UNTUK INDONESIA
Lima Hal Bikin Orgasme Spontan
Orgasme pengalaman seksual menyenangkan, sayangnya tidak semua orang bisa merasakan. Tak perlu khawatir sensasi ini bisa dialami secara spontan.
Idola wanita asal Korea Selatan ini tampak sedang bersantai dan menikmati liburannya di Bali, Indonesia. (Foto: Instagram/@actorleeminho).

Jakarta - Orgasme bagi pria dan wanita merupakan suatu pengalaman seksual. Namun, tidak semua orang pernah mengalaminya, apalagi wanita.

Mengutip hellosehat, orgasme pada pria terjadi saat otot di sekitar penis dan anus mengalami kontraksi hebat. Biasanya diikuti dengan ejakulasi atau keluarnya cairan mani dari ujung penis dan dibaca oleh otak sebagai suatu pengalaman yang menyenangkan.

Sedangkan orgasme pada wanita, melibatkan kontraksi dan produksi cairan. Ketika mendapatkan rangsangan seksual, rahim, lubang vagina, dan anus akan berkontraksi. Biasanya disertai dengan keluarnya cairan lubrikasi atau pelumas alami vagina.

Ternyata seseorang bisa orgasme tanpa disentuh, Tagar rangkumkan lima kemungkinan hal itu bisa terjadi secara spontan.

1. Efek Samping Obat Antidepresan

Obat antidepresan terkenal dengan efek samping yang bersifat seksual. Mulai dari meningkatnya libido, gairah seksual, hingga mengakibatkan orgasme spontan. Menariknya,hal ini terjadi ketika menguap.

Seperti dikutip dari laman Fox News, beberapa obat seperti Prozac, Zoloft, dan Wellbutrin, beberapa jenis antidepresan dapat menimbulkan hal itu. 

Setidaknya lima persen pengguna mengeluhkan hal itu, mereka mengatakan walaupun merasakan kenikmatan, mereka juga merasa malu, karena sering kali orgasme terjadi ketika berada di tempat umum.

2. Ketakutan Bikin Orgasme

Kecemasan atau ketakutan membuat sulit untuk merasa senang, apalagi untuk memenuhi hasrat seksual. Bahkan, dapat membuat sulit untuk orgasme saat berhubungan seksual.

Seperti dikutip dari laman Psychology Today, tingginya kecemasan dan rasa takut malahan akan mengakibatkan orgasme spontan pada sebagian orang.

3. Gangguan pada Kelamin

Orgasme tanpa rangsangan atau gairah seksual bisa disebabkan karena gangguan medis bernama Persistent Genital Arousal Disorder (PGAD). Artinya secara harafiah adalah gangguan rangsangan kelamin tanpa henti. 

Belum banyak penelitian yang mengulas tuntas kondisi ini, tetapi para ahli mengatakan gejalanya antara lain kontraksi terus-menerus di bagian kelamin tanpa bisa dikendalikan.

Kebanyakan pengidap gangguan ini adalah wanita. Pada laki-laki, kondisi yang serupa disebut sebagai ereksi spontan. Akan tetapi, ereksi spontan belum tentu membuat pengidapnya sampai orgasme.

Menurut pendapat para ahli, kelainan saraf dan gangguan hormon adalah beberapa faktor risiko PGAD. Untuk mengendalikan gejalanya, membutuhkan beberapa jenis obat, seperti obat antidepresan dan obat bius untuk membuat area tertentu mati rasa.  

4. Mimpi Basah

Saat pria ataupun wanita mengalami mimpi basah, tidak perlu ada sentuhan atau rangsangan seksual untuk memicu orgasme. Bermimpi erotis membuat organ intim bisa berkontraksi dan berejakulasi tanpa direncanakan.

Namun, bagi sebagian orang, mimpi basah tidak perlu disertai mimpi apa pun. Saat terbangun akan mendapati penis atau vagina dalam keadaan basah. Biasanya disebabkan aliran darah yang menuju ke penis dan vagina. Hal itu memberikan sensasi nikmat seolah berhubungan seks.

5. Rangsangan dari Pikiran

Tanpa disadari, aktivitas seksual manusia sangat bergantung pada otak. Pakar kesehatan seksual dan penulis buku dr Ian Kerner sempat mengatakan otak adalah organ seksual terhebat manusia.

Bagi sebagian orang bisa mencapai orgasme tanpa sentuhan. Hanya mebutuhkan imajinasi yang kuat untuk orgasme. Tanpa benar-benar bercinta atau menerima stimulasi.

Imajinasi yang mendetail dan kuat akan menipu otak, seolah-olah berhubungan seks di dunia nyata. Tubuh bereaksi dengan cara orgasme. 

Sejauh ini pria jarang berhasil orgasme hanya dengan berimajinasi. Hanya wanita yang lebih sukses orgasme lewat rangsangan pikiran. []

Berita terkait
Pisang dan Empat Buah Tingkatkan Vitalitas Pria
Pisang ternyata bisa menjadi kunci untuk memuaskan pasangan di atas ranjang, vitalitas pria jadi lebih terjaga.
Empat Posisi Bercinta Agar Wanita Cepat Orgasme
Posisi bercinta sangat berpengaruh pada saat orgasme, apalagi wanita memiliki tingkat yang lebih tinggi dibanding laki-laki.
Empat Cara Miss V Selalu Wangi dan Segar
Area V atau vagina wanita sudah wajib hukumnya terjaga untuk tetap wangi dan segar alami. Ada empat cara yang bisa dilakukan.
0
Tiga Kecamatan di Cianjur Akan Menerapkan PSBB
Pemkab Cianjur akan lakukan PSBB parsial agar fokus penangan di wilayah yang rawan penyebaran Covid-19 sehingga tidak menyebar ke kecamatan lain