UNTUK INDONESIA
Lima Fakta Ikan Arwana Si Raja Ikan Hias
Ikan arwana merupakan ikan hias air tawar yang populer di Amerika dan Asia. Apa saja fakta dari ikan jenis karnivora tersebut?
Ikan Arwana merah. (Foto: Pinterest/Teng Ku Jik)

Jakarta - Arwana merupakan ikan hias air tawar yang populer di Amerika dan Asia. Sangking terkenalnya, arwana mendapat julukan 'Raja Ikan Hias' dari para kolektor ikan hias, khususnya yang berasal dari Indonesia.

Salah satu kolektor binatang asal Indonesia adalah Irfan Hakim. Presenter kondang ini memperlihatkan ikan arwana peliharaannya dalam vlog yang diunggah dalam Youtube deHakims yang kini menduduki trending nomor lima di Indonesia.

Bahkan, untuk mengobati rasa penasaran Irfan mengunjungi salah satu kolektor ikan arwana asal Cibinong Suk Eng Pang, yang memiliki 12 ikan arwana yang berusia 40 tahun.

"Guys, dari tahun 76 pelihara 14 ekor, dua ekor mati jadi tinggal 12 ekor. Bertahan sampai sekarang, sampai beranak binak," ucap Irfan seperti dilansir dari Youtube deHakims pada Selasa, 10 September 2019.

Nah, bagi Anda yang bukan kolektor ikan arwana mungkin akan merasa bingung saat membicarakan ikan hias ini. Karena itu, Tagar merangkum lima fakta mengenai ikan arwana.

Ikan ArwanaIkan Arwana merah. (Foto: Shelookred.com)

1. Mitos Keberuntungan

Salah satu alasan kenapa ikan arwana sangat populer di Asia karena adanya mitos, ikan arwana dapat membawa keberuntungan bagi yang memeliharanya. Keberuntungan ikan dengan julukan 'Siuk Naga' ditentukan dari warna sisik ikan arwana yang terdiri dari beberapa jenis warna, seperti merah, silver, dan hijau.

Semakin cerah warna sisiknya, misalnya arwana merah, maka tingkat keberuntungan dipercaya semakin tinggi. Karna masyarakat keturunan Tionghoa percaya bahwa ikan arwana berwarna merah memiliki kesamaan dengan naga berwarna merah yang merupakan pembawa keberuntungan.

Ikan ArwanaIkan Arwana platinum. (Foto: arowana-village.com)

2. Harga Setara Rumah Mewah

Ikan arwana dibandrol harga bermacam-macam mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 200.000.000 tergantung jenis dan usia ikan tersebut. Tapi, ada juga ikan arwana yang harganya melambung sangat tinggi yakni jenis arwana platinum.

Ikan asal Benua Amerika ini memang berada di jajaran paling atas ikan arwana. Seperti dilansir dari Finansialku.com, fisik ikan arwana platinum yang bersisik halus dan mengkilap itu dibandrol seharga rumah mewan yaitu Rp 5,7 miliar.

Ikan ArwanaIkan Arwana silver. (Foto: Pixabay.com)

3. Usia Bisa sampai 40 tahun

Kendati mudah dibudidaya, usia hidup ikan arwana sulit diprediksi. Seperti dilansir dari lipi.go.di, rata-rata kekuatan induk ikan arwana mencapai 15 tahun. Namun, nyatanya Kolektor ikan arwana asal Cibinong Suk Eng Pang mampu memelihara ikan ini sampai berusia 40 tahun.

Ikan ArwanaIkan Arwana gold platinum. (Foto: Ukclassifieds.co.uk)

4. Ikan Purba

Apakah Anda sudah tahu bahwa ikan bertulang air tawar dari keluarga Osteoglossidae itu merupakan ikan purba? Hal tersebut berdasarkan dari penemuan fosil ikan berumur 10-60 juta tahun di berbagai belahan dunia.

Ikan yang banyak ditemukan di sungai Amazon, Amerika dan sungai Kapuas serta danau Sentarum di Kalimantan Barat ini berhasil bertahan dari kepunahan. Meski kini ramai diperjualbelikan sebagai ikan hias, tapi ikan jenis karnivor atau pemakan daging ini mudah dibudidayakan.

Ikan ArwanaIkan Arwana silver. (Foto: Pixabay.com)

5. Panjang Tubuh

Ikan yang termasuk karnivora atau pemakan daging punya sensor getaran untuk mengetahui posisi mangsa di permukaan air, tidak memilki ukuran yang sama. Namun, rata-rata ukuran panjang arwana bisa mencapai 60 centimeter jika dipelihara di dalam aquarium.

Sedangkan jika di pelihara di kolam alam panjangnya bisa mencapai 90 centimeter bahkan mencapai 270 centimeter, tergantung jenis dan usia ikan tersebut. []

Berita terkait
Nikmatnya Ikan Pallu Mara Khas D'Taman Bantaeng
D'Taman Resto dan Cafe adalah salah satu spot untuk menikmati kuliner tradisional di Bantaeng.
Trending YouTube, Ini Cerita Video Klip Billie Eilish
Video klip terbaru Billie Eilish bertajuk All the Good Girls Go to Hell menjadi trending di platform YouTube Indonesia.
#ngelonte Jadi Trending di Twitter, Netizen Ribut
Hashtag #ngelonte tiba-tiba menjadi trending topics di linimasa Twitter, Minggu, 30 Juni 2019. Netizen pun ramai-ramai ribut.
0
Kebakaran Hutan di Pulau Seram Mulai Mereda
Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku, mulai mereda.