Lima Film Berlatar Penjara Paling Mengesankan Sepanjang Masa

Dalam kehidupan nyata, penjara adalah tempat yang menyeramkan, tak ada seorang pun yang mengangankan masuk ke dalamnya, pelaku kriminal sekali pun.

Jakarta, (Tagar 15/3/2018) - Dalam kehidupan nyata, penjara adalah tempat yang menyeramkan, bisa dipastikan tak ada seorang pun yang mengangankan masuk ke dalamnya, pelaku kriminal sekali pun.

Namun ketika penjara menjadi latar sebuah film, itu kemudian bisa menjadi tontonan yang sangat mengasyikkan.

Baca juga: Kerusuhan di Penjara Bolivia, Enam Tahanan Tewas

Berikut lima film berlatar penjara yang mengesankan sepanjang masa.

1.Escape from Alcatraz

Film Escape from Alcatraz diinspirasi kisah nyata Frank Lee Morris, narapidana yang dikirim ke Alcatraz, penjara paling menyeramkan di Amerika Serikat. Tak seorang pun bisa melarikan diri dari sana, namun Frank berhasil melakukannya.

Clint Eastwood memerankan karakter Morris dengan sangat memukau. Ia digambarkan sebagai sosok yang jenius, membuat tim empat orang, berbagi peran demi suksesnya rencana pelarian.

[caption id="attachment_49025" align="alignnone" width="712"] Clint Eastwood memerankan karakter Frank Lee Moris dalam film Escape from Alcatraz[/caption]

Rencana pelarian disusun sedemikian rumit termasuk didalamnya pembuatan boneka bernama Oink dan Oscar untuk mengelabui sipir penjara, penyediaan makanan darurat, rakit yang terbuat dari lebih dari puluhan jas hujan yang sebagian didapat dari donasi rekan-rekan napi dan sebagian lain hasil curian.

Mei 1962, Moris (No register Alcatraz # 1441) dan rekannya John William Anglins (No. register Alcatraz # 1476) mulai membuat lubang ukuran enam kali sembilan inci di langit-langit kamar penjara dengan alat hasil curian dan kemudian dimodifikasi. Mereka bekerja bergantian, satu orang membuat lubang sedangkan yang lain mengamati kehadiran sipir penjara.

Suatu malam tanggal 11 Juni 1962, atap berhasil dijebol. Malam itu juga mereka melarikan diri dengan sukses dari Alcatraz, setelah menyeberangi laut yang dingin yang konon manusia hanya bisa bertahan selama 20 menit saja.

2.The Shawshank Redemption

Seorang bankir bernama Andy Dufresne (Tim Robbins) dituduh membunuh istri dan kekasih istrinya. Ia tidak melakukan pembunuhan itu, tapi bukti-bukti di pengadilan mengarah padanya. Ia dijatuhi hukuman penjara dua kali seumur hidup di Shawshank State Penitentiary.

Andy merencanakan pelarian dengan sangat cermat. Ia memesan palu pada Ellis 'Red' Redding (Morgan Freeman) teman sesama napi yang selama ini jadi penyelundup barang. Keduanya kemudian bersahabat.

[caption id="attachment_49021" align="alignnone" width="712"] Tim Robbins memerankan karakter Andy Dufresne, dan Morgan Freeman memerankan Ellis Boyd "Red" Redding dalam film The Shawshank Redemption[/caption]

Andy menyimpan palu dalam kitab suci Injil tebal yang dilubangi di bagian tengahnya untuk mengelabui kepala penjara yang religius sekaligus korup.

Dengan palu itu Andy melubangi dinding penjara, sedikit demi sedikit dari hari ke hari hingga membentuk terowongan. Ia menutupi dinding yang berlubang dengan poster Rita Hayworth berukuran besar.

Kecerdasan Andy dimanfaatkan kepala penjara untuk mencuci uang hasil korupsi. Ketika suatu hari datang napi baru yang ternyata merupakan saksi kunci pembunuhan istri Andy, napi baru itu dibunuh sipir suruhan kepala penjara.

Setelah melewati masa yang panjang penuh ketekunan Andy berhasil melarikan diri. Ia mengubah identitas, pergi ke Zihuatanejo, sebuah kota pantai Pasifik di Meksiko, menunggu Red di sana.

3.In Hell

Kyle LeBlanc (Jean Claude Van Damme) seorang berkebangsaan Amerika yang bekerja di Rusia. Suatu hari ia mendapat telepon dari istrinya yang sangat panik karena sedang ada ancaman di dalam rumah dari orang setempat.

Begitu sampai rumah Kyle mendapati istrinya telah meninggal. Ia mengikuti proses persidangan pembunuh istrinya hingga saat terakhir hakim yang sudah disuap membebaskan pembunuh itu dari segala tuntutan. Kyle mengambil tindakan sendiri. Ia menembak pembunuh istrinya itu.

Konsekuensi dari tindakannya itu, Kyle harus menjalani kehidupan yang berat dan menyakitkan dalam penjara Rusia yang seperti neraka. Ia harus melewati depresi dan pertarungan-pertarungan yang tak diinginkannya.

Seorang napi kemudian membantunya untuk melarikan diri untuk memberi tahu dunia betapa tidak manusiawinya kondisi penjara tersebut.

[caption id="attachment_49022" align="alignnone" width="712"] Jean Claude Van Damme memerankan karakter Kyle LeBlanc dalam film In Hell[/caption]

4.Escape Plan

Ray Breslin (Sylvester Stallone) mantan jaksa, pemilik perusahaan keamanan berbasis di Los Angeles. Perusahaannya mengkhususkan diri dalam pengujian keandalan penjara yang memiliki tingkat kemanan maksimum.

Breslin menghabiskan hidupnya keluar-masuk dari penjara satu ke penjara yang lain untuk mempelajari desain penjara, mengamati kebiasaan penjaga untuk mengesploitasi kelemahan penjara tersebut, sehingga memungkinkan dia untuk melarikan diri tanpa hambatan.

[caption id="attachment_49026" align="alignnone" width="712"] Sylvester Stallone memerankan karakter Ray Breslin, dan Arnold Schwarzenegger memerankan karakter Emil Rottmayer dalam film Escape Plan[/caption]

Suatu hari ia mendapat pekerjaan untuk memeriksa keamanan penjara super canggih yang lokasinya tidak diketahui. Ada sebuah konspirasi untuk menghancurkan Breslin, tapi untungnya ia bertemu seorang napi veteran, Emil Rottmayer (Arnold Schwarzenegger). Siapa Emil Rottmayer akan terungkap di detik menjelang berakhirnya film.

5.The Green Mile

The Green Mile, nama sebuah blok sel di kompleks penjara Cold Mountain, tempat khusus semua terpidana mati sebelum menjalani eksekusi di kursi listrik 'Old Sparky'.

Paul Edgecomb (Tom Hanks) satu di antara sipir yang menjaga The Green Mile. Ia bekerja bersama beberapa rekan, Brutus, Dean dan Harry.

[caption id="attachment_49027" align="alignnone" width="712"] Tom Hank memerankan karakter Paul Edgecomb dan Michael Clarke Duncan memerankan karakter John Coffey dalam film The Green Mile[/caption]

Suatu hari John Coffey, seorang pria berkulit hitam dengan perawakan seperti raksasa datang sebagai penghuni baru di The Green Mile. Ia terpidana mati atas kejahatan pembunuhan dan pemerkosaan dua anak perempuan dari keluarga berkulit putih.

Satu demi satu keajaiban terjadi setelah kehadiran John Coffey. (sa)

Berita terkait
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.