UNTUK INDONESIA
Lexmoto LXR 380 Pesaing Berat Kawasaki Ninja 400
Lexmoto, brand otomotif asal Tiongkok memproduksi sebuah motor sport bertajuk supersport, Lexmoto LXR 380.
Lexmoto. (Foto: instagram/lexmoto_official)

Jakarta - Lexmoto, brand otomotif asal Tiongkok memproduksi sebuah motor sport bertajuk supersport, Lexmoto LXR 380. Kehadirannya diharapkan mampu menjadi pesaing tangguh untuk kelas motor sport, seperti Kawasaki Ninja 400 dan Honda CBR500R.

Motor garapan pabrik yang berbasis di Inggris ini mengandalkan mesin twin-sejajar dengan kapasitas 378cc Euro4, yang dibuat oleh Zongshen. Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 40.2bhp (30kW) pada 9000rpm, dengan kecepatan tertinggi 90,1mph.

Meski kecepatan tersebut lebih rendah sekitar 20 mph dibandingkan pesaing asal Jepang. Namun, Lexmoto masih unggul untuk selap-selip dalam kemacetan lalu lintas dengan konsumsi 80,7 mpg.

Dalam hal suspensi, LXR 380 mengandalkan upside down dengan diameter besar pada bagian depan. Sementara pada bagian belakang mengandalkan monosock. Adapun karet ban mengandalkan ukuran depan 120/70 x 17 dan belakang 160/60 x 17 dengan merek CST.

Lexmoto LXR 380cc yang merupakan pengembangan dari LXR 125 ini dibekali sistem pengereman yang mengandalkan cakram depan ganda model wave lengkap dengan kaliper yang dipasang secara radial juga sudah menggunakan ABS untuk memenuhi standar Eropa.

Lexmoto LXR 380cc adalah mesin pertama yang diproduksi Lexmoto di atas 125cc dan menandai titik balik dalam pengembangan bisnis berbasis di Devonshire. LXR 380 ditanamkan mesin Zongshen twin-parallel berkapasitas lebih besar.

Meskipun terbungkus desain sport bike, penggunaan stang clip-on menunjukkan bahwa motor ini akan lebih banyak menyasar tentang kepraktisan dan kegunaan seperti dipakai pada akhir pekan.

Dalam sebuah pernyataan online, Lexmoto mengatakan dalam menguji model baru memakan waktu yang cukup lama dan beberapa kondisi tidak ideal. 

"Tetapi pandangan dan pengalaman mengembangkan model ini adalah luar biasa dan sesuatu yang akan membentuk pengalaman pengguna selama bertahun-tahun yang akan datang," demikian kata Lexmoto, Jumat, 6 Desember 2019.

Memiliki mesin yang gahar, tidak membuat harga jual LXR 380 menjadi mahal. Motor sport ini dibanderol 3699,99 poundsterling atau Rp 57,6 juta di Inggris. Terpaut cukup jauh dari harga pesaingnya Kawasaki Ninja 400 yang dijual dengan harga Rp 97 jutaan. Bahkan harga LXR 380 masih lebih murah dari Yamaha R3 yang berada di angka Rp 89 jutaan. []

Berita terkait
Spesifikasi Motor Trail Terbaru Yamaha WR 155R
Yamaha Indonesia merilis sepeda motor bergenre trail yaitu Yamaha WR 155R menjelang akhir tahun 2019.
Supreme X Honda Bikin Aksesoris Buat Anak Motor
Supreme berkolaborasi dengan Honda merilis beberapa aksesoris motor edisi terbatas.
GIIAS 2019, Honda Monkey Motor Mungil Legendaris
Honda Monkey resmi mengaspal di jalanan Indonesia setelah produsen sepeda motor asal jepang itu memamerkannya di GIIAS 2019.
0
Wali Kota Jakut Dukung Tuntut Yasonna Minta Maaf
Wali Kota Jakarta Utara (Jakut) Sigit Wijatmoko dukung warganya menuntut Menkumham Yassona H Laoly meminta maaf.