Lima Komika Stand Up Comedy Favorit Uus

Kepada Tagar, Rizky Firdaus Wijaksana alias Uus menyebut lima nama komika stand up comedy yang menjadi idolanya:
Rizky Firdaus Wijaksana alias Uus. (Foto: Gading Marten)

Jakarta - Nama Rizky Firdaus Wijaksana alias Uus dikenal publik sebagai komedian tunggal alias komika stand up comedy yang merambah dunia pertelevisian sebagai presenter, pemain sketsa komedi dan aktor di kancah perfilman. Belakangan, pria bertubuh atletis ini juga turut aktif sebagai konten kreator video YouTube.

Uus mengawali karier di dunia hiburan Tanah Air sewaktu mengikuti kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di stasiun televisi Kompas TV. Pria kelahiran Bandung pada 23 Desember 1990 ini, kerap menggunakan metode word play alias permainan kata dalam pertunjukan komedinya.

Uus juga pernah menggelar pertunjukan spesial stand up comedy yang diberi tajuk Uus Selalu Salah yang dihelat pada 8 Juli 2008. Kala itu, ia memboyong musisi folks Jason Ranti serta rekan sesama komedian, yakni Dicky Diffie dan Vikri Rasta sebagai penampil pembuka.

Berkarier di kancah komedi tunggal, Uus mengaku memiliki sejumlah komika stand up comedy yang menjadi favoritnya.

Kepada Tagar, ayah dari Eiichiro D. Lucky Namberwan Wijaksana ini menyebut lima nama komedian yang menjadi idolanya:

Dave ChappelleKomika Stand Up Comedy, Dave Chappelle. (Foto: The New York Time)

1. Dave Chappelle

Pelawak tunggal asal Amerika Serikat ini lahir di di Washington D.C, 47 tahun silam. Selain dikenal sebagai komedian, Ia juga merupakan seorang aktor, penulis, dan produser film.

Karier Dave Chappelle dimulai saat dia masih di sekolah menengah di Duke Ellington School of the Arts di Washington D.C untuk belajar seni teater. Pada usia 14 tahun, ia mulai melakukan stand up comedy di klub malam.

Pada usia 19 tahun, Chappelle membuat debut filmnya di Robin Hood: Men in Tights (1993). Chappelle kemudian membintangi sitkom berumur pendek, Buddies (1996) dan memiliki peran utama dalam The Nutty Professor (1996).

Sebagai seorang komedian profesional dia pernah meraih beberapa penghargaan, yaitu dua Emmy Award dan dua Grammy Award untuk kategori Album Komedi Terbaik.

Pemilik nama asli David Khari Webber Chappelle ini dijuluki sebagai "komika jenius Amerika" oleh Majalah Esquire pada tahun 2006.

Tahun 2013, ia kembali mendapat julukan, yaitu "yang terbaik" oleh penulis Billboard. Kemudian 2017, Rolling Stone memberinya tempat di peringkat 9 dalam daftar 50 Komika Lawak Tunggal Terbaik Sepanjang Masa.

Thomas SeguraKomika stand up comedy, Thomas Segura. (Foto: Instagram/seguratom)

2. Thomas Segura

Thomas Segura Jr. adalah seorang stand up comedian, penulis, aktor, dan podcaster. Pria asal Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat ini memulai kariernya sebagai seorang komedian ketika lulus dari Universitas Lenoir-Rhyne, Hickory, Carolina Utara.

Host podcast Your Mom’s House ini pernah tampil di Festival Komedi Internasional Melbourne, Festival Komedi Global di Vancouver, dan Festival Komedi Just For Laughs. Ia juga menjadi finalis regional San Francisco di Last Comic Standing 2.

Ia juga sudah banyak bermain film, di antaranya Frank Advice, 9 Inches, The People’s Mayor, I Need You to Kill, Instant Family, Count Down, dan The Opening Act.

Selain itu ia membuat album komedi spesialnya, yaitu Thrilled, White Girls with Cornrows, Completely Normal, Mostly Stories, Disgraceful, dan Ball Hog.

Anthony JesselnikKomika stand up comedy, Anthony Jesselnik. (Foto: Instagram/anthony_jeselnik/tagged)

3. Anthony Jesselnik

Anthony Jesselnik merupakan seorang komedian, penulis, aktor, dan produser kelahiran Pittsburgh, Pennsylvania pada tahun 1978. Sebagai seorang komedian, sedari kecil ia sudah gemar membuat orang lain tertawa.

Pembawa acara Comedy Central Presents pada 2009 ini merilis album debutnya yang kemudian mendapat pujian kritis Shakespeare pada tahun 2010.

