Layanan Pengiriman Barang PT KAI Diantar Sampai ke Rumah

Layanan pengiriman barang milik PT KAI ini diklaim menghemat waktu, tenaga dan biaya.
Petugas Rail Expres sedang mengecek barang pelanggan. (Foto: Tagar/Charles)

Cirebon - Guna meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan layanan pengiriman barang Rail Expres. Dengan layanan ini, barang yang dikirim pelanggan bisa sampai alamat akhir penerima barang.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif mengatakan, layanan ini merupakan kerjasama PT KAI dengan PT Blue Bird Tbk untuk memberikan layanan Last Mile atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Rail Expres.

Menurut Luqman, kerja sama PT KAI dengan Blue Bird akan menawarkan kemudahan ekstra kepada pelanggan yang menggunakan layanan Rail Express untuk mengirim barang.

Masyarakat Cirebon dan sekitarnya saat mengantarkan barang ke loket Rail Express stasiun keberangkatan, pelanggan akan mendapatkan pilihan layanan pengantaran barang dari stasiun tujuan langsung ke alamat akhir pengiriman dengan armada Bluebird.

Di wilayah Daop 3 Cirebon, layanan Rail Expres saat ini tersedia di tiga stasiun, yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang.

Hal ini memudahkan, karena penerima barang tidak perlu lagi datang ke stasiun untuk mengambil barang. Cukup tunggu di rumah dan barang akan diantarkan oleh armada Bluebird sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

"Dengan layanan ini bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya," kata Luqman di Cirebon, Selasa, 13 Oktober 2020.

Pada tahap awal, layanan logistik dari KAI dan Bluebird melayani untuk pengiriman dari Cirebon menuju ke empat wilayah, yaitu Jakarta (Stasiun Jakarta Gudang dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Kota.

Di wilayah Daop 3 Cirebon, layanan Rail Expres saat ini tersedia di tiga stasiun, yaitu Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan dan Stasiun Jatibarang. Pada bulan November, diprogramkan akan ada dua stasiun lagi di Daop 3 yang akan melayani layanan Rail Exspres, Yaitu Stasiun Haurgeulis dan Stasiun Brebes.

Baca juga : Promo Kemerdekaan PT KAI Daop 3 Cirebon

Baca juga : Sistem Manajemen Anti Suap PT KAI Raih ISO

Untuk tarif, Rail Express menetapkan harga per satuan kilogram dan per tujuan, dimana pengiriman barang dapat dilayani di seluruh wilayah yang dilalui kereta api di Pulau Jawa. Adapun tarif dalam pelayanan Rail Express dipastikan yang termurah dibanding tarif ekspedisi lain dengan waktu pengiriman relatif lebih cepat dan aman.

“Layanan Rail Express mencakup hampir semua jenis barang retail, di antaranya paket, dokumen, motor, produk UMKM, e-commerce, bahan pangan, dan lainnya,” pungkas Luqman. []

Berita terkait
Besaran Denda Bagi Pelanggar Perlintasan Kereta Api
Di Daop 6 Yogyakarta ada 240 perlintasan tak dijaga. Bagi yang melanggar bisa dikenai denda atau kurungan.
Promo Kemerdekaan PT KAI Daop 3 Cirebon
Pelanggan PT KAI akan mendapatkan potongan harga sebesar 75 persen dan voucher tiket KA eksekutif yang melintas di Cirebon
PT KAI Daop 2 Bandung Rangkul Penyandang Disabilitas
Sebagai tanggung jawab sosial perusahaan PT KAI Daop 2 Bandung rangkul penyandang disabilitas serahkan satu unit mobil operasional