Lima Komika Stand Up Comedy Favorit Pandji Pragiwaksono

Melalui wawancara eksklusif dengan Tagar, Pandji Pragiwaksono membeberkan lima nama komedian yang menjadi favoritnya.
Komika Stand Up Comedy Indonesia, Pandji Pragiwaksono (Foto: Instagram/pandji.pragiwaksono)

Jakarta - Nama Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo atau yang lebih dikenal dengan Pandji Pragiwaksono tentu tidak asing lagi bagi para pecinta sajian komedi, terutama Stand Up Comedy di Indonesia. Bahkan, artis multitalenta ini dijuluki Mr World Tour lantaran telah sukses menggelar pertunjukan stand up comedy spesial keliling dunia.

Pandji Pragiwaksono mengawali karier di kancah hiburan Tanah Air sebagai penyiar radio di Hard Rock Bandung bersama Tike Priatnakusumah. Setelahnya, ia pindah ke Jakarta dan melanjutkan pekerjaannya sebagai penyiar radio di Hard Rock Jakarta selama tiga tahun.

Selain menjadi penyiar radio, Pandji juga pernah menggarap beberapa bidang lain seperti menjadi pembawa acara reality show Kena Deh yang tayang di Trans7, pemandu acara siaran pertandingan NBA di JakTV, juga merilis album sebagai seorang rapper.

Di kancah hiphop, album pertama milik Pandji yang bertajuk Provocative Proactive, dirilis pada 2008 silam.

Tidak hanya sampai situ, Alumni ITB ini juga pernah bermain peran di beberapa film Indonesia. Salah satunya adalah Ayat-Ayat Cinta 2. Selain itu, menjadi penulis pun juga pernah dilakukannya. Sudah beberapa buku yang berhasil ia terbitkan, salah satunya berjudul Menemukan Indonesia.

Namanya semakin naik kala ia mulai bergabung dengan dunia lawakan tunggal atau lebih dikenal Stand Up Comedy. Pandji memulai kariernya sebagai pelawak tunggal pada 2010 silam. Ia bahkan merupakan salah satu pencetus gagasan digelarnya kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di Kompas TV.

Pada 2011 hingga 2015, ia menjadi pembawa acara di sana. Mulai dari 2016, ia naik jabatan menjadi juri di kompetisi tersebut.

Sebagai seorang komika, Pandji juga memiliki sosok komedian favorit yang menjadi inspirasinya. Melalui wawancara eksklusif dengan Tagar, pria kelahiran 1979 itu menyebutkan lima nama komedian yang menjadi favoritnya.

Chris RockKomika Stand Up Comedy dan aktor,  Chris Rock. (Foto: Instagram/chrisrock)

1. Chris Rock

Chris Rock menjadi nama pertama yang dipikirkan dan disebutkan oleh Pandji. Dia merasa bahwa komedian ini tidak hanya sekadar lucu, tetapi juga penuh dengan wawasan yang menyegarkan dan informasi baru untuknya.

"Nonton dia itu penuh dengan kebahagiaan karena habis ketawa tapi juga penuh dengan cakrawala pemikiran yang baru. Benar-benar bikin orang punya pemikiran baru, dan itu mengagumkan buat saya," kata Pandji kepada Tagar, pada Rabu, 2 Desember 2020.

Pandji menuturkan, Chris Rock juga menjadi salah satu sosok yang memperkenalkannya dengan dunia stand up comedy, serta mendorong lebih kuat keinginannya menjadi seorang komika.

Salah satu joke dari Chris Rock yang paling diingatnya adalah tentang Affirmative Action. Pandji mengaku bahwa sampai sekarang pun masih mengagumi sosok itu.

Dave ChappelleKomika Stand Up Comedy, Dave Chappelle. (Foto: The New York Time)

2. Dave Chappelle

Komedian kedua yang menjadi favorit Pandji adalah Dave Chappelle. Ayah dari Dipo dan Shira itu mengatakan bahwa ia sangat mengikuti pertunjukan Chappelle’s Show milik idolanya itu.

Sementara Dressed as a hoe (berpakaian seperti pelacur) adalah joke Chappelle yang paling diingat oleh suami dari penyanyi Gamila Arief ini.

"Dia (Dave Chappelle) lucu banget. Iya, tapi dia juga punya kemampuan untuk mengolah sesuatu yang sebenarnya berat jadi mudah untuk dikunyah sama yang nonton," kata Pandji.

Lebih lanjut, Pandji menuturkan bahwa ia sudah mengagumi Dave Chappelle dari Chappelle’s Show-nya yang berjudul For What It’s Worth.

Selain itu, ia juga merasa bahwa judul-judul pertunjukan tersebut yang lain seperti The Age of Spin, Deep in the Heart of Texas, dan Sticks & Stones sangat mengagumkan.

