UNTUK INDONESIA

Lima Komika Stand Up Comedy Favorit Adriano Qalbi

Adriano Qalbi merupakan seorang komedian tunggal atau komika stand up comedy, serta podcaster siniar populer di Indonesia.
Ilustrasi Adriano Qalbi yang dikenal Bapak Podcast Indonesia. (sumber foto: Instagram/andrsakti/)

Jakarta - Nama Adriano Qalbi tentu sudah tidak asing di telinga para penikmat komedi Tanah Air. Ia dikenal dengan materi jokes yang sarkas sehingga membuat penikmatnya selalu berpikir dua kali dalam memandang kehidupan.

Adriano Qalbi merupakan seorang komedian tunggal atau komika stand up comedy di Tanah Air. Selain itu, ia juga dikenal sebagai salah satu pelopor industri podcast di Indonesia, hingga mendapat julukan Bapak Podcast Indonesia lantaran menjadi paling populer dari sekian banyak podcaster generasi awal.

Di kancah siniar, Adriano Qalbi mulai mengembangkan karyanya pada tahun 2016 lewat konten bernama Podcast Awal Minggu atau biasa disebut PAM, lewat platform berbagi audio Soundcloud. Kini, program rutin tersebut kian mendapat perhatian saat ditayangkan pula dalam format video di saluran YouTube Majelis Lucu Indonesia (MLI).

Sementara sepanjang kariernya di dunia komika, ia tercatat pernah melakukan dua buah pertunjukkan spesial, yakni Lo Pikir Lo Keren (2017) dan Tau Deh Yang Pinter (2019). Selain itu, sosoknya juga sempat muncul di film Bukaan 8, Love for Sale, dan Bridezilla.

Sebagai seorang komedian, Adriano Qalbi mempunyai sosok yang di idolakan dan menginspirasi. Dalam wawancara ekslusif bersama Tagar, mantan pemikir kreatif di rumah produksi film Visinema Pictures itu membeberkan komedian lima nama komedian favoritnya, yakni Bill Burr, Dave Chapelle, Louis Ck, Jerry Sienfeld, dan Ali Wong.

Dalam kesempatan wawancara yang sama, Adriano Qalbi juga membeberkan mengenai alasannya menyukai kelima sosok pesohor komedi tersebut.

"Suka karena stance yang diambil selalu tidak populer, tapi bisa meyakinkan penonton hingga setuju," kata Adri kepada Tagar, Rabu, 2 Desember 2020.

Adriano QalbiKomika stand up comedy dan konten kreator podcast, Adriano Qalbi. (Foto: Twitter/adrianoqalbi)

Dari sekian joke yang dilontarkan oleh komedian favoritnya itu, Adri juga mengaku masih menyimpan beberapa lelucon yang begitu membekas di kepalanya.

"Enggak semua tentara itu pahlawan, kalo yang bawa senapan itu pahlawan, kalo yang bawa jet itu pahlawan, tapi kalo yang markirin pesawat ya bukan," ujar Adri, menirukan joke dari Bill Burr.

"Gue takut sama polisi, karena rumah gue terlalu gede buat seorang african-american. Kalo dirampok dan gue telpon polisi, nanti polisinya kaget 'hah malingnya masih ada di sini, dan kenapa malingnya pajang pajang foto di sini ya?', tutur Adri menirukan lelucon dari idolanya itu.

Sementara untuk joke dari Ali Wong yang paling ia ingat, Adri juga membagikannya, yakni yang berbunyi, "Gue pernah enggak sengaja tidur sama gembel. Karena kota ini (San Fransisco) terlalu banyak hipster. Itu jenggot buat fashion apa emang enggak cukur sih?" tutur Adri.

Selain komedian dari luar negeri, Adriano Qalbi juga mengaku memiliki sejumlah komedian favorit dari kancah Stand up Comedy Indonesia, yakni Coki Pardede, Tretan Muslim, Pandji, dan Ryan Adriandhy. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Rilis Lagu Udut Kopi, Dodit Mulyanto Mantap Jadi Penyanyi
Pelawak tunggal Dodit Mulyanto menjajaki karier baru sebagai seorang penyanyi dengan merilis lagu berjudul Udut Kopi.
Sinopsis Film Pelukis Hantu, Aksi Horor Kocak Komika Indonesia
Film Pelukis Hantu membawa kisah komedi horor dan dibintangi banyak komika stand up comedy Indonesia.
Majelis Lucu Indonesia Rilis Stand Up Show Tanpa Sensor
Majelis Lucu Indonesia (MLI) resmi merilis Digital Download video pertunjukan stand up comedy dari sejumlah komika Indonesia.
0
Permintaan Dua Kubu Paslon Pilkada Bantul di Masa Tenang
Dua Tim Pemenangan Paslon Bupati dan Calon Wakil Bupati di Bantul kerahkan tim pemantau politik uang.