Liburan ke Pulau Mursala Tempat Film Hollywood Main

Salah satu yang wajib anda kunjungi saat liburan akhir tahun ialah Kepulauan Mursala, Kecamatan Barus, Sumatera Utara.
Pulau Kalimantung yang terletak di Kepulauan Mursala, Kecamatan Barus, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/ Dody Irwansyah)

Tapanuli Tengah - Liburan akhir tahun tinggal menghitung hari. Sejumlah orang mulai mencari destinasi wisata yang cocok untuk menghabiskan waktunya. Salah satu lokasi yang wajib anda kunjungi ialah Pantai Barat di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Kabupaten tersebut masih banyak menyimpan kekayaan alam yang sangat menakjubkan, salah satunya Pulau Kalimantung yang terletak di Kepulauan Mursala, Kecamatan Barus, Sumatera Utara.

Pesona pantai ini mampu memanjakan mata dan ingin berlama-lama disana menjadi pilihan pelancong baik dari warga sekitar maupun dari luar daerah untuk berkunjung.

Tak kalah dengan pantai Bali, pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus dan luas, air laut yang jernih membuat terumbu karang di dasar laut terlihat jelas mempesona dari atas kapal.

Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang cukup eksotis, selain pasir putih dan terumbu karang yang indah, pantai ini juga dikelilingi pulau kecil yang berdekatan, serta riak ombak halus menyapu pasir putih.

Bagi wisatawan yang ingin datang sebaiknya berangkat pagi hari.

Pulau Kalimantung juga dihiasi dengan bebatuan granit yang tinggi dan ragam jenis pohon yang tumbuh asri, membuat anda sangat nyaman untuk berteduh di terik siang.

Selain itu pantai ini juga jauh dari pusat Kota Pandan membuat masyarakat maupun traveler merasa nyaman sebab jauh dari hiruk pikuk perkotaan dan bisingnya kendaraan, di sana anda hanya mendengar desiran ombak yang memanjakan telinga.

Pulau MursalaWisatawan sedang berliburan di pulau Kalimantung yang terletak di Kepulauan Mursala, Kecamatan Barus, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Dody Irwansyah)

Hasan, wisatawan asal Sibolga mengatakan, jika ingin mengunjungi pulau Kalimantung, sebaiknya berangkat dari Kota Pandan pagi hari.

Dengan menyewa kapal pariwisata di Pantai Pandan, memakan waktu selama kurang lebih satu setengah jam.

"Bagi wisatawan yang ingin datang sebaiknya berangkat pagi hari, karena pasang surut membuat hamparan pasir putih pantai Kalimantung ini lebih luas dan sangat memanjakan mata," katanya.

Dilokasi yang sama, Danrem 023/KS Sibolga, Kol Inf Tri Saktiono saat berwisata ke Pulau Kalimantung juga menuturkan bahwa kawasan tersebut belum banyak terekspos, padahal kawasan kepulauan Mursala pernah dijadikan tempat syuting film Hollywood.

Dia juga merekomendasikan bagi para pelancong maupun yang membawa keluarga untuk mengunjungi wisata Pulau Kalimantung.

"Ini merupakan kawasan wisata yang cukup indah untuk berlibur bersama keluarga dan membawa anak-anak, karena disini pantainya cukup landai, pantainya bersih, dikarenakan ini hari libur, anak-anak bisa mandi-mandi di pantai dan berfoto dengan pemandangan yang indah disekitaran pulau Kalimantung ini," tuturnya.

Pulau MursalaWisatan sedang asyik memancing di pulau Kalimantung yang terletak di Kepulauan Mursala, Kecamatan Barus, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/Dody Irwansyah)

Mursala, Liburan Sambil Memancing

Selain itu bagi anda yang hobi olahraga mancing, di sekitaran Pulau Kalimantung juga menyimpan spot-spot jitu untuk memancing dengan jenis ikan yang beragam, mulai dari Giant Travelly (GT), Kerapu, dan ikan karang lainnya.

"Kemudian disini juga ada beberapa spot-spot untuk memancing, orang yang hobi memancing, mau jigging bisa, popping bisa kemudian ikannya juga beragam," katanya.

Dilokasi yang sama, Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumori juga mengajak bagi penghobi mancing untuk bersama-sama merasakan sensasi strike yang disuguhkan di kepulauan Mursala.

"Lokasi spot mancingnya memang sangat menantang dan ingin sekali kita mengulangi kembali. kita mau mengajak semua pecinta hobi mancing, mancing mania yuk kita ke Tapanuli Tengah," kata Jamil.

Dia juga mengimbau agar para wisatawan yang berkunjung, dapat bersama-sama menjaga keindahan pantai yang telah disediakan alam untuk tetap dapat dinikmati dari generasi ke generasi.

"Kepada masyarakat, jangan membuang sampah plastik kelaut dan menjaga terumbu karang, bagi nelayan jangan main bom lah dan jaga kelestarian laut kita dengan baik," tuturnya.[]

Baca juga: 

Berita terkait
Dua Rumah di Tapanuli Tengah Hangus Terbakar
Dua unit rumah warga di Kabupaten Tapanuli Tengah, hangus terbakar. Diduga akibat hubungan pendek arus listrik.
Kepala BKD Tapanuli Tengah Sebut Eliza Imelda Bohong
BKD Tapteng memastikan pernyataan yang dilontarkan peserta CPNS 2018 Eliza Imelda dalam acara di salah satu TV nasional adalah bohong.
PLN Kebut Pemasangan Listrik Desa di Tapanuli Utara
Desakan Hinca Panjaitan agar listrik bisa dinikmati warga Torhonas, Tapanuli Utara, ternyata sudah dalam proses pengerjaan.
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City