Liga 1 Terhenti, Nasib PSM Makassar Tak Pasti di Piala AFC

Nasib PSM Makassar di Piala AFC 2020 menjadi tidak pasti setelah Liga 1 2020 dihentikan. Apakah PSM tetap jadi wakil di Piala AFC atau tidak.
Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim. (Foto: Tagar/Muhammad Ilham)

Makassar - Nasib PSM Makassar bersama Bali United di ajang Piala AFC 2020 menjadi tidak pasti setelah kompetisi Liga 1 musim 2020 dihentikan. Apakah PSM tetap akan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC atau tidak masih belum ada kejelasan.

Kompetisi domestik boleh saja berhenti karena pandemi Covid-19. Persoalannya, Indonesia tetap harus mengirim wakil ke Piala AFC. Hanya siapa yang mewakili untuk bertarung di kompetisi Asia kasta ke-2 ini masih belum diketahui.

Menurut Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim ini tidak terlepas dari kondisi liga saat ini yang masih belum jelas. Dengan demikian klub tak memikirkan Piala AFC. Kompetisi itu tak lagi menjadi agenda yang penting. 

Padahal, Piala AFC disaring dari liga. Bila liga tidak ada, bagaimana ada wakil dari Indonesia untuk tampil di level Asia

Persoalannya, klub yang tampil di Piala AFC merupakan hasil kompetisi yang berjalan selama satu musim. Tetapi bila liga tidak berjalan yang akan menjadi pertanyaan siapa yang mewakili Indonesia di pentas Piala AFC. 

"Sementara, liga tidak bisa berjalan akibat izin tidak dikeluarkan," kata Sulaiman di Makassar, Selasa 3 November 2020.

"Padahal, Piala AFC disaring dari liga. Bila liga tidak ada, bagaimana ada wakil dari Indonesia untuk tampil di level Asia," ujar Sule, sapaannya.

Dengan dihentikannya liga hingga tahun 2021 menjadi sebuah kerugian. Menurut Sule tidak hanya PSM tetapi seluruh klub maupun PSSI dan PT LIB.

Terkait dengan wakil di Piala AFC itu belum dipastikan apakah tim Juku Eja yang tetap akan mengarungi kompetisi itu. Pasalnya kompetisi itu juga dihentikan di tengah jalan karena pandemi. PSM yang berstatus juara Piala Indonesia juga masih berpeluang lolos ke babak berikutnya.

Menurut Sule, PSM tetap akan mempertimbangkan bila ditetapkan untuk kembali berlaga di kompetisi itu. Namun bila sulit mendapatkan izin pertandingan, maka PSM akan menolak tampil di Piala Indonesia. Pasalnya perizinan pertandingan masih menjadi masalah besar. 

Baca juga: 

Uji Coba Batal, PSM Makassar Hanya Latihan di Yogyakarta

Tak Piknik di Yogyakarta, Pemain PSM Fokus Tingkatkan Fisik

"Kalau PSM kembali diberi kesempatan bermain di Piala AFC, kami tentu siap merespon," ujar Sule. 

"Namun bila perizinan tetap sulit, ya PSM pasti menolak ikut Piala AFC. Kuncinya ada di perizinan. Hanya saat ini belum ada pernyataan resmi baik dari PSSI maupun dari AFC. Ini masih wacana saja," katanya. []

Berita terkait
Liga 1 Tak Jelas, PSM Pulang Kampung ke Makassar
PSM Makassar pulang kampung setelah tidak ada kepastian kapan Liga 1 2020 digulirkan. Tim meninggalkan Yogyakarta, Minggu, 18 Oktober 2020.
PSM Makassar Dukung PSSI dan PT LIB Jaga Marwah Liga 1
PSM Makassar memberikan dukungan atas digulirkannya kembali Liga 1 2020. Klub turut menandatangani kesepakatan dilanjutkannya liga.
Pertemuan PT LIB dan Klub, PSM Berharap Liga 1 Digelar
PSM Makassar menaruh harapan saat PT LIB menggelar extraordinary club meeting di Yogyakarta, Selasa, besok. PSM dan klub ingin liga digelar lagi.
0
PPKM Mikro Seluruh Provinsi di RI Resmi Berlaku Hari Ini
Pemerintah resmi memberlakukan PPKM di seluruh Provinsi Indonesia per 1 Juni hingga 14 Juni 2021 untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.