Andi Wijaya AwweKomika Stand Up Comedy dan aktor,  Andi Wijaya alias Awwe. (Foto: Instagram/awwe182)

3. Awwe

Andi Wijaya atau yang dikenal dengan Awwe merupakan satu-satunya komika asal Indonesia yang disebutkan oleh Pandji Pragiwaksono. Ia merasa bahwa komika ini punya kemampuan yang sama dengan Dave Chappelle.

"Awwe tuh punya kemampuan untuk ngomongin sesuatu yang sebenernya serius tapi jadi bukan hanya lucu tapi juga mudah untuk diolah. Saya punya keyakinan dia itu komedinya ada di level yang sangat ajaib di mana orang bisa terima di level pendidikan apa pun gitu," tutur Pandji.

Walaupun komedi bersifat segmented (tersegmen), Pandji merasa bahwa Awwe memiliki selera humor yang membuat lawakannya mudah untuk diterima oleh siapa pun. Ia merasa komika satu ini sangat brilian, mudah sekali melucukan apa saja di banyak situasi.

"Kalau misalkan lagi diskusi soal jokes gitu, kan kami satu manajemen. Di kantor tuh ada satu hari di mana kita duduk bareng terus kita sama-sama nulis bareng gitu. Dia tuh selalu lucu, paling lucu. He’s always the funniest person in the room (dia selalu menjadi orang terlucu di ruangan)."

Lawakan dari Awwe yang paling diingat dan disukai oleh Pandji adalah tentang orang Jepang banyak yang bunuh diri dan juga pidato presiden.

Louis C.KKomika Stand Up Comedy, Louis C.K. (Foto: The New York Times)

4. Louis C.K.

Nama keempat yang disebutkan Pandji adalah Louis C.K. Sutradara film Partikelir ini mengaku sangat mengagumi komedian asal Amerika Serikat itu karena selain lucu, ia juga mempunyai keberanian untuk membahas topik-topik yang tidak disentuh oleh orang lain juga tentang pemikirannya yang apa adanya.

"Gimana ya cara gambarinnya. Jadi kita kayak ngeliat sesuatu, gila ini orang kayak mengagumkan sekali pemikirannya. Dia apa adanya, mentah banget, terus udah gitu kayak gak dipikirin. Kayak wah kok dia bisa ya ngomong begitu," tutur Pandji.

Selain itu, Pandji juga mengagumi sosok ini karena etos kerjanya. Ia mengatakan bahwa Louis C.K. selalu membuang materinya setiap tahun.

Jadi, setelah dibuat show, ia buang akan benar-benar membuang materinya dan tidak menggunakannya lagi di penampilan-penampilannya yang lain dan memulai membuat lelucon baru lagi dari nol.

Sementara salah satu candaan dari komedian ini yang paling disukai Pandji adalah tentang tahun 2017.

Jerry Seinfeld

Komika Stand Up Comedy, Jerry Seinfeld. (Foto: Instagram/jerryseinfeld)


5. Jerry Seinfeld

Jerry Seinfeld menjadi nama terakhir dari lima komedian favorit Pandji. Pendiri platform Comica.id ini mengatakan bahwa ia belajar banyak tentang stand up comedy bukan hanya dari mempelajari cara idolanya itu melawak, tetapi juga dari opininya, pendapatnya, dan juga interview-nya.

Bahkan, Pandji mengaku bahwa tayangan interview komedian satu ini adalah yang paling sering ia cari di YouTube.

Salah satu joke dari Jerry Seinfeld yang paling disukainya adalah mengenai Left Handed People (orang dengan tangan kidal). Saking sukanya pada komedian ini, Pandji sampai mengimport bukunya karena belum masuk Indonesia. Buku tersebut berjudul Is This Anything?.

Selain itu, Pandji juga mengagumi Seinfeld karena etos kerjanya. Ia berkata bahwa Jerry memiliki sesuatu yang disebut dengan Seinfeld Chain atau rantai Seinfeld. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Gelar Konser Sederhana, Vikri Rasta Siap Garap Album Kedua
Vikri Rasta menggelar pertunjukan musik yang diberi tajuk Tutup Album Sederhana, sebagai penanda digarapnya abum kedua Vikri & My Magic Friends.
Majelis Lucu Indonesia Rilis Stand Up Show Tanpa Sensor
Majelis Lucu Indonesia (MLI) resmi merilis Digital Download video pertunjukan stand up comedy dari sejumlah komika Indonesia.
Sinopsis Film Pelukis Hantu, Aksi Horor Kocak Komika Indonesia
Film Pelukis Hantu membawa kisah komedi horor dan dibintangi banyak komika stand up comedy Indonesia.
0
Sejarah KUA, dari Lembaga Kepenghuluan Menjadi Kantor Urusan Agama
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, bahwa KUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kesejarahan Indonesia.