UNTUK INDONESIA
Lima Alasan Wisata Bali Selalu Bikin Rindu
Media wisata Amerika Serikat, Fodor’s Travel mencantumkan Bali sebgai destinasi yang lebih baik tidak dikunjungi. Namun, tetap Bali bikin rindu.
Pantai Jimbaran. (Foto: Tagar/masDjoko)

Jakarta - Media wisata asal Amerika Serikat, Fodor’s Travel mencantumkan Bali sebagai salah satu destinasi yang lebih baik dipertimbangkan untuk tidak dikunjungi pada 2020. 

Badan Lingkungan Hidup Bali mencatat bahwa pulau itu menghasilkan 3.800 ton sampah setiap hari.

“Bali, pulau yang paling banyak dikunjungi di Indonesia telah menderita efek pariwisata massal dalam beberapa tahun terakhir, sampai pemerintah menarik pajak turis untuk membantu memerangi efek (pariwisata massal) terhadap lingkungan,” seperti diberitakan dari laman Fodors.

Fodor’s Travel menyebutkan Bali pada 2017 dideklarasikan sebagai kawasan darurat sampah, lantaran terlalu banyak sampah plastik di pantai dan perairan. 

“Badan Lingkungan Hidup Bali mencatat bahwa pulau itu menghasilkan 3.800 ton sampah setiap hari, dengan hanya 60 persen berakhir di tempat pembuangan sampah. Sebuah pengamatan yang jelas bagi siapa pun yang mengunjungi pulau itu,” tulis Fodor’s Travel.

Apapun alasannya, Bali selalu menjadi tempat wisata yang merindukan. Berbagai wisata tersaji apik di pulau yang dikenal dengan nama Pulau Dewata itu. Mulai dari wisata budaya, kuliner, agama, alam sampai ke pantainya yang membuat para wisatawan jatuh cinta. 

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber, alasan kenapa Bali harus masuk list tempat berlibur.

1. Surga Kuliner

Babi GulingBabi Guling. (Foto: Instagram/@bestbrewkuta)

Bali menawarkan beragam makanan khas yang akan mengoyang lidah setiap wisatawan. Cita rasanya sudah diakui oleh wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Salah satu menu makanan enak dibali yaitu babi guling dan bebek betutu, dua menu makanan ini sangat disenangi. Selain itu, ada sambal matah dan sambal terasi yang selalu menjadi favorit. 

Untuk mendapatkan aneka kuliner tersebut sangat mudah, banyak rumah makanan hingga hotel yang menyediakannya. 

2. Dikenal dengan Keramahan

Jokowi di BaliPresiden Joko Widodo (kedua kiri) berbincang dengan warga saat menemui tokoh dan masyarakat Bali di Taman Budaya Bali, Denpasar, Jumat (22/3/2019). Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menemui dan berdialog dengan tokoh agama, tokoh adat dan ribuan masyarakat. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

Banyak wisman maupun wisnus yang mengakui Bali dihuni masyarakat yang ramah dan murah senyum. 

Alasan itu yang menjadi pertimbangan untuk datang kembali lagi. Selain itu, tingkat kriminalitas di Pulau Dewata sangat rendah, membuat para wisatawan mendapatkan rasa nyaman dan aman.

3. Memiliki Pantai yang Memesona

Pantai JimbaranPantai Jimbaran. (Foto: Tagar/masDjoko)

Bali terkenal dengan pantainya yang indah dan pemandangannya yang memanjakan mata. Tidak hanya penduduk lokal, tidak sedikit wisman maupun wisnus yang memuji keindahannya.

Bahkan, beberapa selebriti Hollywood seperti Julia Robert, Paris Hilton, David Beckham dan John Legend sempat menikmati panasnya matahari Bali.

4. Memiliki Kekayaan Sejarah dan Budaya

Tari Kecak KontemporerSeniman dari Sanggar Cak Rina Gianyar menampilkan Tari Kecak berjudul Salah Paham dalam pagelaran tari kontemporer Festival Seni Bali Jani 2019 di Taman Budaya Bali, Denpasar, Bali, Kamis, 7 November 2019. (Foto: Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Pulau Dewata kaya akan sejarah dan kebudayaan. Banyaknya turis asing yang berdatangan, tidak mempengaruhi dalam melestarikan warisan budaya yang sudah ada turun-temurun.

Candi dan pura yang menjadi rujukan umat beragama untuk beribadah. Selain itu, Bali juga melestarikan tarian-tariannya, dan salah satunya pertunjukan Tari Kecak, menceritakan mengenai Ramayana yang dimainkan para laki-laki yang duduk melingkar menggunakan kain kotak-kotak.

5. Penginapan yang Memanjakan

Lagoon Resort dan SpaLagoon Resort dan Spa. (Foto: Tagar/masDjoko)

Bila berlibur di Bali, bisa menemukan berbagai macam penginapan, mulai dari hotel, resort atau vila dengan pelayanan bintang lima.  

Penginapan yang berada di pinggir pantai memberikan view yang memukau, dengan sajian pasir pantai yang bersih dengan ombak berwarna biru.

Masalah harga tak perlu khawatir, ada beberapa pilihan dari yang ekonomis sampai paling mewah dengan fasilitas yang wah. []

Berita terkait
Pariwisata Bali Dikembangkan dengan Kearifan Lokal
Pariwisata Bali berkembang pesat berkat dukungan kearifan lokal, yang perlu dibenahi Kemenpar adalah daerah tujuan wisata yang sepi pengunjung
Nikmati Senja dan Kuliner di Pantai Kedonganan Bali
Pantai Kedonganan Bali bisa menikmati senja sekaligus berburu kuliner. Ayo, manfaatkan liburan Anda.
Babi Guling dan Empat Kuliner Bali Kegemaran Wisman
Babi guling menjadi kuliner favorit wisatawan mancanegara (wisman) yang menghabiskan waktu di Bali.
0
Jakpro Nilai Moratorium Hambat Aktivitas Seniman
Moratorium TIM yang diusulkan oleh sejumlah seniman yang tergabung dalam Forum Seniman Peduli TIM justru akan menghambat kegiatan seniman