UNTUK INDONESIA
Lima Film Hollywood Munculkan Aksi Sadis Mutilasi
Lima film Hollywood yang menampilkan adegan sadis, salah satunya memperlihatkan tindakan mutilasi.
Ilustrasi pelaku sadis mutilasi. (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - Pekerja kreatif industri film hingga yang sudah mapan di Hollywood terus bereksplorasi. Mereka melahirkan sub genre gore dari genre horor dengan karakteristik banyak adegan sadis, salah satunya memperlihatkan tindakan mutilasi.

Dari sekian banyak film yang menampilkan perilaku mutilasi, tak jarang memperlihatkan adegan kekerasan dan  penganiayaan terus menerus. Bila masuk dalam genre gore, maka sineasnya akan memunculkan efek darah dan penyiksaan sadis yang bisa membuat penontonnya menjadi ngilu.

Namun, ada juga film yang mempertunjukan tindakan mutilasi tidak sesadis yang dibayangkan. Tindakan itu biasanya muncul sekali atau dua kali sepanjang film sebagai bumbu dari aksi-aksi gila tokoh antagonisnya.

Seperti apa sih film itu? Berikut lima film Hollywood yang memunculkan aksi sadis mutilasi:

1. The Evil Dead (1981)

Ingin menyaksikan adegan penganiayaan atau pembunuhan dalam film era 80-an, The Evil Dead bisa menjadi rekomendasi.

Kisah film garapan sutradara Sam Raim ini menceritakan lima orang mahasiswa yang berlibur ke wilayah terpencil.  Suasana gembira berlibur mendadak berubah menjadi mencengkam ketika mereka menemukan audiotape, kunci untuk mendatangkan roh jahat yang bisa merasuki dan mengendalikan manusia yang hidup.

The Evil Dead dibintangi Bruce Campbell, Ellen Sandweiss, Betsy Baker, Hal Delrich, dan Teresa Tilly. Film ini setelah ditayangkan sempat menuai respons negatif lantaran dinilai banyak menampilkan kekerasan dalam alur ceritanya, salah satunya adegan mutilasi.

The Evil DeadFilm The Evil Dead. (Foto: IMDb.com)

2. Saw (2004)

Film garapan rumah produksi Lions Gate Films ini dirilis pada 29 Oktober 2004. Disutradarai James Wan, aksi kejam dalam film ternyata berhasil membius para penikmat layar lebar.

Hal tersebut didukung alur cerita tentang dua pria yang menemukan tubuh mereka terbaring di samping mayat. Keduanya lantas mendapatkan instruksi untuk saling membunuh atau mendapat konsekuensi yang lebih kejam lagi.

Saw yang apik dalam kisah sadisnya didukung deretan aktor dan aktris seperti Leigh Whannell (Adam), Cary Elwes (dr. Lawrence Gordon), Danny Glover (Detektif David Tapp), dan Ken Leung (Detektif Steven Sing).

Saking populernya di tahun 2004, Saw dikebangkan menjadi lima seri. Terakhir SAW V dirilis pada 2008.

SawFilm Saw. (Foto: IMDb.com)

3. Black Hawk Down (2001)

Film selanjutnya Black Hawk Down. Meski bertemakan perang, film yang sempat populer tahun 2001 ini memperlihatkan aksi sadis memutilasi orang. 

Film yang rilis pada 28 Desember 2001 itu mengisahkan kehidupan era 90-an, di mana terjadi perang saudara. PBB kala itu memiliki peranan penting menjaga perdamaian.

Aksi mutilasi terlihat ketika Sersan Dominick Pilla (Danny Hoch) ditembak dan dibunuh milisi dalam perang saudara yang berkecambuk di Somalia, Afrika. Film ini secara garis besar berkaitan tentang evakuasi.

Black Hawk DownFilm Black Hawk Down. (Foto: IMDb.com)

4. Hostel (2005)

Kemudian ada Hostel yang hits pada 2005. Hostel berhasil memacu adrenalin para penikmat film dengan memperlihatkan aksi kejam memutilasi.

Film yang disutradarai Eli Roth ini mengisahkan tiga orang backpakers yang pergi ke sebuah kota di Slovakia hanya untuk memenuhi kebutuhan hedonis mereka. Tanpa mereka sadari bahaya mengerikan sedang mengintai.

Puncak konflik film mulai terlihat ketika tiga orang backpakers itu pergi ke sebuah diskotik hingga berujung pengusiran dan terdampar di rumah bordil. Namun, karena salah satu dari ketiganya takut melakukan hubungan seks dengan pelacur maka niat mesum itu urung dilakukan. Akhirnya mereka kembali ke hostel.

Backpakers tersebut lantas bertemu dengan pria Rusia yang memberi tahu ada hostel penuh dengan perempuan cantik. Ketika mereka tiba di hostel tersebut, sesuatu yang sangat mengerikan mau tak mau harus dihadapi.

HotelsAdegan dalam film Hostels yang rilis pada 2005. (Foto: IMDb.com)

Baca juga:

5. Hatchet (2006)

Tak kalah seru film berjudul Hatchet. Film garapan Adam Green ini berkisah tentang pembunuhan yang terjadi dalam lingkaran pertemanan akibat kerasukan mahluk mengerikan.

Cerita diawali dengan adegan Sampson dan putranya Ainsley memancing di rawa. Ketika keinginan untuk buang air kecil tak dapat ditahan, Aisley tanpa berpikir panjang kencing di rawa tersebut. 

Tanpa diduga rawa itu dihuni oleh mahluk mengerikan. Tak lama Ainsley ditemukan sang ayah tak bernyawa. 

Di tengah situasi itu, sekelompok orang datang untuk berlibur ke rawa tersebut. Serangan dari mahluk mengerikan kembali terjadi. 

HatchetFilm Hatchet. (Foto: IMDb.com)

Berita terkait
Profil Aktor F4 Versi Thailand, Siapa Mirip Lee Min Ho?
Siapa kandidat pemeran Boy Over Flowers (F4) versi Thailand ini disorot banyak penikmat drakor. Siapa mirip Lee Min Ho?
The Circle, Film Thriller Tom Hanks Patut Ditonton
Salah satu film thriller teknologi menarik yang pernah dibintangi Tom Hanks adalah The Circle.
Paramount Garap Serial TV Mirip Film The Godfather
Paramount Plus akan menggarap serial tv yang terinspirasi dengan film mafia legendaris The Godfather
0
Cuti Bersama, Protokol Kesehatan di Bukittinggi Makin Ketat
Kota Bukittinggi sebagai daerah tujuan wisata utama di Sumatera Barat akan berlakukan protokol kesehatan ketat di objek wisata.