Untuk Indonesia
Lembah Baliem dan Empat Wisata Eksotis di Papua
Lembah Baliem yang berada di Papua menjadi surga eksotis yang selalu dicari wisman maupun wisnus.
Lembah Baliem merupakan lembah di pegunungan Jayawijaya. (Foto: indonesiakaya)

Jakarta - Lembah Baliem yang berada di Papua surga eksotis yang selalu dicari wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus). 

Papua masih memiliki sederet destinasi wisata patut dikunjungi. Kesan eksotis kental terasa di setiap panorama keindahan yang ditawarkan.

Untuk menuntaskan dahaga para penjelajah wisata, berikut Tagar rangkumkan lima tempat wisata eksotis yang berada di Papua.

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk CendrawasihTaman Nasional Teluk Cendrawasih atau lebih dikenal sebagai Teluk Cendrawasih. (Foto: backpackerjakarta)

Taman Nasional Teluk Cendrawasih atau lebih dikenal sebagai Teluk Cendrawasih merupakan taman nasional laut terbesar di Indonesia

Terletak di Teluk Cendrawasih Papua, Provinsi Papua Barat taman ini meliputi beberapa pulau, yaitu Pulau Mioswaar, Nusrowi, Roon, Rumberpon, dan Yoop. 

Teluk Cenderawasih menawarkan wahana bermain dengan salah satu hewan terbesar di dunia yaitu Hiu Paus (Whaleshark) berbintik atau Rhincodon Typus

Whalesharks binatang imigrasi yang mampu tumbuh hingga 18 meter, bahkan lebih. Untuk Hiu Paus ukuran tujuh meter, beratnya bisa mencapai 22 ton. 

2. Lembah Baliem

Lembah BaliemLembah Baliem merupakan lembah di pegunungan Jayawijaya. (Foto: indonesiakaya)

Lembah Baliem merupakan lembah di pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian 1600 meter dari permukaan laut (mdpl). Lembah yang terkenal di tanah Papua ini dikelilingi pegunungan dengan pemandangannya yang indah dan masih alami. 

Dikenal dengan nama Grand Baliem Valley, lembah ini menjadi tempat tinggal suku Dani yang terletak di Desa Wosilimo, 27 km dari Wamena, Papua. Selain Suku Dani beberapa suku lainnya hidup bertetangga di lembah ini yakni Suku Yali dan suku Lani.

3. Desa Wisata Sauwandarek

Kampung Wisata SauwandarekKampung Wisata Sauwandarek memiliki keindahan alam di atas laut. (Foto: twitter/Sauwandarek)

Kampung Wisata Sauwandarek memiliki keindahan alam di atas laut. Selain itu, snorkeling juga aktivitas yang sayang untuk dilewati saat berkunjung ke tempat ini.

Sauwandrek yang berada di kawasan Selat Dampier memiliki beberapa lokasi menyelam (dive site). Berbagai jenis ikan seperti kuda laut mini (pigmy seahorse), udang mantis, blue ring octopus, ikan mandarin, kakap (schooling snapper), dan ekor kuning. 

Uniknya, rumah penduduk sengaja dibiarkan dengan bentuk dan material alami. Di kampung wisata ini, bisa menjumpai kaum wanita khususnya ibu-ibu membuat kerajinan anyaman daun pandan. Barang yang biasa dibuat adalah noken dan topi. 

Bagi pecinta treking, bisa melanjutkan perjalanan menuju Telaga Yenauwyau yang berair asin. Menurut cerita, dahulu di telaga terdapat sebuah goa yang menghubungkan telaga dengan laut. 

Sebelum goa ditutup, tidak jarang ikan lumba-lumba dari laut masuk ke telaga. Sayangnya, pemandangan itu sekarang sudah hilang.

4. Danau Paniai

Danau PaniaiDanau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua. (Foto: backpackerjakarta)

Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Papua terkenal dengan panorama alam alami dan terawat dengan baik. 

Keindahan Danau Paniai diakui oleh utusan dari 157 negara ketika berlangsungnya Konferensi Danau Seluruh Dunia yang dihelat di India pada 30 November 2007.

Mengutip Wikipedia, awalnya, Danau Paniai beserta Danau Tigi dan Danau Tage dinamakan Wisselmeren. Penamaan ini dinisbatkan kepada pilot berkebangsaan Belanda bernama Frits Julius Wissel yang pertama kali menemukan ketiga danau pada tahun 1938.

Pada saat itu, Frits Wissel terbang melintasi pegunungan Pulau Irian dan melihat tiga danau yang memiliki pemandangan yang indah. Karena terpesona dengan keindahannya, Wissel memutuskan untuk mendarat dan menikmati eksotisme ketiga danau tersebut dari dekat. 

Bahkan, pada masa kolonial Belanda, nama Wisselmeren lebih populer ketimbang Paniai. Wisselmeren berasal dari bahasa Belanda yang memiliki arti danau-danau Wissel.

5. Puncak Ifar

Gunung IfarGunung Ifar atau sekarang lebih dikenal dengan Bukit Makatur terletak di ketinggian 325 mdpl.(Foto: triptrus)

Ifar Gunung atau sekarang lebih dikenal dengan Bukit Makatur terletak di ketinggian 325 mdpl. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Cycloop dan terletak di Kota Sentani. 

Puncak Gunung Ifar merupakan tempat bersejarah. Dahulu, pasukan sekutu Amerika di bawah komando Jenderal Mc Arthur mendirikan markas untuk menyerbu markas tentara Jepang di Filipina.

Untuk memperingati hal tersebut, di puncak gunung ini saat ini dibangun tugu Mc Arthur. Dari puncak ini anda juga dapat melihat indahnya Danau Sentani dan seluruh daratan di bawah Gunung Ifar. 

Wilayah ini saat ini dikelola oleh pemerintah dan menjadi markas Rindam Jaya sebagai tempat latihan militer. Hal itu yang menyebabkan tempat ini dijaga ketat oleh tentara. 

Untuk bisa masuk ke wilayah ini memerlukan izin khusus yang bisa didapatkan setelah melewati penjagaan dan pemeriksaan serta meninggalkan kartu identitas di pos penjagaan. []

Berita terkait
Holtekamp dan Empat Pantai Populer di Papua
Menjelajah alam bebas atau sekedar menyusuri bibir pantai menjadi momen para petualang. Nah, Papua memiliki pantai populer yang asik disambangi.
Pantai Mandorak, Destinasi Cantik di Sumba Barat Daya
Pantai Mandorak salah satu destinasi menarik yang terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya.
Wisata Halal Danau Toba Pelabelan yang Salah Kaprah
Pariwisata Danau Toba kembali ‘diguncang’ aksi protes terhadap pernyataan Gubsu Edy yang akan mengatur daerah itu dengan label ‘halal dan syariah’.
0
Putra Mantan Sekda Padangsidempuan Ditangkap Bawa Sabu
Ryan merupakan ASN di Dinas Sosial Pemerintah Kota Padangsidempuan, diringkus petugas Satres Narkoba Polres Padangsidempuan.