Jesselnik mulai menulis untuk Comedy Central Roasts dan naik menjadi penampil pada tahun 2011. Dia terus tampil di Roasts Charlie Sheen dan Roseanne Barr pada tahun 2012.

Sampai akhirnya ia membawakan serial Comedy Central-nya sendiri selama dua musim, The Jeselnik Offensive, dan merilis album keduanya komedinya, Caligula.

Stand up spesial keduanya, Thoughts and Prayers, ditayangkan perdana pada Oktober 2015 di Netflix. Jeselnik juga sempat membintangi musim pertama podcast NFL Media The Rosenthal & Jeselnik Vanity Project (atau RJVP ) bersama sahabat Gregg Rosenthal.

Jo KoyKomika stand up comedy, Jo Koy. (Foto: Instagram/jokoy)

4. Jo Koy

Pemilik nama lahir Joseph Glenn Herbert adalah pelawak keturunan Filipina, Eropa, dan Amerika. Dia sering menjadi panelis di E! Late Night Show. Sejak saat itu, ia memiliki sejumlah acara spesial Comedy Central dan Netflix .

Pada 2017, Koy memecahkan rekor tiket terbanyak yang terjual dengan 23.000 tiket dan 11 pertunjukan habis di The Neal S. Blaisdell Concert Hall di Honolulu. Ia kemudian melanjutkan rekornya dengan menjadi satu-satunya komedian yang menjual 6 pertunjukan di The Warfield di San Francisco.

Jo Koy juga sukses memecahkan rekor kehadiran di Club Regent Event Center di Winnipeg dengan 4 pertunjukan yang terjual habis. Pada tahun 2019, ia menjual 5 pertunjukan di San Diego Civic Theatre, pertunjukan yang paling banyak terjual secara berturut-turut untuk seorang komedian.

Koy baru-baru ini menjadi satu-satunya komedian yang menjual 17.000+ tiket, lebih dari 30 pertunjukan (dalam satu tahun) di Brea Improv.

Dia dianugerahi penghargaan bergengsi "Stand-Up Comedian Of The Year" di Festival Komedi Just For Laughs 2018 di Montreal. Pada tahun 2019, Jo Koy berhasil mencapai urutan pertama di Billboard Charts untuk album stand-up comedy-nya, Live From Seattle.

Ronny ChiengKomika stand up comedy, Ronny Chieng. (Foto: Instagram/ronnychieng)

5. Ronny Chieng

Ronny Chieng adalah seorang stand up comedian dan aktor. Ia merupakan pelawak keturunan Tiongkok, Malaysia, dan Australia. Pria yang lahir November 1985 ini adalah koresponden senior di program satir berita The Daily Show. Program tersebut tayang di ABC Australia dan Comedy Central Asia pada 2017.

Ronny mulai melakukan pertunjukan komedi di Melbourne pada 2009. Sejak itu ia telah melakukan 4 tur teater komedi stand up global yang terjual habis di Australia, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Hong Kong, India, Kanada dan London.

Ia juga telah diundang ke Festival Komedi Just for Laughs di Montreal pada 2012, 2013, 2015, dan 2016.

Di luar kancah komedi, Ronny pernah bermain di sejumlah judul film, yaitu Problems, Legally Brown, It’s a Date, Crazy Rich Asians dan Super Simple Love Story.

Ia meraih sejumlah penghargaan komedinya di Festival Komedi Internasional Melbourne, pada 2012, yaitu sebagai Pendatang Baru Terbaik dan penghargaan pilihan direktur Melbourne di 2014, serta Pertunjukan Terbaik Festival Komedi Sydney 2014. []

(Christine Sheptiany)

Berita terkait
Lima Komedian Favorit Sammy Notaslimboy
Melalui wawancara eksklusif dengan Tagar, Sammy Notaslimboy menyebutkan lima nama komedian yang menjadi favoritnya.
Lima Komika Stand Up Comedy Favorit Adriano Qalbi
Adriano Qalbi merupakan seorang komedian tunggal atau komika stand up comedy, serta podcaster siniar populer di Indonesia.
Lima Komika Stand Up Comedy Favorit Pandji Pragiwaksono
Melalui wawancara eksklusif dengan Tagar, Pandji Pragiwaksono membeberkan lima nama komedian yang menjadi favoritnya.
0
Dugaan Penipuan Jumlah Tes Covid-19 di Jerman
Dugaan penipuan jumlah tes Covid-19 di Jerman meningkat, otoritas keseharan Jerman membahas mekanisme kontrol jumlah tes