UNTUK INDONESIA
Lima Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Merusak Kuku
Memiliki kuku yang sempurna setiap saat tidak harus ke tempat perawatan khusus kuku, tapi harus memperhatikan kebiasaan yang dapat merusak kuku.
Perawatan kuku bisa dilakuakn di rumah dengan sendiri. (Foto: pixabay)

Jakarta - Salah satu bagian yang juga menjadi perhatian dalam perawatan kecantikan wanita adalah kuku jari tangan.

Memiliki kuku yang sempurna setiap saat tidak harus ke tempat perawatan khusus kuku, tapi harus memperhatikan kebiasaan yang dapat merusak kuku.

Terkadang wanita tidak menyadari bahwa kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan bisa menyebabkan kerusakan kuku. Seperti yang dirangkum Tagar dari laman Reader's Digest pada Selasa, 15 Oktober 2019.

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat kuku rusak atau rapuh tanpa disadari.

1. Memakai Pewarna Kuku Terlalu Lama

Terlalu lama meninggalkan cat kuku atau pewarna kuku hingga membuatnya terkelupas dengan sendirinya, ternyata tidak baik untuk kesehatan kuku. Alangkah lebih baik untuk benar-benar menghilangkannya.

Sebab, pewarna kuku akan membuat pigmennya meresap ke dalam lapisan kuku.  Kalau bisa jangan terlalu sering memasang pewarna kuku. Berikan sedikit istirahat pada kukumu kira-kira selama satu atau dua minggu untuk bernapas.

Cat KukuCat kuku tidak baik terlalu sering menggunakannya. (Foto:pixabay/Alehandra13)

***

2. Suka Menggigit Kuku

Menggigit kuku bisa menyebarkan bakteri yang tersembunyi di bawah kuku merusak gigi sekaligus membuat menjadi rapuh dan bentuknya menjadi tidak rata karena terus menggigitnya.

Meskipun mengetahui kebiasaan menggigit kuku ini tidak baik, namun masih banyak orang yang melakukannya tanpa sadar ketika sedang bosan atau gugup. Untuk menghentikan kebiasaan buruk ini, cobalah untuk rajin memotong kuku agar selalu tetap pendek.

Gigit KukuSering mengigit kuku tidak baik untuk perkembangan kuku. (Foto: pixabay/KeithJJ)

***

3. Beres-beres Rumah Tanpa Sarung Tangan

Saat sedang membersih rumah ternyata perlu menggunakan sarung tangan untuk membantu dan melindungi tangan dan kuku dari kotoran dan debu saat berberas.

Selain itu, terhindar juga dari zat kimia produk pembersih yang digunakan untuk bersih-bersih perabotan di rumah tidak mengeringkan kuku.

Sama halnya juga dengan mencuci piring tanpa mengenakan pelindung seperti sarung tangan. Karena, kandungan deterjen pada sabun pencuci bisa mengakibatkan kulit dan kuku menjadi kering.

Untuk menghindari rusaknya kuku, harus menggunakan sepasang sarung tangan khusus pembersih cuci piring ini.

Sarung TanganPerlu menggunakan sarung tangan melindungi kuku dari kuman. (Foto: pixabay/voltamax)

***

4. Menggunakan kuku untuk Membuka kaleng

Ketika membuka sesuatu yang agak sedikit keras dan membutuhkan sedikit congkelan, misalnya, mengelupas label harga atau kardus yang dilem, kuku adalah salah satu yang sering dipilih menjadi alatnya. Disarankan agar menghindari menggunakan kuku untuk aktivitas tersebut karena berisiko merusak kuku.

Membuka KalengTidak bisa menggunakan kuku membuka kaleng. (Foto: pixabay/simplyelke)

***

5. Tidak Mencuci Tangan

Mencuci TanganBersihkan tangan juga kuku. (Foto: pixabay/Gentle07)

***

Semua orang sadar pentingnya mencuci tangan, tapi masih banyak yang lupa membersihkan bagian kuku. Saat mencuci tangan, seringkali kita terlewat untuk membersihkan kuku secara benar. 

Padahal, mengabaikan kuku dalam proses mencuci tangan bisa membuat bakteri menumpuk di bawahnya, sehingga ujung jari berisiko terinfeksi. Cuci tangan dengan menyikat kuku setidaknya sekali sehari. []

Berita terkait
Tips Merawat Kuku di Rumah Agar Bersih dan Sehat
Perawatan kuku sangat penting untuk penampilan yang baik dan kebersihan pribadi. Tapi, kebanyakan orang cenderung menyepelekan masalah kuku.
Tips Memilih Serum untuk Kulit Wajah Kering
Kulit kering membutuhkan waktu dan perawatan lebih agar kualitasnya bisa tetap terjaga.Salah satu cara adalah serum wajah yang mengandung pelembap.
Manfaat Ganja untuk Kecantikan Kulit dan Rambut
dalam jurnal Cannabidiol exerts sebostatic and antiinflammatory effects on human sebocytes, ganja untuk perawatan kulit dan rambut.
0
Barbie Kumalasari dan 5 Artis Mengaku Sulam Bibir
Barbie Kumalasari dan lima artis yang mengaku sulam bibir. Mulai dari Tina Toon hingga Syahrini.