UNTUK INDONESIA
Liga Digulirkan Lagi, Roma Batal Pulangkan Smalling
AS Roma batal memulangkan bek Chris Smalling dan Henrikh Mkhitaryan. Mereka kembali memperkuat Roma karena Serie A Italia dimulai lagi.
AS Roma batal memulangkan bek Chris Smalling (menghadap lensa) dan Henrikh Mkhitaryan. Mereka kembali memperkuat Roma karena Serie A Italia dimulai lagi. (Foto: asroma.com)

Jakarta - AS Roma batal memulangkan bek Chris Smalling dan Henrikh Mkhitaryan karena kompetisi Serie A Italia akan digulirkan kembali. Roma juga tetap bisa memainkan keduanya meski kontrak peminjaman mereka berakhir sampai 30 Juni 2020. 

Roma mencapai kesepakatan dengan Manchester United dan Arsenal untuk mempertahankan keduanya. Smalling merupakan pemain pinjaman dari Man United. Sebelumnya, dia hendak dikembalikan ke Man United karena tidak ada kepastian apakah Liga Italia dilanjutkan atau dianggap selesai karena pandemi Covid-19.

Roma sesungguhnya ingin mempermanenkan Smalling. Performa ciamik bek berusia 30 itu dalam debutnya di kompetisi Serie A menjadikan Giallorossi berniat membelinya dari Man United. 

Di musim pertamanya, Smalling nyaris tak tergantikan. Dia bermain 28 kali dan mencetak 2 gol. Tifosi Roma pun memanggilnya 'Smalldini' karena dia dianggap penerus legenda bek tengah AC Milan, Paolo Maldini. 

Penampilan cemerlang di klub barunya itu pun menjadikan manajer tim nasional Inggris Gareth Southgate ingin memanggil kembali Smalling. Bek yang sudah 31 kali membela Inggris ini tak dipanggil Southgate di Piala Dunia 2018. Saat itu, Southgate lebih mengandalkan Eric Dier, John Stones dan Harry Maguire.  

Smalling sendiri tak keberatan bertahan di Roma. Dia pun bersedia dipotong gaji. Hanya, harga mahal yang diminta Man United, yaitu 20 juta euro atau Rp 336 miliar menjadikan Roma tak melanjutkan negosiasi untuk pemain tersebut. 

Klub pun berencana memulangkan dua pemain pinjaman tersebut. Namun rencana itu dibatalkan. Pasalnya, Roma diizinkan tetap memainkan Smalling sampai akhir musim. Bahkan menurut Corriere dello Sport, Man United tak mempersoalkan kompetisi di Italia diundur sampai melewati batas peminjaman. 

Pasalnya kompetisi di Italia baru akan digelar lagi di tengah pandemi Covid-19 pada awal Juni 2020. Ini berarti saat batas peminjaman berakhir, kompetisi belum selesai. Apalagi bila UEFA kembali menggulirkan Liga Europa pada Agustus 2020. Saat ini Roma termasuk tim yang masih bertahan di kompetisi Eropa.  

Roma juga mencapai kesepakatan dengan Arsenal yang memiliki Mkhitaryan. Penampilan gelandang asal Armenia ini cukup menjanjikan. Dia mencetak 6 gol selama 20 pertandingan bersama klub ibu kota ini. 

Tak hanya itu. Arsenal juga tak keberatan Roma mempertahankan Mkhitaryan sampai berakhirnya kompetisi meski harus melewati batas akhir peminjaman. Mkhitaryan, setidaknya, bisa membuktikan bila dia mampu memberi kontribusi bagi tim. Sebelumnya, Mkhitaryan beberapa kali absen karena didera cedera. 

Roma sesungguhnya ingin mempermanenkan Mkhitaryan. Namun The Gunners juga meminta harga tinggi sehingga mengurungkan niat Roma membelinya. []

Berita terkait
AS Roma Kembalikan Chris Smalling ke Man United
AS Roma gagal mempermanenkan bek Chris Smalling. Harga yang diminta Manchester United menyulitkan Roma untuk membeli pemain pinjaman itu.
AS Roma Cegah Bek Chris Smalling ke Arsenal
Bek AS Roma Chris Smalling jadi incaran Arsenal, Tottenham Hotspur dan Everton. Namun Roma berupaya mencegah bek pinjaman ini kembali ke Inggris.
AS Roma Ingin Perpanjang Peminjaman Mkhitaryan
AS Roma belum berniat memberikan kontrak permanen kepada Henrikh Mkhitaryan (tengah) yang belum menunjukkan performa maksimal musim ini.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.