UNTUK INDONESIA
Lima Cara Jitu Atasi Ponsel Kehilangan Sinyal
Sinyal ponsel yang tidak stabil tentu membuat pemakai merasa tidak nyaman.
Tampilan kecepatan maksimum yang diperoleh Reno 5G saat melakukan uji "speed test". Oppo menggandeng Telkomsel melakukan uji jaringan teknologi generasi kelima di Batam, Kepulauan Riau, Kamis, 28 November 2019. (Foto: Oppo Indonesia)

Jakarta - Sinyal ponsel kerap naik turun tidak menentu yang mengganggu kenyamanan penggunanya. Menurut sejumlah pengamatan, tidak stabilnya sinyal juga mengakibatkan baterai mudah terkuras. Biasanya, sinyal seluler akan melemah jika sedang berada pada tempat yang tidak strategis. Kondisi ini mengakibatkan ponsel bisa kehilangan jaringan.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah cara untuk mengatasi sinyal yang melemah pada ponsel.

1. Lepas casing

Para pengguna ponsel bisa mencoba cara pertama dengan melepaskan casing. Bisa jadi karena casing ini yang menyebabkan ponsel kehilangan jaringan. Terlebih, jika sampul yang digunakan berbahan logam yang bisa menutup sinyal masuk pada ponsel.

2. Lepas kartu SIM

Selain itu, juga bisa dengan melepas kartu SIM dan kemudian memasangnya kembali. Cara ini diyakini ampuh karena dengan memasang kembali kartu SIM bisa merefresh sinyal untuk kembali terkoneksi dengan ponsel.

3. Pasang penguat sinyal

Penguat sinyal merupakan alat yang mampu menangkap sinyal dari suatu tempat yang masih menerima jaringan. Biasanya alat ini digunakan untuk pengguna yang berada pada titik yang cukup jauh dari jangkauang tower pemancar sinyal. Alat ini biasanya berbentuk antena yang dipasang di area atas dan kemudian menyambungkannya ke perangkat yang diperlukan.

4. Aktifkan airplane mode

Bagi pengguna android maupun iOS menggunakan cara ini cukup ampuh. Pasalnya, dengan mengatur ponsel di mode pesawat otomatis akan mematikan seluruh jaringan baik itu seluler, wifi, maupun bluetooth. Dengan mematikan seluruh komponen itu selama 30 detik maka menghidupkan kembali akan dengan cepat menarik jaringan masuk kembali pada ponsel.

5. Pindah lokasi

Sinyal yang merupakan gelombang elektromagnetik dapat dengan mudah terhenti penyeberannya oleh konstruksi seperti logam, aluminium, dan juga beton. Maka, satu solusi jitu ketika pengguna ponsel sedang berada dalam sebuah gedung tertutup dan tak mendapatkan sinyal hendaknya segera berpindah lokasi ke tempat yang lebih terbuka. []


Berita terkait
China Wajibkan Pengguna Ponsel Pindai Wajah
China mewajibkan pengguna ponsel untuk memindai wajah, dengan dalih untuk melindungi hak dan kepentingan warganya.
Kiriman Ponsel Naik 7 Persen Seiring Penerapan IMEI
Analis pasar dari IDC Indonesia, Risky Febrian, memprediksi pengiriman ponsel meningkat tujuh persen pada 2020 seiring penerapan regulasi IMEI.
Oppo Buat Prosesor Sendiri untuk Ponselnya
Produsen smartphone Oppo menyatakan telah mengembangkan chipset buatannya sendiri. Oppo tidak ingin kalah saing dengan Samsung dan Huawei.
0
Polres Dairi Ringkus Pemakai Sabu di Tiga Lokasi
Tiga terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis sabu di amankan di tiga lokasi terpisah di Sumatera Utara.