UNTUK INDONESIA
Lima Kuliner Medan Menggugah Selera
Medan terkenal dengan keunikannya. Selain memiliki panorama alam yang indah, banyak kuliner khas yang bakalan mengugah selera.
Soto Sinar Pagi. (Foto: goodindonesianfood)

Jakarta - Medan terkenal dengan keunikannya, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini dihuni penduduk dari beragam etnis menjadikannya menarik untuk ditelusuri. 

Selain memiliki panorama alam yang indah, kota di Sumatera Utara Indonesia itu juga terkenal dengan makanan yang enak.

Nah, buat yang berencana berlibur ke Medan, Tagar rangkumkan wisata kuliner mulai dari yang sudah melegenda hingga yang kekinian.

1. Sate Memeng

Sate MemengSate Memeng. (Foto: travelingyuk)

Salah satu sate terenak yang mencuri perhatian adalah Sate Memeng. Kedai ini berada di Jalan Irian Barat No.2, Medan. 

Disajikan aneka sate mulai dari ayam, kambing, lembu hingga jeroan disediakan. Saat memesan, bisa memilih sate campur dengan pilihan bumbu kacang, kecap atau sate padang.

Sate Memeng sudah berdiri sejak masa kemerdekaan. Kesan legendaris membuat tidak sedikit wisatawan yang tertarik untuk menyambanginya.

Perpaduan daging yang empuk dengan bumbu menjadi perpaduan yang apik di lidah. Apalagi jika disantap saat masih hangat. 

Untuk satu porsi terdiri dari 5 tusuk dan satu buah lontong. Seporsi Sate Memeng dibandrol dengan harga Rp 25.000.

2. Soto Sinar Pagi

Soto Sinar PagiSoto Sinar Pagi. (Foto: goodindonesianfood)

RM Sinar Pagi salah satu rumah makan legendaris di Medan, Sumatera Utara. Pertama kali dirintis oleh Zulkarnaen sekitar 50 tahun yang lalu. Awalnya, ia tidak hanya menjual soto, ada banyak menu makanan lain. 

Zulkarnaen sempat berpindah lokasi, bahkan pernah jualan keliling. Sampai pada akhirnya berhasil menemukan resep soto medan yang kini dikenal. 

Konon, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Miss Universe sudah pernah mencicipi kenikmatan Soto Sinar Pagi.

Kuah sotonya cukup kental dan berwarna kekuningan. Rasa rempah pada kuah cukup tebal, langsung terasa ketika disuapkan ke dalam mulut. Penggunaan rempah semakin membuat cita rasa menjadi segar.

Untuk pilihan jenis soto, ada beragam mulai dari soto ayam, soto daging, babat, paru, atau soto campur. Buat penggemar pedas, jangan lupa untuk menambahkan sambal kecap, cita rasanya semakin kuat.

Seporsi Soto Medan ditemani sepiring nasi putih bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 28.000.

3. Lontong Kak Lin

Lontong Kak LinLontong Kak Lin. (Foto: crazfood)

Warung Lontong Kak Lin berada di Jalan Cik Ditiro Medan. Menu Lontong sudah menjadi andalan sejak 20 tahun silam di Kota Medan. 

Presiden SBY dan pejabat Kota Medan seperti Walikota Medan serta beberapa pejabat pernah menyambangi tempat makan yang menyediakan makanan khas Indonesia itu.

Menu yang disediakan Warung Kak Lin di antaranya adalah Lontong sayur, lontong pecal, lontong mie, lontong tahu goreng serta beberapa jenis olahan lontong lainnya dengan kisaran harga antara 10 sampai 20 ribu rupiah per porsi.

4. Seafood Jalan Wajir

Seafood Jalan WajirSeafood Jalan Wajir. (Foto: crazfood)

Jika mencari tempat makan seafood di Medan, bisa mencoba kuliner di Seafood Jalan Wajir. Kedai ini berada di Jalan, Kolonel Sugiono, Medan, Sumatera Utara. 

Wajir Seafood menawarkan masakan khusus seafood dengan service yang berkualitas. Selain itu, tetap menjaga cita rasa dari menu seafood yang disediakan. 

Beberapa menu yang menjadi best seller, yaitu Cumi Telur Asin, Ikan Steam Tiociu, Udang Goreng Telur Asin, Kangkung Belacan Seafood, dan Belut Cabai Hijau. 

Di antara sekian banyak menu andalan Wajir Seafood, yang paling digemari para pelancong adalah Belut Cabai Hijau. Masakan ini menjadi top menu karena rasa belut segar, yang digoreng dan dibalur dengan telur, disiram dengan kuah cabai hijau segar.

Harga yang ditawarkan rata-rata mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 30.000 per menu. Wajir Seafood mulai buka dari pukul 16.30 hingga pukul 23.00 WIB setiap harinya, khusus pada hari Sabtu, buka mulai pukul 11.00 siang.

5. Sop Sumsum Langsa

Sop Sumsum LangsaSop Sumsum Langsa. (Foto: TriAdvisor)

Sop Sumsum Langsa sudah eksis sejak tahun 1990an, dan dirintis oleh H. Lukmanul Hakim. Awalnya,berdiri di jalan Yos Sudarso, lalu mengembangkan sayapnya ke Jalan Setiabudi dan terakhir di Jalan Perpustakaan. Ketiga cabang itu semua ada di Kota Medan. 

Untuk menjaga kualitas dari Sop yang disajikan, Sop Sumsum Langsa mengusung tagline "Cita dan Rasa tersendiri dari Langsa Aceh Nanggroe Darusalam". 

Kenikmatan kuah sop dihasilkan dari tangan dingin sang pemilik, dengan mengandalkan resep yang telah diwariskan secara turun temurun. 

Harga yang ditawarkan kedai Sop Sumsum Langsa bervariasi mulai dari 21 ribu rupiah sampai dengan 38 ribu rupiah. Bagi yang tidak biasa makan sumsum, bisa memilih menu lain yang tersedia, seperti Sop Buntut, daging, urat, babat, dan paru. []

Berita terkait
Kenali Kuliner Khas Kota Kelahiran Surya Paloh di Aceh
Kota Kelahiran Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh di Banda Aceh banyak kuliner khasnya, apa sajakah itu?
Balut dan 4 Kuliner Ekstrim Bikin Geli Sebelum Dimakan
Banyak yang tak mengira di berbagai belahan dunia masih ada kuliner yang terlihat ekstrem, apakah jenis makanan itu?
Lima Kuliner Jakarta Kaki Lima untuk Akhir Pekan
Tidak sedikit orang Jakarta menikmati makanan kaki lima sembari berkumpul dan ngobrol untuk menghabiskan waktu akhir pekan.
0
Bagasi Motor Pelaku Bom Medan Berisi Peluru Kaliber
Brimob Polda Sumatera Utara mengamankan sepeda motor pelaku bom bunuh diri di Medan, ditemukan selongsong peluru kaliber 22.