jangan khawatir, tak perlu proses yang lama untuk mengaplikasikan ampas teh tersebut. Langkah-langkahnya juga sangat mudah dan praktis, seperti berikut:

  • Ambil ampas teh dari satu atau dua kantong teh dan basahi dengan air hangat
  • Campurkan ampas teh itu dengan madu atau gel lidah buaya
  • Oleskan campuran itu pada area wajah yang rawan jerawat
  • Diamkan masker tersebut selama 10 hingga 20 menit
  • Bilaslah dengan air hangat. Lakukanlah setiap dua kali seminggu

2. Cegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang ada di dalam teh memiliki manfaat untuk meremajakan kulit dan mencegah radikal bebas, kulit kendur, kerusakan akibat sinar matahari, flek hitam. Sehingga, dapat mencegah penuaan dini dan kerutan di wajah. 

Caranya:

  • Campurkan 3 sendok makan yoghurt tawar, satu sendok makan ampas teh hijau, dan secuil bubuk kunyit dalam suatu wadah. 
  • Lalu oleskan secara merata pada wajah dan leher
  • Biarkan selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat. Kemudian, gunakan masker tersebut setiap satu atau dua kali seminggu

3. Mengatasi Kantong Mata atau Mata Panda

Persoalan ini tentu disebabkan akibat kurang tidur, kurang minum air putih, atau terlalu lama bekerja di depan komputer, dan lain sebagainya. Jangan khawatir, dengan memanfaatkan ampas teh, kantong mata/mata panda bisa teratasi dengan baik. 

Caranya juga sangat mudah dan sederhana, hanya cukup dengan mencelupkan ampas teh ke dalam air es, atau menaruhnya ke dalam kulkas hingga dingin. 

Kemudian, kompreskan ampas teh yang dingin itu ke area kelopak mata dan biarkan beberapa menit saja. Lalu, ulangi langkah tersebut sampai kantung mata Anda secara lambat laun memudar.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Ampas teh mampu mengangkat sel kulit mati karena ada kandungan antioksidan di dalamnya. Bahkan, juga bisa menghilangkan minyak berlebih dan kotoran di wajah yang memicu timbulnya jerawat tersebut. 

Caranya:

  • Sediakan ampas teh dan biarkan hingga mengering
  • Aplikasikan ampas teh tersebut ke wajah sembari memberikan efek pijatan, seperti saat menggunakan scrub
  • Bilas wajah hingga bersih dan gunakan pelembab. Lakukan langkah-langkah ini setiap dua minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. 

5. Mengencangkan Kulit

Jika ingin mengencangkan kulit secara alami, disarankan pergunakanlah ampas teh sebagai masker wajah. Dengan cara yang sederhana itu, Anda akan terlihat awet muda. 

Langkah pertama, siapkan ampas teh dan balurkan ke wajah secara merata. Kemudian, diamkan semalaman agar kandungan yang ada di dalam teh bisa meresap ke kulit. Selanjutnya, saat di pagi hari, bersihkan masker itu dengan air hangat. 

Pergunakan cara sederhana ini untuk mendapatkan perawatan kecantikan alami, tanpa efek samping yang bisa merusak tekstur kulit wajah. []

Baca juga:

Berita terkait
5 Manfaat Masker Spirulina untuk Kecantikan
Masker Spirulina berasal dari rumput laut yang bisa dikonsumsi. Seperti apakah masker tersebut dan apa manfaatnya?
Tips Kecantikan dan Tubuh Ideal Ala Kiki Fatmala
Berikut Tagar rangkumkan tips menjaga kecantikan dan bentuk tubuh ideal ala Kiki Fatmala.
Manfaat Ganja untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes, ganja untuk perawatan kulit dan rambut.
0
Ditemukan 215 Kerangka Anak-anak Penduduk Asli di Kanada
PM Kanada sebut penemuan lebih dari 200 kerangka anak-anak yang dikubur di bekas sekolah asrama penduduk asli bukan insiden terpisah